Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


“Kita ingin mencegah kepanikan warga, memberi ketenangan. Covid-19 ini dapat kita kontrol dan hentikan penyebarannya, asalkan semua mau terlibat.”
- dr Joko Hendarto PhD -
(Departemen Ilmu Kedokteran, Komunitas dan Pencegahan Dini, Fakultas Kedokteran Unhas)


TMMD 107 TAKALAR. Bupati Takalar, Syamsari Kitta (ketiga dari kiri) dan Dandim 1426/Takalar, Letkol Inf Ilham Yunus, memegang perjanjian kerjasama didampingi Kapolres Takalar AKBP Budi Wahyono (paling kiri), Ketua DPRD Takalar Darwis Sijaya (kedua dari kiri), dan Sekda Takalar H Arsyad, seusai penandatanganan perjanjian kerjasama dalam rangka TMMD ke-107, di Ruang Rapat Setda Takalar, Rabu, 18 Maret 2020. (ist)


Menyikapi wabah global atau pandemi virus corona yang dapat menyebabkan Covid-19, termasuk di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa dan juga rekomendasi.


Dengan mengisolasi diri di dalam rumah pun, masyarakat dapat membantu para dokter sebagai salah satu organ dari tenaga medis untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien dengan positif COVID-19, dan tersedianya tempat perawatan pasien tersebut. Inzet: Dokter Ian Astarina Mas'ud.



Secara etimologi, mukena berasal dari kata miqna, kata dalam Bahasa Arab yang berarti penutup kepala perempuan.

Kata miqna kemudian diserap ke dalam Bahasa Indonesia, dan masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengan kata mukena.

“Para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah telah diputuskan belajar dari rumah selama dua pekan, mulai Senin 16 Maret 2020. Ini kami lakukan demi membatasi penyebaran Virus Covid-19.”

- dr Mahmud Ghaznawie PhD SpPA(K) -
(Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar)


UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH. Sebanyak 154 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sulsel, Pemkab Barru, Pemkab Pinrang, Pemkab Gowa, Pemkab Bantaeng, dan Pemkab Takalar, mengikuti Ujian Dinas Pendidikan Penjenjangan Struktural Tingkat I dan Tingkat II serta ujian Dinas Penyesuaian Ijazah, di takalar, Sabtu, 14 Maret 2020. (ist)


KULIAH KERJA PROFESI. Lurah Bontokadatto, Jamaluddin SSos (duduk keempat dari kiri) foto bersama Ketua LPM Bontokadatto HM Dg Lalla (duduk ketiga dari kiri), Babinkamtibmas Bontokadatto Yusri (berdiri paling kiri), Babinsa Bontokadatto Sahrin (berdiri paling kanan), tokoh masyarakat setempat, dan para mahasiswa seusai Seminar Program Kerja Mahasiswa KKP Unpacti Makassar, di Kantor Lurah Bontokadatto, Rabu, 18 Maret 2020. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


“Hari Jumat lalu, ustadz yang khotbah bilang, orang Islam tidak perlu takut sama virus corona, karena orang Islam itu cuci tangan, kumur-kumur, cuci muka, dan cuci kaki minimal lima kali sehari, yaitu pada saat wudhu,” ungkap Daeng Tompo’.


SEMINAR DESA. Seluruh unsur pimpinan Desa Cakura, Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Kabupaten Takalar, foto bersama mahasiswa seusai pembahasan Seminar Program Kerja Mahasiswa KKP Unpacti Makassar, di Aula Desa Cakura, Senin, 16 Maret 2020. (Foto: Citra Andini Masaila)


DITUNDA. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Kabupaten Takalar terpaksa ditunda lagi, dari tanggal 17 Maret 2020, hingga waktu yang belum ditentukan. Hari jadi Takalar sebenarnya jatuh pada 10 Februari, tapi ditunda puncak peringatannya ke tanggal 17 Maret 2020, karena Bupati Takalar, Syamsari Kitta sedang mengikuti International Visitor Leadership Program (IVLP), sebuah program pelatihan tata kelola pemerintahan. (ist)


WISUDA DITUNDA. Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, mengatakan, untuk mencegah penyebaran penyakit corona, Rektor Unhas mengeluarkan kebijakan menunda acara Wisuda Periode III Tahun Akademik 2019/2020, yang sedianya akan dilangsungkan pada 17 dan 18 Maret 2020, hingga waktu yang belum ditentukan. (ist)