Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


BEZUK MAHASISWA. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (paling kanan) bersama Kapolda Sulsel Mas Laupa, dan Walikota Makassar Iqbal Samad Suhaeb, membezuk mahasiswa korban aksi unjukrasa di Rumah Sakit ibnu Sina, Makassar, Ahad, 29 September 2019. (ist)


EKSIS KEMBALI. Rektor UIT Makassar, Dr Andi Maryam (paling kanan) didampingi Wakil Ketua Yayasan Indonesia Timur Dr Muliono Caco (tengah), dan Direktur PPs UIT Prof Maemunah Dawy, saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) UIT Makassar, di Kampus I UIT, Jl Rappocini Raya, Makassar, Sabtu, 28 September 2019. (Foto: Beddu Lahi)


PROMOSI DOKTOR. Anggota DPR RI dari Partai Nasdem asal Sulawesi Selatan, Akbar Faizal (kedua dari kanan) didampingi isteri (kedua dari kiri), foto bersama Rektor UNM Prof Husain Syam (paling kanan) dan Direktur Pascasarjana UNM Prof Hamsu Gani, di Ballroom Teater Menara Pinisi Kampus UNM, Jalan AP Pettarani, Makassar, Kamis, 26 September 2019. (ist)


Kepedulian kaum milenial dari beberapa kalangan dan generasi yang peduli terhadap sesama, kemudian bersinergi dalam Humanisme Indonesia, akan menggelar acara yang dikemas dalam bentuk festival untuk kemanusiaan bertajuk Humanity Fest 2019, di Fort Rotterdam Makassar, Sabtu, 5 Oktober 2019.


WATERBOOM. Sahban membangun objek wisata baru di daerah Kalimbua Kalosi, di desa tempat Sahban kecil memelihara kuda-kudanya pada saat itu. Di objek wisata itu, ia membangun villa dan taman permandian atau waterpark, yang kemudian dikenal dengan nama Villa and Waterboom Lasharan Garden, di Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang. (int)

MAROS (PEDOMAN KARYA) Dalam rangka HUT  Korpaskhas ke-72 tahun 2019, Korpaskhas dengan PT Telkom Indonesia, melaksanakan pembangunan jembatan penyeberangan, di Dusun Allu, Desa Minasabaji, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Diawali dengan peletakan batu pertama, Kamis (26/9)

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni: Danwing 2 Paskhas, Kolonel Pas Nasser ST, Asisten I Pemkab Maros, Ilham Najamuddin, Wakil Komandan Wing 2 Paskhas, Letkol Pas Banu Kurworo, Komandan Detasemen Hanud 472 Paskhas,  Letkol Pas Abdul Fajar M Han, Komandan Yonko 466 Paskhas,  Letkol Pas Arie Setyo Wibowo ST, Dandim 1422 Maros, Letkol Inf Farid Yudho Dwi Leksono, Polres Maros, di delegasikan ke Kabaksumda, Kompol Dr Hj Zainuddin MSi, Kapolsek Bantimurung, AKP Andi Huseng SH, ‌Danramil 1422-02/Bantimurung,  Kapten Inf Nono Sudiatno, Para Kasi Wing 2 Paskhas, Para Pasi Denhanud 472 Paskhas, Anggota Denhanud 472 Paskhas, sebanyak 50 orang, Catam Bantimurung,  Syahrul,  Para pejabat pemkab Maros, Kepala Desa Minasa baju, Umar Bakara, Kepala Dusun Allo, Desa Minasa Baji

Komandan Wing 2 Paskhas, Kol Pas Nasser ST, mengatakan, dengan dibuatnya jembatan baru ini, diharapkan bisa mempermudah fasilitas sarana dan prasarana antar desa.

"Semua ini bermuara, agar bisa menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat desa, khususnya warga masyarakat Dusun allo. Kegiatan ini, merupakan bagian dari Hari Bhakti HUT Korpaskhas ke-72," jelasnya.

Di sisi lain, Asisten I Pemkab Maros, Ilham Najamuddin, mengatakan, menyambut baik dan sangat berterimakasih atas pembangunan jembatan penyeberangan ini.

"Kami mewakili Bupati dan Wabup Maros, menghaturkan Alhamdulillah kepada Allah SWT, sekakigus terima kasih tak terhingga kepada Korpaskhas dan PT Telkom Indonesia, yang telah membantu Pemkab Maros dengan membangun jembatan penyeberangan ini," tandas Asisten I Pemkab Maros.

