Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


BAGIKAN MASKER. Kandidat bakal calon Wakil Bupati Bulukumba, H Andi Makmur Karim, membagikan-bagikan ribuan masker kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Kajang, Bulukumba, Sabtu, 18 April 2020. (ist)

Giatkan ikhtiar gelorakan usaha
Bila mati, bukan karena conora
Sekali lagi, bukan karena corona
Tapi karena ajalnya telah tiba


Wabah corona menembus batas
Teritorial antar-negara pun dihempas
Batas lima negara digdaya
Sudah dibuat tak berdaya


Jerman bershadaqah di jalanan
Turki bagi-bagi sembako di perumahan
Perancis panggil pulang wisatawan
Demi misi kemanusiaan


Yang ditakuti bila terjangkiti
Yang dikhawatirkan bila diisolasi
Semua orang diwaspadai
Sebagai bentuk tawakkal pada Ilahi

Corona itu mewabah
Seluruh dunia resah
Semua bergerak mencegah
Tak terkecuali ditutupnya Ka’bah


“Bertakwalah kalian kepada Allah dan hendaknya kalian saling berdamai dan saling memaafkan. Sesungguhnya Allah SWT mendamaikan persoalan yang terjadi di antara kaum muslimin.” (int)


Kalimat yang utuh yaitu orandum est ut sit mens sana in corpore sano, yang terjemahannya yaitu “hendaknya engkau berdoa agar ada pikiran yang sehat di dalam badan yang sehat.” (int)


DEMOKRATIS. Wakil Presiden RI periode  2004-2009, dan periode 2014-2019, adalah Dr.(H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, tetapi nama lengkap tersebut jarang sekali kita baca di media massa. Paling banter ditulis Wapres Jusuf Kalla, bahkan lebih sering disingkat menjadi Wapres JK. (Kompilasi foto oleh Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


CIRI BAHASA JURNALISTIK. Kata-kata yang singkat, padat, sederhana, dan lugas itu adalah ciri bahasa jurnalistik. Selain singkat, padat, sederhana, dan lugas, masih ada lagi beberapa ciri bahasa jurnalistik, antara lain menarik, jelas, demokratis, dan logis.


ISOLASI MANDIRI. Sebanyak 30 petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padjonga Dg. Ngalle Takalar, menjalani isolasi mandiri dan pemeriksaan swab karena memiliki riwayat kontak dengan salah seorang pasien Covid-19 atau virus corona. (ist)


PASAR LIMBUNG. Penulis bersama seorang tukang parkir, di Pasar Limbung, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Rabu, 15 April 2020. (Swafoto: Zulfauzi Halimin)


“Nabilang Daeng Lurang, mauku’ tong itu kurasa menyumbang kepada orang-orang yang kehilangan pekerjaan, orang-orang yang dirumahkan, orang-orang menderita hidupna akibat adanya wabah virus corona dan adanya pembatasan sosial, serta adanya imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah,” tutur Daeng Nappa’. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

MULAI SENIOR. Kami bertiga, saya (paling kiri, dulu wartawan Harian Pedoman Rakyat, sekarang di Majalah PEDOMAN KARYA / www.pedomankarya.co.id), Ocha Alim Bachri (tengah, Redaktur Foto Harian Tribun Timur), dan Imran Sakti Silondae (TVRI Sulsel), bertemu di Cafe The Bos, Jl Lamadukelleng, Makassar, Sabtu, 13 April 2019. (Dokumentasi pribadi)


BANTUAN APD. Yayasan Dana Paramita Buddha Maitreya Indonesia atau Paramita Foundation memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) melalui Tim Satgas Covid-19 Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.(ist)


MAIN BULUTANGKIS. Ujung jalan lorong di belakang kampus Universitas Cokroaminoto, Makassar, Waesabbe, Tamalanrea, ditutup selama pandemi virus corona, sehingga warga sekitar dapat berolahraga pada pagi dan sore hari. Pemandangan ini diabadikan pada Selasa sore, 14 April 2020. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

HAK PATEN. Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin Daud Malago, memberi apresiasi kepada perguruan tinggi swasta (PTS) yang turut berpartisipasi memberikan bantuan kepada pemerintah dan masyarakat untuk penananganan atau mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 atau virus corona.


PERBATASAN. Pemkab Takalar mendirikan empat Posko Siaga Covid-19 di perbatasan Takalar-Jeneponto, perbatasan Takalar-Gowa, dan perbatasan Takalar-Makassar. (ist)


KONGRES BAHASA pertama pada tahun 1938 di Solo, Jawa tengah, juga merupakan hasil gagasan dan perjuangan dua wartawan muda ketika itu, yakni Soemanang dan Soedarjo Tjokrosisworo.