Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, melepas peserta audisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2 Indosiar, Indah Sari, di Kantor Bulukumba, Jumat, 11 Januari 2019. (ist)

“Ternyata adatong parpol yang hanya jadi penonton dalam Pilkada tahun ini,” kata Daeng Tompo’ kepada Daeng Nappa’ saat ngopi pagi di teras rumah Daeng Nappa’. (int)


MENANGGAPI. Dosen Unibos Makassar, Mas’ud Muhammadiyah (kiri) menanggapi pernyataan Ketua KPK Agus Rahardjo, tentang bimbingan belajar di luar kelas terhadap siswa yang dilakukan gurunya sendiri di sekolah.


PROMOSI. Dekan FK Unismuh, Mahmud Ghaznawi, memberikan penjelasan dan motivasi kepada para pelajar di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu, 12 Januari 2019. (ist)


Salah satu di antaranya yaitu artikel opini berjudul "Tiga Pilar Perjuangan Muhammadiyah" (http://www.pedomankarya.co.id/2016/02/tiga-pilar-perjuangan-muhammadiyah.html)
yang ditulis rekan Hadi Saputra (Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PW Muhammadiyah Sulsel 2010-2015 dan 2015-2020) dan kami muat pada Ahad, 21 Februari 2016.


MOMEN BAHAGIA akad nikah Muhammad Rapsel Ali dengan Siti Nur Azizah, di St. Andrew Ballroom Royal Tulip Gunung Geulis Resort And Golf, Jalan Pasir Angin, Nagrak, Sukaraja Bogor Jawa Barat, Rabu, 09 Januari 2019, dihadiri Presiden Joko Widodo (ketiga dari kanan) dan Ketua Umum PB NU Prof Said Agil Siraj (ketiga dari kiri). (ist)



aku kehilangan teman
teman dalam suka dan duka
memilih jalan lain
mengkhianati perjuangan


candamu...
dulu..
sangat membahagiakan

candamu...
dulu..
selalu kunantikan


Nasib kekuasaan Soeharto juga sudah menjadi bahan pemikiran AMPD, sehingga suksesi nasional dimasukkan pula dalam Sepultura. Mahasiswa menghendaki perlunya calon presiden dan wakil presiden dari generasi pasca-45.


Selasa, 10 Januari 1995, kurang lebih 50 mahasiswa yang menyesaki tangga gedung DPRD Sulsel, tempat yang dipakai untuk berorasi, berpuisi, memamerkan pamplet dan menggelar spanduk. Mereka mengadakan peringatan 28 tahun Tritura. Mereka merupakan perwakilan dari Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT) Unhas, SMPT 45, IKIP Makassar, dan para fungsionaris lembaga kemahasiswaaan se-Makassar lainnya.


“Nabilang begitumi gambaranna parpol yang mendukung calon gubernur, calon walikota, atau calon bupati yang maju lewat jalur independen. Mobilna disewa, tapi tidak dinaikiji. Istilahna lari kosongi,” kata Daeng Nappa’ sambil tersenyum. (int)


SEPULTURA. Pendiri dan inspirator Aliansi Mahasiswa Pro Demokrasi (AMPD) dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr Isradi Zainal, mengunggah kembali Sepuluh Tuntutan Rakyat (Sepultura) pada akun Facebook-nya, Kamis, 10 Januari 2019.


“Mereka minta kebijakan,” kata Daeng Nappa’.

“Kebijakan apa?” tanya Daeng Tompo’ penasaran.

“Mereka minta kebijakan Mendikbud memberikan bocoran soal-soal Ujian Nasional,” kata Daeng Nappa’.


PEMBICARA UTAMA. Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga SIK MSi (kedua dari kanan) foto bersama pengurus JOIN dan pemateri, pada hari pertama Pelatihan Jurnalistik II dan Bimtek UKW JOIN Sulsel, di Balai Diklat BPPAUD-Dikmas Kemdikbud RI, Jl Adhyaksa, Makassar, Kamis, 10 Januari 2019. (ist)


“Percayaki’ kalau ada orang yang pura’-pura’ cerai?” tanya Daeng Tompo’ kepada Daeng Nappa’ saat ngopi pagi di warkop terminal.