Dalam peletakan batu pertama ini, dilaksanakan secara simbolis oleh Danwing 2 Paskhas. Acara ditutup dengan doa, lalu foto bersama dan seluruh rangkaian acara selesai dengan aman dan lancar pada pukul  17:00 WITA.(Red PK/Deswani)



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Demonstrasi skala besar dan nasional sejak dua hari lalu yang dimotori mahasiswa terkait penolakan terhadap sejumlah Rancangan Undang-Undang yang telah dan sedang beproses pada lembaga pemerintahan.

Termasuk demo besar mahasiswa seluruh kampus di Sulawesi Selatan, baik di Kota Makassar maupun di kabupaten/kota lainnya yang berlangsung dengan agresif tapi tetap kondusif dan terkendali.

Kadis Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Prov Sulsel, Andi Hasdullah dalam releasenya ke media hari ini, Kamis (26/09/2019).

Dikatakan bahwa Gubernur Nurdin Abdullah dalam menyikapi demo, khususnya di Sulsel terus melakukan koordinasi dengan unsur Forkopimda, Kapolda dan pihak terkait lainnya untuk mengawal demo agar aspirasi masyarakat kita dengarkan.

Kita teruskan pesan Mahasiswa ke pemerintah pusat untuk jadi masukan dalam perumusan kebijakan yang menjadi tuntutan para demonstran dan yang paling penting juga pengawalan agar penyampaian aspirasi ini berlangsung dengan tertib dan meminimalisir gangguan dan ketertiban umum serta tidak anarkis atau merusak fasilitas umum.

Nurdin Abdullah turun ke lapangan termasuk berkoordinasi dengan kampus dan terus memantau dan perhari ini eskalasi sudah menurun dan kondisi Makassar berangsur pulih dan kondusif. "Pelayanan pemerintahan berjalan baik dan roda perekonomian tetap stabil serta lalulintas sudah mulai kembali lancar," ungkapnya.

"Kita berharap para mahasiswa sudah dapat kembali ke kampus untuk kuliah normal seperti biasa, intinya aspirasi demo itu pesannya sudah direspon oleh pemerintah untuk dikaji lebih lanjut," imbuhnya.

Gubernur Nurdin Abdullah memberi apresiasi dan terimakasi kepada semua unsur Forkopimda dan pihak terkait lainnya atas dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi dalam pengawalan demo yang berlangsung dengan persuasif dan baik. Apresiasi juga disampaikan kepada mahasiswa yang telah menyampaikan aspirasinya walaupun agresif tapi aspirasi telah disampaikan dengan baik dan menghindari anarkisme yang bisa merugikan orang lain.

Hasdullah menyebutkan bahwa demonstrasi untuk menyampaikan aspirasi itu adalah hak warga negara yang dilindungi sehingga demo ini adalah sesuatu yang wajar saja

Apalagi itu maksudnya untuk menyuarakan kepentingan bangsa dan negara Indonesia yang makin baik yang mampu terus meningkatkan daya saing bangsa dan memberikan  kepastian hukum.

"Ini salah satu poin penting dalam memberi keyakinan kepada para pengusaha terutama dari luar negeri untuk tetap melakukan investasi di Indonesia dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi  dan kesejahtraan rakyat yang makin maju," bebernya( DESWANI)



Kehadiranmu membangkitkan semangat
Kehadiranmu menjadi idola
Kehadiranmu menumbuhkan cita-cita
Kehadiranmu mengubah Indonesia

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Direksi PT Nusantara Infrastruktur (NI) menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, untuk melaporkan perkembangan proyek pembangunan jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 di Rumah Jabatan (Rujab)  Gubernur Sulsel, Rabu (25/9/19).

Projects Maneger PT. Wijaya Karya Beton Tbk, Didi Rustadi menjelaskan, jalan tol yang dikerjakan sejak tanggal 2 April 2018 sampai pada tanggal 17 September 2019 sudah mencapai 32,55 persen. Proyek tersebut juga ditargetkan akan selesai pada bulan Februari 2020, namun karena ada penambahan pekerjaan pemindahan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sehingga pekerjaan sedikit terlambat.

"Pekerjaan kami targetkan bulan Februari 2020, tapi sedikit terlambat pak, ada galian pipa ari PDAM," kata Didi Rustadi saat memberikan prosentasi dihadapan Gubernur Sulsel dan seluruh komisaris jalan tol di Jakarta dan Ujung Pandang.

Proyek senilai Rp 1.6 triliun itu merupakan kategori proyek konstruksi sipil, jenis proyek jalan dan jabatan berlokasi di Kota Makassar dengan konstruksi spesifik box girder.

