Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


NEGERI ANTAH BERANTAH. Di negeri antah-berantah itu, jalan menuju kesejahteraan rakyatnya ditawari tunggangan yang diyakini hampir seluruh penduduknya akan membawanya ke tempat yang dijanjikan itu dengan cepat dan aman, yaitu sapi.


PELAYANAN KB GRATIS. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Parepare bekerjsama Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Parepare memberikan pelayanan keliling KB gratis, di arena pameran Lapangan Andi Makkasau, Parepare, 21-26 Februari 2020. (Foto: Habibi)


VISITASI. Rektor UIT Dr Andi Maryam, Dekan Fakultas Farmasi Rahmawati, serta sejumlah dosen dan mahasiswa, foto bersama tim asesor LAM-PTKes, tim asesor LAM-PTKes, di Kampus UIT, Jl Rappocini, Makassar, Kamis, 20 Februari 2020. (ist)


“Kenapa heboh sekali kalau ada artis meninggal?” tanya Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat ngopi pagi di teras rumah Daeng Tompo’.
“Adakah lagi artis yang meninggal?” Daeng Tompo’ balik bertanya.
“Aih, ketinggalan beritaki’ lagi kita’,” kata Daeng Nappa’ sambil tersenyum.

REMAJA BERKARAKTER. Tuntutan sekarang ini remaja harus berkarakter dan berkualitas, karena remaja yang punya karakter dan berkualitas, akan menjadi modal pembangunan negara. Sebaliknya, remaja yang tidak berkarakter dan berkualitas justru, menjadi beban bagi negara.

KEPALA LLDikti Wilayah IX, Prof Jasruddin Malago (duduk kiri) foto bersama Rektor Unpacti Makassar, Rusdin Nawi (duduk kanan), Sespel LLDikti IX Andi Lukman (berdiri keempat dari kanan), Wakil Rektor I Unpacti Makassar Ampauleng (berdiri kelima dari kanan), serta beberapa dosen Unpacti Makassar, di Stand Universitas Pancasakti pada Sulawesi Education & Techno Expo 2020, di Celebes Convention Centre (CCC), Makassar, Selasa, 18 Februari 2020. (Foto: Asnawin Aminddin / PEDOMAN KARYA)


HARI ANAK KANKER. Sejumlah pengurus dan anggota Lions Club Makassar Rajawali (LCMR) foto bersama di Ruang Sekolah Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo (RSWS), seusai membezuk anak-anak penderita kanker yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut, Rabu, 19 Februari 2020. (Foto: James Wehantouw)


WISUDA. Rektor UIT Makassar, Andi Maryam (ketiga dari kiri) foto bersama Ketua Aptisi Pusat, Prof Budi Djatmiko (keempat dari kiri), pendiri UIT Makassar yang kini Anggota DPR RI, H Haruna.(kelima dari kiri) pada acara Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana XIV, di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa, 18 Februari 2020. (ist)


PERIKSA KESEHATAN GRATIS. Sejumlah siswa foto bersama dengan penjaga stand Universitas Pancasakti Makassar, pada Sulawesi Education & Techno Expo 2020, di Celebes Convention Centre (CCC), Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Selasa, 18 Februari 2020. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Saya ini penguasa
Kalau kalian ingin selamat
Jangan coba-coba ganggu saya

Saya ini penguasa
Kalau kalian ingin aman
Jangan coba-coba ganggu saya


PENCURIAN.Seorang peserta ujian CPNS di Jeneponto, mengeluh karena barang-barangnya ada yang hilang saat tas mereka dititip ke panitia ketika berlangsung ujian. Ini kasus memalukan dan harus diusut tuntas.(Illustrasi foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)



STAND UNPACTI. Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (duduk sebelah kiri) duduk berdampingi Wakil Rektor I Unpacti Makassar, Dr Ampauleng, dan beberapa dosen, di Stand Unpacti Makassar, pada Sulawesi Education & Techno Expo 2020, di Celebes Convention Centre (CCC), Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Selasa, 18 Februari 2020. (ist)
PEDOMAN KARYA
Senin, 17 Februari 2020

OPINI:


Remaja Untuk Hari Ini Dan Esok Hari


Oleh: Habibi
(Penyuluh KKBPK/Ketua IPeKB Parepare)


Bila kita menengok sekitar kita, keseharian kita, secara sadar atau tidak sadar, banyak hal yang mengangkat tema mengenai remaja. Pertanyaan yang berikutnya muncul di kepalakita adalah kenapa ya?

Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan remaja di Indonesia dari tahun ke tahun memiliki jumlah yang besar. Tuntutan sekarang ini remaja harus berkarakter dan berkualitas, karena remaja yang punya karakter dan berkualitas akan menjadi modal pembangunan Negara.

