Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


KHITTAH. Foto KH Ahmad Dahlan yang terbingkai dan digantung di sisi kanan ruang shalat Masjid Muhammadiyah Bulukumba. Di foto itu tertulis, KHITTAH KH. AHMAD DAHLAN (Pendiri Muhammadiyah). Foto ini diabadikan, Ahad, 04 Agustus 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (kiri) jalan bersama Pembina GoWa-MO, Asdar Bintang Top, saat tiba di Gedung DPRD Sulsel, Kamis, 01 Agustus 2019. Nurdin Abdullah mengatakan siap menghadiri deklarasi organisasi wartawan GoWa-MO, di Baruga Pattingalloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Sabtu, 03 Agustus 2019. (ist)


Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Prof Thomas Pentury, memberikan pengarahan pada pembukaan Konsultasi Penerapan Kompetensi dan Profesionalisme Kepala Sekolah dalam Rangka Pembinaan Pendidikan Keagamaan Kristen Tingkat Menengah Tahun 2019, di Swissbell Hotel, Jl Ujung Pandang, Makassar, Rabu, 31 Juli 2019. (ist)


OPTIMIS JUARA. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bulukumba,  mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasionl Tahun 2019, dan Kepala Sekolah MAN 2 Bulukumba, H Syarifuddin SAg MM, mengaku optimis sekolah yang dipimpinnya akan keluar sebagai juara tingkat nasional tahun ini.(ist)


DUA PERDA. Wakil Ketua DPRD Bulukumba Andi Zulkarnain Pangki salam komando dengan Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto seusai penetapan dua Perda pada Rapat Paripurna DPRD Bulukumba, di Gedung DPRD Bulukumba, Senin, 29 Juli 2019. (ist)


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Ratusan rombongan ikut langsung menyambut kedatangan Bupati Gowa dua periode Ichsan Yasin Limpo di Bandara Sultan Hasanuddin, Rabu malam, 31 Juli 2019. Mereka yang datang pun mulai dari sanak keluarga, sahabat hingga kerabat.


Dalam suasana penjemputan pun nampak Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Plt Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, dan pejabat pemerintahan lainnya. Bahkan nampak pula mantan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang dan mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar yang juga merupakan mantan pasangan politiknya di Pilgub Sulsel 2018.

Sementara rombongan yang hadir pun dari berbagai pihak mulai dari anggota pramuka, anggota Palang Merah Indonesia (PMI), Abdi Merah Putih hingga Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI).

Sekitar pukul 22.10 Wita rombongan jenazah bertolak ke bandara menuju rumah duka di Jalan Haji Bau Nomor 23 Makassar.

Wakil Sekjen FKPPI Gowa Anto mengatakan, dirinya sangat kehilangan sosok IYL baik secara organisasi maupun secara pribadi. Almarhum IYL merupakan pribadi yang tegas tapi penyayang.

Bahkan tak segan-segan beliau selalu memberikan langsung semangat bagi para adik-adiknya di FKPPI khususnya di Gowa.

"Saya sudah kenal beliau cukup lama. Beliau 20 tahun memimpin FKPPI Sulsel dan dikenal sebagai sosok tegas serta komitmen," katanya saat ditemui di lokasi.

Di akuinya, ketegasan beliau dalam mendidik ini mampu melahirkan generasi-generasi dari FKPPI yang cerdas seperti sekarang ini.

"Kita tidak akan pernah lupa dedikasikan dan seluruh ilmu yang almarhum IYL berikan. Makanya kami sangat kehilangan," ujarnya.

Tak hanya itu, almarhum IYL juga dikenal sebagai pencetus pendidikan gratis di Kabupaten Gowa utamanya saat memimpin Gowa dua periode.

"Pendidikan gratis yang dibawa almarhum ini sangat dirasakan oleh masyarakat di Gowa. Belum lagi kebijakan-kebijakan lainnya yang berhasil membawa Gowa seperti sekarang ini," bebernya. (Wani Ratu)


MAKASSAR (PEDOMAN KARYA) Pemprov Sulsel terus berupaya mengembangkan kebutuhan akan daging bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Hal tersebut didukung oleh kehadiran Dirjen Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian RI Syamsul Ma'arif di baruga lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (31/7).