Untuk pengunaan jasa dipercaakan pada PT. Basowa Marga Nusantara, penyedia jasa PT. Wijaya Karya Beton, Tbk, konsultan perencana PT. Cipta Graha Abadi dan  konsultan pengawas Nippon Koei Indokoei dengan jangka waktu kerja 813 hari sedangkan waktu pemiliharaan 365 hari. Untuk panjang jalan tol sendiri total kurang lebih 4.375 meter, lebar jalan main road 2 x 10,3 meter lebar jalan ramp 7,0 meter.

CEO PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI), M. Ramdani Basri mengaku, seluruh pihak terkait jalan tol Ujung Pandang datang melaporkan perkembangan pembangunan infrastruktur.

"Kami melaporkan bahwa kami memiliki empat sumber di jalan tol yang ada di sini maupun yang ada di Jakarta. Ada juga salah satu jalan tol kami dibangun oleh Jepang dan pekerjaannya bagus pak," lapornya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mendukung, penuh pembangunan infrastruktur jalan tol Ujung Pandang seksi 3.

"Iya kami mendukung penuh pak, bahkan kalau bisa dilanjutkan sampai ujung jalan Andi Pangerang Pettarani. Kami juga kalau bisa sampai di Takalar aja pak, supaya tambah bertumbuh ekonomi baru masyarakat," jelas mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Turut hadir pada acara tersebut, CEO PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI), M. Ramdani Basri, Komisaris PT Margautama Nusantara (Mantan Wakil Menteri PUPR), Hermanto Dardak, Komisaris PT Margautama Nusantara, Ahwil Loetan, Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN), Anwar Toha, Direktur Teknik dan Operasional PT Bosowa Marga Nusantara (BMN), Ismail Malliungan, GM Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI), Deden Rochmawaty, dan Projects Maneger PT. Wijaya Karya Beton Tbk, Didi Rustadi.(Deswani)

BANTAENG, (PEDOMAN KARYA). Langkah optimis dari pihak prinsipal PT. Gajah Tunggal selaku produsen ban terkemuka dari dalam negeri meliputi ban motor merk IRC & Zeneos, ban mobil GT Radial serta ban komersil merk Gajah Tunggal & Giti, melebarkan sayap ke wilayah selatan provinsi Sulawesi Selatan meliputi Kabupaten Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba.

Langkah Awal pada pencapaian sisi optimis tersebut dengan melakukan penjajakan (Sosialisasi) di bidang pemasaran untuk target pengembangan jangkauan pemasaran.

Salah satu giat untuk menarik pengguna ban GT Radial dengan melakukan dan mengajak kerjasama pemilik Bengkel Berkah Motor yang dikelola oleh H.Tasrif Labandu yang lebih dikenal dengan sapaan Bro Aji Ondong.

Pihak GT Radial mendapat sambutan hangat dari pihak pelaku usaha yang bersedia mendukung rencana tersebut dengan terlibat pembicaraan serius sebagaimana respon positif kehadirannya di Pendopo BM Wisma cafe dan Resto, Jl.Pesisir pantai Tompong, kelurahan Letta, Kecamatan Bantaeng, Kota Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa siang,(24/9/2019)

"Saya sangat mengapresiasi kedatangan pihak GT Radial dimana brand tersebut sudah punya nama dipasaran" Kata Aji Ondong

"Dan syukurlah dari pihak kami diberi jalan untuk berkolaborasi untuk pengembangan pemasaran bagian selatan  Sul-Sel khususnya di Kabupaten Bantaeng", Lanjut Aji Ondong yang Juga sebagai ketua Chapter YNCI Bantaeng

"Sebagai langkah Awal untuk saya  pribadi dan pelaku usaha untuk menggunakan Produk tersebut baik roda dua maupun roda empat," Ujarnya

Dari PT. Gajah Tunggal, TBK turut hadir Bpk. Jacky, Bpk. Asep & Bpk. Nurul dari Marketing Support Ban TBR Giti.

Turut dalam Rombongan Ricky Rianto
General Manager PT. Jaya Adira Mandiri selaku penyalur produk ban Gajah Tunggal serta ketua Umum Wartawan Media Online (GoWa-MO Indonesia) Syafriadi Djaenaf.

Syafriadi Djaenaf Mengatakan perjalanan ini sekaligus mengunjungi pengurus DPD GoWa-MO di tiga kabupaten ini pra pelantikan. Kita mengajak serta mitra kita GT Radial Jakarta agar pengurus di Kabupaten bisa berwirausaha secara mandiri agar bisa menjalankan dan menghidupkan roda organisasi.