“Kenapaseng ada orang pura’-pura’ cerai. Untuk apa bedeng?” Daeng Nappa’ balas bertanya.

BUNGA BANGKAI. Beberapa murid SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar, mengelilingi sambil menyaksikan keindahan bunga bangka di sekolahnya. SDN Kompleks Sambung Jawa mewakili Kota Makassar mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2019. (Foto: Rusdin Tompo)

Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kawasan Timur Indonesia menggelar Pelatihan Jurnalistik II, di Balai PAUD dan Dikmas Kemdikbud RI, Jl Adhiyaksa, Makassar, 10-11 Januari 2019. Pelatihan tersebut diikuti sekitar 40 jurnalis dari berbagai media massa dan Humas berbagai instansi.


DROP OUT. Universitas Negeri Makassar (UNM) pada awal tahun 2019 ini hanya mengeluarkan (drop out) 342 mahasiswa, jauh di bawah jumlah tahun lalu (2018) yang mencapai angka 2.434 mahasiswa. Inzet: Husain Syam.


SYUKURAN. Rektor Unibos Prof Saleh Pallu memberikan kata sambutan pada acara syukuran penerimaan SK Penyelenggaraan prodi S3 Planologi yang dirangkaikan dengan launching jurnal Postgraduate Bosowa University Publishing, di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Kampus Unibos, Makassar, Selasa, 08 Januari 2019. (ist)


“Memalukanna kurasa itu kalau ada kubu calon presiden yang minta dibuatkan semacam kisi-kisi soal untuk debat capres,” kata Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat ngobrol berdua di pos ronda sambil menunggu warga kompleks lainnya untuk ngobrol-ngobrol malam seperti biasa.


Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto (memegang spanduk kedua dari kiri) foto bersama Puput (berdiri di samping kiri Tomy Satria), di pintu utama Kantor Bupati Bulukumba, Selasa, 08 Januari 2019. Puput lolos audisi LIDA 2 Indosiar Tahun 2019. (ist)


RAPAT KOORDINASI. Bawaslu Kabupaten Jeneponto melakukan rapat koordinasi dengan para anggota Panwascam se-Kabupaten Jeneponto, di Ruang Media Center Kantor Bawaslu Jeneponto, Jl Iksak Iskandar, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Senin, 07 Januari 2019. (Foto: Muhammad Rizal / PEDOMAN KARYA)


MUBES DAN SILATNAS. Ketua Panitia Mubes dan Silatnas yang sehari-hari menjabat Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal (tengah) bersama Sekretaris Panitia Prof Hasnawi (paling kanan) dan Rektor UNM Prof Husain Syam memberikan keterangan kepada wartawan dalam Press Conference, di Ruang Rapat Rektor UNM, Lantai 7 Menara Pinisi Kampus UNM Gunungsari Bari, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa, 08 Januari 2019. (ist)





AKP Nuraeni (kedua dari kiri) resmi menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Selayar menggantikan SKP Andi Mansurding, setelah dilantik bersama tiga pejabat lingkup Polres Selayar lainnya, di Lapangan Apel Mapolres Kepulauan Selayar, Senin, 07 Januari 2019.(ist)


DILARANG BERJUALAN. Ketua Yayasan Masjid Agung, H Syamsul Kamar Dg Timung, yang dikonfirmasi mengenai pelarangan menjual bagi PKL di halaman masjid dan di trotoar jalan raya depan Masjid Agung, mengakui bahwa pihaknyalah yang menyurat kepada Bupati Takalar untuk menertibkan para PKL. (Foto: Hasdar Sikki / PEDOMAN KARYA)


RAPAT KERJA. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memberikan pengarahan pada pembukaan Rapat Kerja Pemprov Sulsel, di Hotel Claro, Makassar, Rabu, 02 Januari 2019. (ist)