Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


Di tengah penggiringan opini yang sudah tidak sehat oleh kebanyakan media mainstream, terlepas plus minusnya, saya melihat sisi positif Medsos (media sosial, red) menjadi media titik balik dan alternatif bagi "jurnalisme orang biasa" yang mengabarkan peristiwa sekitar apa adanya.


Nabi Syu’aib a.s. diutus kepada suatu kaum yang dikenal dengan nama kaum Madyan. Penduduk Madyan berperangai buruk yakni suka merampok dan menakut-nakuti orang di perjalanan. Mereka penyembah berhala yang bernama “Aikah”, yakni sebatang pohon yang dikelilingi ladang-ladang, karenanya mereka juga disebut penduduk Aikah (ashabul Aikah)


Kaum Luth telah mendustakan rasul-rasul, ketika saudara mereka Luth, berkata kepada mereka: Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.” (Asy-Syu’ara/26: 160-163)


Kaum Tsamud telah mendustakan rasul-rasul. Ketika saudara mereka, Saleh, berkata kepada mereka: Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.” (Asy-Syu’ara/26: 141-144)


Allah SWT mendatangkan awan hitam di atas mereka yang mereka mengira bahwa awan tersebut pembawa hujan. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, yang ada adalah awan pembawa adzab/siksa, membawa angin ribut yang meniup dengan dahsyatnya lalu membinasakan kaum ‘Aad beserta seluruh hewan ternak dan kebunnya, maupun bangunan-bangunan megah yang tadinya mereka banggakan. 


CALON ANGGOTA DPR RI terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Sulsel I, Ashabul Kahfi, (kanan) foto bersama Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, Nurdin Massi, pada acara buka puasa bersama ratusan relawan pendukungnya, di rumah jabatannya selaku Wakil Ketua DPRD Sulsel, Rabu, 22 Mei 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Rektor UNM Prof Husain Syam menyerahkan bantuan kepada Kepala UPP UNM Kampus VI Bone, Abdul Hafid, pada acara kunjungan Safari Ramadhan di Kampus VI UNM Kabupaten Bone, Kamis, 22 Mei 2019. (ist)


Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar tahun akademik 2019/2020 tidak hanya menerima mahasiswa baru (maba) Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter, tapi juga menerima maba program studi Keperawatan dan program studi Kebidanan. Inzet: Bahrun Amin. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


NUZULUL QUR'AN. Rektor UNM Prof Husain Syam memberikan sambutan pada acara peringatan Nuzulul Qur'an, di Masjid Nurul Ilmi Kampus UNM Gunungsari Baru, Jl AP Pettarani Makassar, Rabu, 23 Mei 2019. (ist)


“Kenapa mesti ditembak? Mereka itu hanya menyatakan pendapat di muka umum, karena tidak puas dengan penetapan KPU soal hasil perhitungan suara Pilpres? Itu hak warga negara! Kenapa mesti ditembak?” kata Daeng Tompo'.


MEDIA GATHERING. Managing Director Bosowa Education, Cahyo Winarto (kedua dari kiri) duduk bersama Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar Prof Saleh Pallu (kedua dari kanan), dan Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (L2Dikti) Wilayah IX Sulawesi Prof Jasruddin Malago (ketiga dari kiri) pada acara Media Gathering dan Buka Puasa Bersama Bosowa Education, di Balai Sidang Kampus Universitas Bosowa, Makassar, Selasa, 21 Mei 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Peringatan Nuzulul Qur'an TIngkat Kabupaten Pinrang Tahun 1440 Hijriyah dirangkaikan pengukuhan pengurus Pemuda Remaja Masjid Agung Al-Munawwir oleh Ketua BKPRMI Pinrang Sulaeman Anshar, di Masjid Agung Al-Munawwir, Pinrang, Selasa malam, 21 Mei 2019. (Foto: Thamrin)



KAWAT BERDURI. Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, di Jalan AP Pettarani Makassar, tampak dipagari kawat berduri, Selasa, 21 Mei 2019, dan dijaga mobil keamanan dari kepolisian. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


“Nabilang, tetta! Kenapai itu KPU (Komisi Pemilihan Umum) tengah malam naumumkangi hasil Pilpres-ka?” ungkap Daeng Nappa’ menirukan pertanyaan anaknya. (int)


Nuh berkata: Hai kaumku! Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan kepada kamu, (yaitu) sembahlah olehmu Allah, bertakwalah kepada-Nya, dan taatlah kepadak. (Nuh/71 : 2-3)


Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al-A’raf/7: 96)


Wahai manusia! Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal." (al-Hujurat/49 : 13)


Muhammad Nathan Reynara Anwar yang akrab disapa Andra (kiri) yang terpilih sebagai Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT) Komisariat STMIK Dipanegara, melakukan salam komando dengan mantan ketua, M Ashar, pada Musyawarah Komisariat HPMT STMIK Dipanegara, di Aula Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Sabtu, 18 Mei 2019. (ist)


“..... barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan Dia memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya…. … dan barang-siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (at-Thalaq/65 : 2-4)


TERPILIH KEMBALI. Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Azikin Solthan, melayani wawancara dengan beberapa wartawan di sela-sela acara buka puasa bersama keluarga, kerabat, dan kaun duafa, di kediamannya, Jl RS Faisal XII, Ahad, 20 Mei 2019.(Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)