Syamsul menyampaikan harapannya agar Sulawesi Selatan dapat menjadi contoh dalam peningkatan daya saing peternak sapi.

"Sulsel mampu bersaing dengan wilayah lainnya dan menjadi contoh dalam peningkatan daya saing peternak sapi", jelas Syamsul.

Dirjen juga menambahkan bahwa Kementerian Pertanian RI akan mendukung pengembangan peternakan di daerah ini.

"Kami siap mendukung pengembangan peternakan di Sulsel, salah satunya Rumah Potong Hewan. Perlahan, kita berjalan sesuai SOP yang ada, untuk kualitas daging yang baik", tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang menerima kunjungan Dirjen menegaskan bahwa masyarakat Sulsel harus memperoleh produk hewan berkualitas

"Ya, masyarakat Sulsel harus memperoleh produk yang daging berstandar Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) dengan harapan berada di Rumah Potong Hewan, sehingga nantinya RPH tidak mangkrak, memiliki nilai komersil, efesien dan efektif dengan konsep RPH modern dan sertifikasi halal", ujarnya.

Menurut Andi Sudirman hal ini menjadi sangat penting untuk menjamin keamanan dan kepuasan batin masyarakat dalam mengkonsumsi pangan asal ternak.(Wani Ratu)

MAKASSAR (PEDOMAN KARYA ) -- Jenazah Bupati Kabupaten Gowa periode 2005-2015, Ichsan Yasin Limpo diterbangkan dari Jepang menuju Indonesia hari ini, Rabu (31/7).


Jenazah kemudian diberangkatkan dari Jakarta ke Makassar pada malam hari dan akan tiba pada pukul 21.00 Wita.

Selanjutnya, jenazah akan disemayamkan di Rumah Ibundanya di Jalan Haji Bau, Makassar. Setelah itu akan dishalatkan di Kabupaten Gowa dan selanjutnya di makamkan di Panaikang, Makassar.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel Devo Khaddafi yang juga kerabat Almarhum menjelaskan rute yang akan dilalui dan jadwal pemakaman.

Devo juga sekaligus mewakili keluarga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna jalan. Dimana rute yang dilalui rombongan pengantar jenazah kemungkinan akan terjadi kemacetan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan.

"Permohonan maaf dari keluarga dengan kemungkinan terjadinya kemacetan di dalam prosesi pengantaran jenazah, Almarhum Pak Ichsan Yasin Limpo," kata Devo Khaddafi.

Devo menjelaskan bahwa pada tanggal 1 Agustus pada pukul 11.00 Wita direncanakan pelepasan jenasah oleh keluarga di rumah duka di Jalan Haji Bau untuk kemudian dishalatkan di Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa.

Adapun rutenya, dari Jalan Haji Bau mengarah ke kanan menuju Jalan Ratulangi, dari Jalan Ratulangi sampai ke Jalan Landak Lama. Kemudian ke Jalan Veteran Selatan menuju Jalan Sultan Alauddin mengarah ke Kabupaten Gowa di Jalan To Manurung.

Dari Jalan To Manurung kemudian menuju ke depan Kantor Bupati Gowa, selanjutnya ke Masjid Agung Syekh Yusuf untuk dishalatkan. Kemudian dari sana jenazah akan kembali ke arah Jalan Sultan Alauddin menuju Jalan AP Pettarani sampai di perempatan Jembatan Fly Over di Jalan Urip Sumoharjo. Selanjutnya menuju ke Pemakaman Islam Panaikang.

"Itulah rute-rute yang akan dilewati. Adapun jamnya itu kita perkirakan jam 11.00 dilepas di rumah duka di Jalan Haji Bau, kemudian dishalatkan jam 12.00 di Masjid Agung Syekh Yusuf. Kita perkirakan jam 13.00 akan dibawa ke Pemakaman Islam Panaikang," sebutnya.

Lanjut Devo, bahwa di lokasi sekitar rumah duka di Jalan Haji Bau, besok akan ditutup mulai pukul 06.00-11.00 Wita. Jalan tersebut yakni antara perempatan Jalan Haji Bau, Cenderawasih dan Arief Rate hingga ke Jalan perempatan Jalan Lasinrang, Haji Bau dan Jalan Mappanyukki.

