Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


“Presiden bilang, mudik itu di hari lebaran,” ujar Daeng Nappa’.
“Kalau begitu, pulang kampung itu karena kehabisan uang, sedangkan mudik itu untuk menghabiskan uang?” tanya Daeng Tompo’ sambil tertawa dan keduanya pun tertawa-tawa. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

Selama ini, masyarakat sudah patuh melaksanakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, mereka sudah berupaya menjaga jarak (social distancing), mengurangi bahkan meniadakan acara yang bisa mengundang kerumunan, mereka sudah bekerja dari rumah, namun demikian, sebagian lagi masyarakat kita masih kepala batu dan enggan menaati imbauan pemerintah. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


“Ada tong orang yang merasa lebih pintar dari ulama, padahal dia bukan alumni pesantren, bukan ahli agama, dan hafalan Al-Qur’annya mungkin tidak sampai satu juz,” kata Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat ngobrol-ngobrol sore sambil menunggu buka puasa di teras rumah Daeng Tompo’. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


ISOLASI MANDIRI. Camat Ujungbulu, Bulukumba, Andi Gatot A Oentoeng (paling kanan), menjalani isolasi mandiri bersama beberapa anggota tim pengamanan dan tim kesehatan, di Hotel Agri, Bulukumba. (ist)

BAGIKAN SEMBAKO. Ketua Brigade 08 DPD DKI Jakarta, Marwan Aras, bersama sejumlah anggotanya membagikan sembako langsung ke rumah-rumah warga di Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat, 24 April 2020. (ist)


DIRIKAN SEKOLAH. Setelah menikah pada tanggal 12 November 1903, RA Kartini, oleh sang suami diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor Kabupaten Rembang. Di sekolah yang didirikannya itulah, ia bersama saudaranya mengumpulkan anak-anak perempuan untuk diajar membaca, menulis, dan berhitung. (int)

BERSAMA SAUDARA. RA Kartini (paling kiri) foto bersama dua saudara perempuannya, Kardinah (tengah), dan Roekmini. (int)

Easy Eddie adalah seorang pengacara hebat di Amerika Serikat pada zamannya. Saking hebatnya, sampai-sampai bos mafia di Chicago, AS, Al Capone, menyewa Easy Eddie sebagai pengacara tetapnya, dan Al Capone pun selalu lolos dari jeratan hukum berkat kepiawaian Easy Eddie.

Butch O’Hare adalah salah satu Lieutenant Commander Angkatan Laut, setara dengan Mayor, di Angkatan Laut Amerika Serikat, pada Perang Dunia II. Dia seorang pilot dan ditugaskan sebagai penerbang tempur yang berpangkalan di kapal induk Lexington. (Foto: Wikipedia)


PAKET SEMBAKO. Ketua DPD Brigade 08, Marwan Aras, menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada Ketua DPC Jakarta Barat, Dedi Irawan, di markas komando Brigade 08 DPD DKI Jakarta, Rabu, 22 April 2020. (ist)


"Berarti sekarang karena masih jauh lebaran, bebasji orang kemana-mana, tidak adaji larangan. Bebasji orang pulang kampung. Ayo'mi padeng, besok kita pulang kampung," kata Daeng Tompo' sambil tertawa dan keduanya pun tertawa-tawa. (int)


Kaget juga membaca judul berita sebuah media daring, yang ditayangkan Sabtu dini hari, 14 September 2019, karena judul beritanya cukup menggelikan. Judul beritanya, “Jenazah TKI Asal Aceh Tamiang Yang Meninggal Di Malaysia, Mendarat di Aceh.” (int)

Banyak sekali definisi berita atau “news”. Ada yang mengatakan bahwa “news” merupakan singkatan dari empat kata, yakni “north” (utara), “east” (timur), “western” (barat), dan “south” (selatan). Artinya, berita itu berasal dari berbagai penjuru atau ada di berbagai penjuru.


SANTAI. Beberapa guru SD Negeri Borong, Makassar, Selasa, 21 April 2020, mengikuti pelatihan Highly Functioning Education Consultang Services (HAFECS) secara daring. Peserta kegiatan ini sebanyak 250 orang dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Yogyakarta, NTT, Bandung, Jakarta, dan Makassar. 


BANTUAN APD. Lions Clubs International Distrik 307 B2 Indonesia bersama Lions Clubs International Foundation (LCIF) menyerahkan donasi Peduli Covid-19 ke Posko Gugus Tugas Covid-19 di Jl Nikel, Balai Mutiara, Makassar, Selasa, 21 April 2020. (int)


Saya agak kaget membaca judul etalase sebuah harian. Judulnya: "KEPINCUK MURAL". Saya kaget, karena setahu saya, kata yang sering dipakai yaitu "kepincut", bukan "kepincuk.'


“Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. Kutipan ini menarik, karena banyak (orang yang) mengaku wartawan tapi tidak teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. Apa ada pasal lain yang mengatur sampai kapan seorang wartawan tidak melaksanakan kegiatan jurnalistik dan dinyatakan gugur gelar (status) kewartawanannya?” (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Kata selingkuh termasuk kata sifat (adjektiva), bukan kata kerja (kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan; kata kerja). Dengan begitu, maka kata "selingkuh" atau "berselingkuh" tidak cocok disandingkan dengan kata "sedang."

Makna kata di antaranya yaitu menunjukkan beberapa di antara sekian banyak, misalnya: Dari 11 pemain Timnas PSSI yang jadi starter pada Pra Piala Dunia, dua di antaranya adalah pemain PSM Makassar”. Kalau memang hanya dua orang yang akan disebutkan, maka tentu tidak cocok menggunakan kata, .. di antaranya..

Wartawan memang dituntut memberitakan sebuah peristiwa pada kesempatan pertama, tetapi prinsip kehati-hatian tetap perlu dikedepankan. Menulis judul berita misalnya, sebaiknya jangan sekadar mencari cara praktisnya karena ingin tercepat memberitakan.


Apa itu maksudnya SETELAH SEBELUMNYA? Kata SETELAH, menunjukkan peristiwa yang akan terjadi, sedangkan kata SEBELUMNYA, menunjukkan peristiwa yang sudah terjadi, peristiwa lampau. Bagaimana bisa digabung keduanya? Lalu apa maknanya kalau kedua kata itu digabung? saya balik bertanya