"Semua wartawan yang bergabung di GoWa-MO akan mendapatkan kiat kiat usaha agar Konsep Kesejahteraan yang di usung bisa berjalan sesuai harapan kita semua,"pungkas "Pak Ketua"

Usai melakukan pembicaraan Awal dan menyempatkan mencicipi hidangan daging Kuda, Selanjutnya pada sore hari itu juga, Rombongan menuju kota Bulukumba untuk melakukan penjajakan lanjutan.(Red/Deswani)

OPINI. Wakil Rektor I Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar, Dr Ampauleng membawakan materi pada kegiatan Orientasi Pengenalan Institusi dan Nilai-nilai Intelektual (OPINI) yang diikuti ratusan mahasiswa baru Unpacti Makassar Tahun Akademik 2019/2020, di Kampus I Unpacati Jl Andi Mangngerangi, Makassar, Rabu, 25 September 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah menerima Pangkoopsau II yang baru di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel. Pertemuan yang berlangsung selama 30 menit itu, membahas mengenai kerjasama antara pihak TNI AU dengan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Pangkoopsau II, Marsda TNI Donny Ermawan T. M.Ds mengungkapkan kerjasama dengan Pemprov Sulsel bukan hal yang baru bagi dirinya, terlebih Prof Nurdin Abdullah merupakan mantan Bupati Bantaeng dua periode.

"Terimakasih banyak atas kerjasama antara kami dengan pemerintah provinsi. Dan kami siap juga jalankan mengenai apa yang kita bicarakan ini Pak Gubernur," ungkap Pangkoopsau II, di Rujab Gubernur Sulsel, Senin (23/9).

Sementara, Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah mengatakan, kerjasama yang baik antara TNI dengan Pemprov Sulsel merupakan sebuah langkah yang baik untuk menciptakan kedamaian dan kemajuan untuk Sulsel.

"Kita semua harus kolaborasi dengan seluruh elemen untuk menciptakan pemerintahan yang bersih," kata mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.(Red /DesWANI)

Di era pemerintahan Habibie, kebebasan pers diberlakukan dan diperkuat dengan terbitnya UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, tahanan politik dibebaskan, terselenggaranya Pemilu 1999, terbentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Golkar direformasi menjadi partai politik.



GOWA, (PEDOMAN KARYA). Hari pertama pembukaan Pendaftaran Bakal Calon Bupati Gowa di Partai Nasdem diramaikan dengan kehadiran artis Makassar, Udhin Leaders, di Sekretariat DPD Partai Nasdem Gowa, Senin, 23 September 2019.

Ia kemudian diajak ngopi oleh Ketua DPD Partai Nasdem Gowa, H Azhar Usman, di Warkop Riolo, Jl Masjid Raya. Turut hadir beberapa pengurus DPD Partai Nasdem Gowa, bersama pengurus lainnya. Kehadiran Udhien Leaders pun sontak membuat para pengunjung warkop kaget dan langsung menyapa sang artis.


Udhien Leaders mengatakan, kedatangannya hanya untuk bersilaturrahim, karena kebetulan Wakil Ketua OKK Partai Nasdem Gowa, Syafriadi Djaenaf , adalah sahabatnya.

"Tidak ada unsur politiknya. Dalam waktu dekat ini, saya juga agendakan untuk bersilaturrahim ke Adnan Purichta YL, Bupati Gowa, bupati termuda di kawasan timur Indonesia," ungkap Udhien.

Dia menilai Adnan Purichta merupakan salah satu pemimpin daerah yang sangat mendukung kemajuan seniman dan itu antara lain terlihat dengan banyaknya kegiatan seni di Gowa.


Sementara itu, salah seorang pengunjung Warkop Riolo, Ratna, mengaku sebagai fans Udhien Leaders, dan ia mengaku senang dapat bertemu langsung dengan sang artis lokal.

"Sudah lama saya ngefans apalagi dengan karya-karyanya,  jadi saya tidak mensia-siakan waktu untuk foto bareng dan selfie dengan Udhien. Saya doakan semoga terus berkarya dan sukses tembus artis level nasional. Sudah saatnya kita dukung seniman lokal Sulsel dengan membeli kaset dan CD yang original,"kata Ratna.

Ketua DPD Partai Nasdem Gowa, Azhar Usman, mengatakan, sosok Udhin Leaders dia kenal hanya nama saja. Selama ini hanya lihat di televisi atau dengarkan lagunya lewat perangkat audio, tapi akhirnya bisa langsung bertatap muka.