Sebaliknya remaja yang tidak berkarakter dan berkualitas justru menjadi beban bagi negara. Selain itu remaja juga banyak menjadi inspirasi dan pelaku utama yang berpengaruh dalam perkembanagan trend. Siapa yang tidak kenal agnes Monica (tokoh anak remaja  inspiratif 2010) pada zaman itu merupakan salah satu artis top Indonesia, menjadi salah satu pembawa acara karpet merah ajang penghargaan  tahunanAmerican Music award di los angles menggunakan busana bermotif  batik kebaya sesekali menggunakan  bahasa indonesia. agnes berkarya sejak usianya masih kecil (6 tahun) agnes memulai karirnya sebagai penyanyi cilik. di sekolah bahkan selalu mendapatkan beasiswa karena merupakan siswi berprestasi  meskipun disibukkan dengan aktivitas luar sekolah.
Di masa depan, menurut prediksi  BKKBN, kesempatan berkembang secara nasional sangat terbuka lebar karena jumlah anak remaja yang besar. Lalu apa hubunganya dengan kita (orang tua, keluarga, pemerintah).  Sebagai remaja patut memikirkan dan mempersiapkan hal tersebut  dari sekarang. Jika tidak,peluang tersebut akan hangus karena ketidakpedulian dan persiapan yang matang untuk kesempatan bagus tersebut. Kesempatan itu dapat dimenangkan dengan baik jika kita memiliki remaja yang berkualitas dalam segala bidang dari sekarang.
Banyak ide kreatif yang muncul dari anak remaja, seperti gaya berpakaian aktivitas yang semakin bervariasi, gaya hidup. hal tersebut tentunya memiliki efek yang baik dalam perkembangan kehidupan sehari hari seperti ekonomi kreatif lapangan pekerjaanserta membuat hidup berwarna dengan segala pilihan yang ada dan sebagainya. Jika tidak kesempatan bagus itu kemudian akan berubah menjadi bencana di kemudian hari karena Indonesia kemudian akan menghadapi peningkatan pesat pada kelompok usia lanjut lalu apa berisikonya?.
Dengan adanya tersebut  maka dibutuhkan persiapan yang sangat baik dibidang kesehatan, pendidikan, pangan bagi remaja untuk dapat menaganinya pertanyaanya” kalau bukan kita lalu tanggung jawab siapa?” itu kita berbicara masa depan , coba kalau kita kembali ke masa kini. Bila berkaca dari keseharian kita melihat  banyaknya tingkah laku anak remaja dari berbagai kalangan baik kalangan artis maupun kalangan berpendidikan bahkan lebih lebih anak remaja yang putus sekolah yang terjebak dalam tindakan beresiko untuk kehidupannya. Hal tersebut tentunya juga berpengaruh untuk masa depan kita karena mereka adalah bagian dari kita tindakan tersebut seperti pernikahan dini, perilaku seksual beresiko, merokok, alcohol, balapan liar, narkoba, game online dengan jumlah yang sangat memprihatinkan. Karena hal tersebut berkaitan dengan pemahaman bahwa remaja adalah masa mencari identitas dimana remaja sedang aktif mencoba segala sesuatu yang ada dilingkungannya dan mudah terpengaruh.
Perilaku beresiko sebenarnya  bukan tantangan pada masa kini saja, akan tetapi mereka juga berkembang seiring waktu  bersama sama dengan kita yang berjuang mempersiapkan masa depan. Jadi kita semua harus siap untuk sukses dan membangun Indonesia di tahun yang akan datang, apa yang harus dilakukan?
Kepedulian dan kepekaan terhadap tantangan yang ada, menghindari dan mempersiapkan diri sebaiknya dengan mencari dan mengenali mimpi, minat, cita cita dan kemampuan sejak hari ini mari remaja kita berencana karena berencana itu keren.


.



Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan. Dan jangan pula dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musyafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kamudian kamu tidak mendapat air, maka bertayammumlah kamu dengan tanah yang baik (suci). Sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha pema’af lagi Maha Pengampun.” (QS An- Nisa (4): 43)


Muhammad Ma’ruf (kanan) foto bersama Rektor Unismuh Makassar Prof Abdul Rahman Rahim. Muhammad Ma'ruf, salah seorang staf Humas Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, meninggal dunia dalam usia 26 tahun (lahir 14 September 1994), di Makassar, Ahad, 16 Februari 2020. (Foto diambil dari akun FB almarhum)


RAPAT KERJA. Pengurus PTMSI Kota Makassar dan perwakilan beberapa klub PTM, foto bersama Sekretaris KONI Kota Makassar Alimuddin Tarawe (duduk keempat dari kiri), seusai pembukaan Rapat Kerja (Raker) PTMSI Kota Makassar di Aula SMK Negeri 5 Makassar, Sabtu, 15 Februari 2020. (Foto: Humas PTMSI Kota Makassar)