"Adapun untuk, takziah akan dilaksanakan hari Jumat tanggal 2 Agustus malam dan direncanakan tiga hari mulai dari Jumat, Sabtu dan Minggu," jelasnya.(Wani Ratu)

DATANGI DPRD. Sejumlah anggota masyarakat yang tergabung dari beberapa elemen masyarakat menamakan diri Pemerhati Takalar (PETA) mendatangi Gedung DPRD Takalar, Selasa, 30 Juli 2019, untuk mendesak Anggota DPRD agar lebih ketat dalam melakukan kontrol terhadap pemerintahan Syamsari Kitta selaku Bupati Takalar. 

REUNI. Dari kiri ke kanan, H Abdul Manaf Rahman (PWI Provinsi Sulse), H Rukman Nawawi (Ketua PWI Kabupaten Wajo), Atal S Depari (Ketua PWI Pusat), Amran Mahmud (Bupati Wajo), H Zulkifli Gani Ottoh (Ketua Dewan Kehormatan PWI Sulsel), H Muhammad Baru (PWI Kabupaten Wajo), H Bisman (Ketua PWI Kabupaten Pangkep), dan Thamrin Nawawi (Sekretaris PWI Kabupaten Pinrang), foto bersama di Rumah Jabatan Bupati Wajo, Senin malam, 29 Juli 2019. (ist)

GoWa-Mo akan bangun Gedung Pers dan Media Centre


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Group Wartawan Media Online ( GoWa-MO) meski baru seumur jagung namun sudah melakukan berbagai gebrakan. Tak hanya memikirkan terkait kesejahteraan buruh tinta atau jurnalis tetapi juga melahirkan wirausaha baru dengan menciptakan industri usaha.



Setelah membangun Rest Area Industrial Warung Kota Wisata Kuliner (Food City) di kawasan lapangan Syekh Yusuf tepatnya di Jalan Tumanurung Sungguminasa Gowa.

Kini, organisasi wartawan itu akan membangun gedung Media Center dan Gedung Pers diatas lahan Persil 36 DIII Kohir 256 CI seluas 4 hektare di kawasan Bandara Sultan Hasanuddin tepatnya di Kampung Manyikkoaya Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya  Makassar.

Ketua Umum DPP Gowa-Mo, Syafriadi Djaenaf mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan ahli waris pemilik lahan di Hotel Claro Cafe Carita Makassar, Selasa (30/7/2017). Kemudian dalam waktu dekat akan melakukan penandatanganan Momerandum Of Understanding (MOU).

"Kami bertemu dengan ahli waris untuk membuat MOU yang nantinya lahan tersebut akan dibangun Gedung dalam bentuk apartemen tujuh Lantai," ucapnya.

Daeng Mangka sapaan Syafriadi Djaenaf juga mengaku dalam waktu dekat, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura 1 tentang aktifitas penerbangan.

"Insya Allah tidak lama ini langsung ketemu pihak PT Angkasa Pura 1 untuk membahas lalulintas penerbangan terkait bangunan setinggi tujuh lantai apakah mengganggu atau tidak," tambahnya.

Menurutnya, perencanaan pembangunan gedung pers tersebut merupakan terobosan langkah spektakuler yang dilaksanakan organisasi yang dipimpinnya.

Pemilik lahan yang juga ahli waris, Syarifuddin Tjuhtju menyambut baik dan bersedia bekerjasama memanfaatkan lahan tidur miliknya menjadi sebuah bangunan. Apalagi gedung pers.

"Saya sebagai pemilik lahan sangat berterimakasih kepada Gowa-Mo untuk perencanaan pembangunan media center dan gedung pers," katanya.

Sementara, Plt Direktur Utama Perusda Sulsel, Taufik Fachruddin menyambut baik rencana pembangunan media center dan gedung pers tersebut saat disambangi langsung diruang kerjanya

"Sepanjang itu bermanfaat dan menghasilkan, kenapa tidak. Kami siap bersinergi dengan Gowa-Mo terkait pembangunan tersebut sepanjang sesuai dengan prosedur," katanya.