"Kehadiran Udhin Leaders di Gowa dan bertemu dengan pengurus Partai Nasdem Gowa tidak lain hanya silaturrahim biasa. Dia hanya ingin berbincang sedikit terkait pandangan dan dukungan partai politik terhadap kemajuan seniman di Sulsel," ungkap Azhar. (Red/DesWANI)



GOWA, (PEDOMAN KARYA). Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti ujian seminar proposal judul disertasi, Program Doktoral (S3) Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin, 23 September 2019.


Ujian proposal ini berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, yang dihadiri mahasiswa/mahasiswi Fakultas Hukum Unhas.

Adapun susunan tim penguji seminar proposal orang nomor satu di Gowa yakni, Prof Syamsul Bachri bertindak sebagai ketua/promotor, Prof Marwati Riza dan Prof Hamsa Alim, sebagai ko promotor. Prof Aminuddin Ilmar, Prof Farida Patitingi, Prof Achmad Ruslan, dan DR Muh Hasrul sebagai anggota.

Pasca seminar dibuka oleh ketua Tim promotor, Adnan mulai memaparkan materi proposal dengan menggunakan slide power point dengan judul disertasi 'Pengaturan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia'.

Dalam pemaparan proposalnya, beliau menyampaikan alasannya memilih topik ini salah satunya adalah melihat kenyataan bahwa porsi pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 lebih sedikit dari tahun lalu.

"Tahun 2018, jumlah paslon yang memenuhi syarat (MS) dari jalur perseorangan mencapai 65 atau mencapai 13,71 persen dari total 474 MS. Sementara tahun 2017 justru lebih besar. Secara total jumlah paslon jalur perseorangan mencapai 69 atau sekitar 22,26 persen dari total 310 paslon MS. Dengan demikian porsi paslon dengan dukungan partai politik masih cukup dominan dan cenderung membesar," jelasnya.

Sementara Prof Syamsul Bachri mengatakan, disertasi hari ini bisa menjadi koreksi/kontrol partai politik. Dikatakannya jika partai politik tidak dapat melahirkan calon pemimpin yang kapabel, yang mumpuni dan profesional diharapkan para calon dapat memilih yang ini.

Selain itu, para calon yang mau maju dalam pilkada paling tidak harus mempersiapkan dirinya, kecerdasannya, intelektualnya, membangun jaringan sehingga nantinya pemimpin yang dipilih mampu mereposisi prinsip-prinsip demokrasi.

"Jadi saya kira disertasi yang diajukan oleh Adnan Purichta Ichsan hari ini adalah masukan, sehingga ada temuan temuan baru yang kita banggakan. Walaupunada beberapa catatan namun secara keseluruhan disertasi ini sangat baik sehingga kami sepakat memberikan nilai 'A'," ujar Prof Syamsul Bachri sebelum menutup seminar proposal disertasi Bupati Gowa. (Red/DesWANI)

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Hari pertama pembukaan Pendaftaran Bacakada Pilkada Gowa 2020, artis Makassar Udhin Leaders bersilaturrahim ke DPD Partai Nasdem Gowa.

Kedatangan Udhien Leaders disambut hangat Ketua DPD Nasdem Gowa di Warkop Riolo, Jalan Mesjid Raya bersama pengurus lainnya. Kedatangan artis Sulawesi Selatan ini sontak membuat kaget para pengunjung warkop, Senin, 23 September 2019.

Udhien Leaders mengatakan kalau kedatangannya hanya untuk bersilahturahmi saja, kebetulan wakil ketua OKK Nasdem Gowa adalah sahabat saya. Tidak ada unsur politiknya, dalam waktu dekat ini, saya juga agendakan untuk bersilahturahmi ke Adnan Purichta YL, Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia.

Sebutnya kalau Bupati Adnan salah satu pemimpin daerah yang sangat mendukung kemajuan seniman. Terlihat sejak memimpin jadi Bupati Gowa sudah banyak kegiatan seni yang dilaksanakan dibutta bersejarah ini,"pungkasnya

Menurut salah satu pengunjung Ratna yang juga Fans berat mengakui sangat senang dan bahagia langsung ketemu dengan Udhin Leaders

" Sudah lama saya ngefans apalagi dengan karya-karyanya ( Udhin Leaders),  jadi saya tidak mensia-siakan untuk foto bareng dan Selfie, saya doakan semoga terus berkarya dan sukses tembus nasional. Sudah saatnya kita dukung seniman lokal Sulsel dengan membeli kaset dan CD yang orginal," ungkapnya

Sementara itu Ketua DPD Partai Nasdem Gowa H.Azhar Usman mengatakan sosok Udhin Leaders hanya dia kenal hanya nama saja. selama ini hanya lihat di Televisi atau dengarkan lagunya lewat perangkat audio, sekarang langsung bisa bertatap muka.

H.Boy (sapaan Akrabnya) mengatakan Kehadiran Udhin Leaders ( Artis Lokal Makassar) ini tidak lain hanya bersilaturahmi saja dengan partai NasDem Gowa, dia hanya ingin berbincang sedikit terkait pandangan dan dukungan partai politik terhadap kemajuan seniman di Sulsel," ucapnya (Red/DesWANI)

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Hadullah, menjadi Inspektur Upacara (Irup), di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/9/2019). Upacara diikuti Pejabat Eselon II, III, dan IV, serta staf lingkup Kantor Gubernur Sulsel.

Andi Hasdullah dalam arahan singkatnya menyampaikan terimah kasih kepada para pejabat dan staf yang meluangkan waktunya untuk melakukan upacara bersama, termasuk kepada pelaksana upacara yang sudah mengibarkan bendera.

“Pagi ini saya akan bicara terkait dengan percepatan reformasi birokrasi. Ini penting untuk kita pahami, penting untuk disampaikan karena reformasi birokrasi ini adalah  kebijakan nasional dan juga kebijakan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan yang harus dilaksanakan,” jelas Hasdullah.

“Reformasi Birokrasi ini menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN), menyasar Birokrat, karena pelaksanaannya dilakukan oleh birokrasi. Oleh karena itu harus kita pahami dan dilaksanakan,” tegasnya.

Dalam grand desain reformasi birokrasi  ditegaskan untuk menghadirkan tatakelola pemerintahan yang efesien, efektif dan akuntabel, pemerintahan yang tidak melanggar aturan, pemerintahan yang mengelola keuangannya dengan baik, pemerintah yang pro pertumbuhan ekonomi rakyat,  mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan ujungnya adalah menghadirkan kesejahteraan rakyat,”bebernya.

Hasdullah menambahkan, bahwa ujung dari reformasi birokrasi ini adalah menghadirkan kesejahteraan rakyat, grand desain reformasi birokrasi itu  dijabarkan kedalam delapan area perubahan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib melaksanakan yang pertama adalah manajemen reformasi birokrasi dimana semua opd harus membuat rencana aksi reformasi birokrasi yang kemudian  dilakukan evaluasi mandiri oleh OPD yang bersangkutan setiap tahun.

“Lalu area perubahan kedua adalah menata kelola reformasi regulasi, undang-undang yang tidak pro dengan kepentingan rakyat, tidak berpihak kepentingan masyarakat umum itu harus ditata ulang oleh masing2 opd terkait”imbuhnya.

“area perubahan ketiga adalah menata kelola kelembagaan yang efektif, kelembagaan yang gemuk dan boros itu harus dibenahi menjadi kelembagaan yang efektif, ramping dan kaya fungsi seperti apa yang sudah kita lakukan sekarang. Pemprov sudah melakukan restrukturisasi kelembagaan, kita punya kelembagaan sudah tahap finalisasi, kira-kira berkurang sampai 7-8 dinas, yang akan diberlakukan efektif awal Januari 2020,” ungkapnya.

Area perubahan keempat adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) asn harus terus ditingkatkan, bagaimana menghadirkan ASN yang profesional, kompeten di bidangnya, ahli dalam tugasnya, bagaimana menghadirkan ASN yang tidak hanya kompeten tapi dia juga berintegritas, ASN harus memiliki moral yang baik sehingga menghadirkan ASN yang siap untuk mengemban tugas kenegaraan,” lanjutnya.

“Lalu area perubahan yang kelima adalah tatakelola pelaksanaan tupoksi OPD dengan sistem penyelenggaraan berbasis elektronik, kita sudah era digital, suka atau tidak suka OPD harus menata kelola tupoksinya berbasis digital atau berbasis elektronik,  dalam hal ini Diskominfo sebagai koordinator pelaksana SPBE itu” tambahnya.