"Kita akan cek dulu keabsahan dari lahan dan alas hak kepemilikan tanah seluas empat hektar tersebut," sambungnya.(Wani Ratu)

'Bodlir' KM Gunung Dempu, Nasrul A, mengatakan, pihaknya secara berkala memberikan informasi kepada para penumpang, termasuk memberikan edukasi tentang larangan merokok di dalam ruangan. (ist)


Daftar tunggu calon jamaah haji di Kabupaten Takalar per Februari – Juli 2019 mencapai angka sekitar 8.000 orang dengan masa tunggu sekitar 30 tahun. Dari jumlah tersebut, jumlah calon jamaah haji yang berangkat tahun 2019 hanya sebanyak 281 orang, terdiri atas 84 orang jamaah laki-laki dan 197 orang jamaah perempuan. (ist)


PILBUP BULUKUMBA. Andi Makmur Karim (paling kiri) dan Haji Askar HL (kedua dari kiri) foto bersama beberapa koleganya di sebuah kafe. Haji Askar dan Andi Makmur Karim disebut-sebut bakal berpaket pada Pilbup Bulukumba 2020. (Foto; Sukardi Tahir)


Pertandingan babak final kedua antara PSM Makassar versus Persija Jakarta yang sedianya dilangsungkan di Stadion Mattoanging andi Mattalatta, Makassar, Ahad sore, 28 Juli 2019, ditunda pelaksanaannya oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Ketua Umum Group Wartawan Media Online (Gowa-MO), Syafriadi Djaenaf Dg Mangka, mengaku sangat kecewa. 

“Tiba-tiba natundai pertandingan final leg kedua Piala Indonesia, antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta, padahal penuhmi penonton di Stadion Mattoanging,” jelas Daeng Nappa’.

“Kenapa natundaikah?” tanya Daeng Tompo’.

Memantapkan DEKLARASINYA, DPP GOWA-MO RAPAT DI CAFE LONDON PRINCESS SYAHRINI.


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dewan Pengurus Pusat (DPP) Group Wartawan Media Online (Gowa-Mo) menggelar rapat persiapan pelantikan yang dijadwalkan 3 Agustus mendatang di Baruga Karaeng Pattingalloang Rujab Gubernur Sulsel.



Rapat persiapan deklarasi tersebut digelar di Cafe London Princess Syahrini Makassar, Minggu 28 Juli 2019. Selain membahas persiapan deklarasi, juga dirangkaikan dengan Milad Bendahara Umum DPP Gowa-Mo, Herman Nompo yang ke-39.

Ketua Umum DPP Gowa-Mo, Syafriadi Djaenaf menuturkan bahwa menjelang deklarasi Gowa-Mo berbagai persiapan telah dilakukan. Mulai dari penyebaran undangan, pemasangan Banner dan Billboard disejumlah titik di Makassar Gowa dan Takalar.

"Alhamdulillah kiprah Gowa-Mo selama ini mendapatkan respon dari semua kalangan, maka dari itu momentum deklarasi akan menjadi sejarah tersendiri sehingga pada acara tersebut kita upayakan semeriah mungkin," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Daeng Mangka itu berharap pada momentum deklarasi nantinya bukan hanya sebagai kegiatan seremonial saja. Tetapi agenda Gowa-Mo sebagai lembaga yang fokus pada kesejahteraan jurnalis dan pembangunan daerah memiliki segudang agenda kedepannya.

"Setelah deklarasi target awal kita melakukan pelantikan se pulau Sulawesi untuk tingkat Dewan Pengurus Wilayah (DPW). Setelah itu kita melangkah ke pulau Jawa dan Sumatera," tambahnya. (Wani)

PROMOSI KESEHATAN. Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, melakukan promosi kesehatan tulang, di Pantai Losari, Makassar, Ahad, 28 Juli 2019. (ist)


PROMOSI KESEHATAN. Beberapa mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar, foto bersama warga yang berkunjung ke Pantai Losari, Makassar, Ahad, 28 Juli 2019, seusai memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang. (ist)