Ada beberapa SPBE kita yang sudah berjalan, yaitu e-planning, e-budgeting, e- procurment e-monev, e-RKBMD, e- ssh, Simpeg, e-talenmanagement, e-kinerja, itu yang berkaitan dengan TPP. Ada juga aplikasi Smart Office, baruga sulsel, i-data, aplikasi satu data statistik sektoral, ppid, ptsp, e panrita dan web opd yang ada lainnya- hasdulah minta para admin tim TIK opd agar aktif melakukan update aplikasi terkait layanan setiap saat untuk menindak lanjutinya-

“Area perubahan yang keenam penguatan akuntabilitas kinerja sakip dan lakip dengan memperbaiki kualitas renstra, renja, rkpd, program dan kegiatan yang terukur hasilnya dengan nyata. Yang ketuju penguatan pengawasan APIP dan  terakhir area  perubahan kedelapan  adalah pelayanan publik yang harus berkualitas, pelayanan yang cepat, tepat waktu sehingga rakyat menjadi puas dari pelayanan pemerintahan. Kita berharap Sulsel bisa terus berbenah dan mewujudkan visi-misi bapak Gubernur,” pungkasnya.(Red/DesWANI)



GOWA, (PEDOMAN KARYA). Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa bersama PT Pertamina Wilayah Makassar kembali melaksanakan Operasi Pasar Gas Elpiji 3 Kg pada beberapa titik di Kabupaten Gowa.

Hal itu diungkapkan Kasi Pengawasan dan Pengendalian Distribusi Barang Disperdastri Gowa, Nursyamsi Kusuma, Senin (23/9).

Ia mengatakan operasi ini dilakukan pada tiga titik kecamatan yakni, Desa manjalling Kecamatan Bajeng Barat, Desa Tinggimae Kecamatan Barombong, dan Desa Botoala Kecamatan Pallangga.

" Kami mendapat laporan bahwa ketiga titik ini mengalami kelangkaan gas elpiji makanya kami ajukan ke pertamina dan diturunkanlah satu tangki/mobil setiap titiknya, dimana permobilnya disediakan 560 tabung," ungkapnya.

Dikatakan Nursyamsi, kelangkaan gas elpiji disebabkan tidak sesuainya dengan peruntukan yang seharusnya, seperti banyaknya kalangan menengah keatas atau masyarakat mampu yang menggunakan gas elpiji 3 kg, dan digunakan untuk alat pompa perairan dan sebagainya.

" Seharusnya yang bisa menikmati gas elpiji ini masyarakat yang kurang mampu atau ekonominya menengah ke bawah, sehingga pihak kami tidak melayani warga datang dengan kendaraan mobil dan membawa lebih dari satu tabung gas. Jadi ini hanya untuk 1 tabung 1 KK harganya sesuai harga pangkalan Rp 15.500," jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya juga menyebutkan warga yang datang diwajibkan membawa KTP sebagai syarat membeli tabung. Hal itu ia lakukan untuk menandai warga yang datang adalah masyarakat miskin.

Olehnya itu Nursyamsi berharap, melalui operasi pasar ini, Pemkab Gowa dan Pertamina bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat yang tepat sasaran yakni kalangan menengah kebawah atau kurang mampu. (Red/DesWANI)

PERINGKAT SEMBILAN. Andi Pangerang (berdiri di belakang, kedua dari kanan) foto bersama dengan enam peraih medali lainnya dari Sulsel pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional VIII, di Manado, Sulawesi Utara, 16-21 September 2019. Kafilah Sulawesi Selatan berhasil menempato peringkat ke-9, dengan raihan satu medali emas, dua medali perak, dan empat medali perunggu. (ist)


GOWA, (PEDOMAN KARYA). Menjelang Pilkada Gowa Tahun 2020, Partai Nasdem se-Sulawesi Selatan secara resmi membuka pendaftaran bakal calon bupati atau bakal calon kepala daerah di 12 kabupaten/kota di setiap kantor sekretariat DPD Partai Nasdem, Senin, 23 September, hingga 23 Oktober 2019.

"Pendaftaran dibuka dengan waktu yang lama, karena ingin selektif mencari tokoh terbaik di daerah ini untuk menjadi seorang pemimpin yang membangun dan siap membesarkan partai kami," kata Ketua Partai Nasdem Kabupaten Gowa, H Azhar Usman, kepada wartawan di sela rapat pengurus harian DPD Partai Nasdem Gowa, di Gowa, Ahad malam, 22 September 2019.


Dia mengatakan, pihaknya sengaja membuka pendaftaran selama satu bulan karena Partai Nasdem mencari kandidat yang terbaik dan ingin menang di Gowa, dan dia menegaskan bahwa pendaftaran bakal calon bupati dibuka tanpa dipungut mahar alias nol rupiah.

"Pendaftaran bakal calon bupati Gowa tidak dipungut biaya alias gratis," kata Azhar Usman.

Wakil Ketua OKK DPD Partai Nasdem Gowa, Syafriadi Djaenaf, menimpali pernyataan ketuanya dengan mengatakan bahwa Partai Nasdem siap mendampingi dan bergerak secara penuh untuk memenangkan calon bupati yang diusung tahun depan.

"Semua pengurus Partai NasDem Gowa harus terlibat memenangkan. Jika tidak mendukung, akan diusulkan sanksi pemecatan," kata Syafriadi.

Rapat pengurus harian DPD Partai Nasdem Gowa turut dihadiri Bendahara Saparuddin DN, Wakil Sekretaris Hamril Taha, Ketua KSN Gowa Mursalim, Ketua DPC Biringbulu Dahari, dan sekretaris DPC Pallangga Ramli Tojeng.(Red/K.DESI)

GOWA (PEDOMAN KARYA)- Pihak Pasar Rewa A'Kio Ri GoWa-MO bekerjasama dengan pihak Go-Jek dalam hal ini Managemen Go-food mengundang penyewa tenant (Merchant) melaksanakan kegiatan Testfood di Cafe Jaman Now, Gowa, Ahad, 22 September 2019.


Kegiatan Testfood ini digelar secara 2 sesion dengan mengundang 18 penyewa di sesion pertama, diantaranya DUM CHA CHIZ dengan menu andalannya SPICY CHICKWING, Kanayama Ice & Takoyaki dengan menu andalannya Ice Cream dan Takoyaki, Mas To'ing dengan mie bakso andalannya, Kedai Milenial , Trotoar Cafe, Ramen Mas Choy, Al Fathir Cafe, Kopi Box & Eatry, Onana Cafe, Njo', Gold Cafe, Cafe A&Z, Cafe Ela, Gate Cafe, Hokiku, Kedai ku, Cafe Mix, Alfa Cafe.

Owner Pasar Rewa A'Kio Ri GoWa-MO, Syafriadi Djaenaf mengatakan tujuan Testfood ini dilakukan agar setiap menu dapat disesuaikan dengan standarisasi dari pihak Manajemen Pasar Rewa A'Kio Ri GoWa-MO seperti Pricing atau penyesuaian harga menu, Packaging atau cara penyajian dan cita rasa dari makanan tersebut.

Lanjut tambahnya, pricing ini sangat penting diterapkan dengan menggunakan standar harga didaerah ini dan sekitarnya. Misalnya, menu makanan Mie Kering tidak boleh diatas harga 30 ribu. Sesuai survey pricing standarnya memang segitu dibeberapa daerah"jelas daeng Mangka (sapaan akrab)

Kegiatan Testfood ini sangat penting dilakukan untuk membantu penyewa tenant dalam hal pendaftaran dan pengambilan gambar untuk dikerjasamakan dengan pihak go-jek secara online,"tutupnya

Kegiatan ini dihadiri Managemen Go-jek District Merchant Manager, Jonathan Siahaan.

Industrial Warung Kota Wisata Kuliner (food city) Pasar Rewa A'kio Ri GoWa-MO disingkat Pasar Rewa ARGO hadir untuk memenuhi selera kuliner dari para pecinta makanan di Sulawesi Selatan. Dengan mengusung konsep Unik dan Kreatif berhasil menjadi sebuah Pasar Offline dan online berbeda dari yang lain untuk memberikan kenyamanan dan suasana yang berbeda. Tempat ini akan menjadi pilihan tempat tongkrongan terbaru dan terluas untuk masyarakat Gowa dan sekitarnya.(Red/DesWANI)

Camat Somba Opu Kabupaten Gowa, Indra Wahyudi Yusuf (tengah), ditarik masuk ke Kantor Pemkab Gowa dan diberi jabatan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Gowa. Indra menggantikan Abdulah Sirajuddin (kini Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan), sedangkan jabatan Camat Somba Opu diamanatkan kepada Agus Salim, yang sebelumnya menjabat Sekcam Somba Opu. (ist)


FESTIVAL PERTUNJUKAN RAKYAT. Para perwakilan delegasi kabupaten foto bersama pada Festival Pertunjukan Rakyat Media Tradisional Sulsel Tahun 2019, di Hotel Condotel, Makassar, Rabu, 18 September 2019. Kabupaten Sinjai keluar sebagai juara dan akan mewakili Sulawesi Selatan pada Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tingkat Nasional, di  Provinsi Bangka Belitung.