Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


“Banyak toko ditutup paksa, bahkan ada yang dicabut izin usahanya, karena mereka melanggar aturan PSBB. Dan sebagian kasus seperti itu didahului pertengkaan dan keributan antara Satpol PP dengan pemilik, karyawan, atau sekuriti toko,” lanjut Daeng Nappa’.


Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi auliya’ dengan meninggalkan orang-orang mu’min. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu). (QS An-Nisa/4: 144)


ADAGIUM. Ada dua adagium klasik dalam dunia jurnalistik, yang hingga kini masih banyak wartawan maupun media massa yang “memakai” atau menjadi “penganut” kedua adagium itu. Adagium pertama yaitu good news is bad news, bad news is good news. Berita baik adalah berita buruk, berita buruk adalah berita baik.


KB KELILING. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Andi Ritamariani, melepas Tim Pelayanan KB Keliling Cegah Putus Pakai Kontrasepsi yang dirangkaiakan kegiatan Wawar Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Cegah Covid-19 dan Tunda Hamil di masa Pandemi Covid-19, di Kantor BKKBN Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Jumat, 08 Mei 2020. (ist)


Wahai orang-orang yang beriman! Berimanlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (QS An-Nisa/4: 136)


KAPOLDA SULSEL, Irjen Pol Mas Guntur Laupe, didampingi Bupati Takalar Syamsari Kitta, memberikan penjelasan di Posko Induk dan Media Centre Public Safety Center Dinas Kesehatan Takalar, seusai melakukan pengecekan dan pemantauan kesiapan personil pengamanan Posko Covid-19, di Takalar, Rabu, 06 Mei 2020. (ist)


Satu komentar untuk buku berjudul: “Idrus A Paturusi, Dokter di Medan Lara”, terutama bagi penyuka baca buku tentang kisah petualangan: Wajib Baca!

Karena petualangan yang sesungguhnya tersaji dalam buku biografi ini, yang berkisah tentang petualangan kemanusiaan di berbagai lokasi bencana oleh kumpulan dokter yang dimotori oleh Prof Idrus Paturusi (mantan Rektor (Universitas Hasanuddin / Unhas, Makassar, red).

Tidak ada yang menginginkan berada dalam kondisi seperti ini. Situasi dimana semua serba terbatas. Namun apa daya, wabah Covid-19 ini memang menjadi tantangan dan harus kita hadapi dengan disiplin dan sabar. (Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb)


MENGECEWAKAN DAN MERUGIKAN. Pelayanan di kantor BNI (Bank Negara Indonesia) Cabang BTP (Bumi Tamalanrea Permai) Makassar tidak maksimal kepada nasabahnya, dan saya mengalaminya ketika melakukan transaksi Senin, 04 Mei 2020. (ist)


Pada akhir April hingga awal Mei 2020, masyarakat pers dihebohkan karena ada sertifikasi pelatihan penulisan jurnalistik prakerja melalui Ruang Guru secara daring. Bagi mereka yang sudah diterima pada program ini, saya sarankan lebih memilih program menjadi Youtuber atau influencer agar bisa membuka lapangan kerja mandiri. 

“Kekuasaan itu memang menggoda Daeng Nappa’ dan banyak orang yang tergoda, jadi hati-hatiki’ kita’ kalau mauki’ jadi penguasa,” kata Daeng Tompo’ sambil tersenyum.
“Ah, kita’ ini cocoknya jadi penguasa warkopmaki’ saja,” kata Daeng Nappa’ sambil tertawa dan keduanya pun tertawa-tawa. (int)


BANTUAN APD. Bupati Takalar Syamsari Kitta (tengah) menerima bantuan APD secara simbolis dari Dandim 1426/Takalar Letkol Inf Ilham Yunus, di Posko Induk dan Media Centre Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Takalar, Senin, 04 Mei 2020. (ist)


KACAU BALAU. Hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa, Senin, 04 Mei 2020, arus lalu lintas langsung kacau-balau. Itu terlihat di perbatasan Gowa - Makassar, tepatnya di perempatan Jl Sultan Hasanuddin Gowa, Jl Syech Yusuf Makassar, Jl Sultan Alauddin Makassar, dan Jl Malengkeri Makassar. (Foto: Basri Pabottingi)


“Nabilang, di saat banyak orang berbagi untuk sesama karena banyak orang yang susah dengan adanya wabah virus corona dan pembatasan sosial berskala besar, eh kita justru dikurangi gajita’,” kata Daeng Nappa’ menirukan ucapan Daeng Mangung.


“Menurut beliau, sebutan kiyai itu tidak mudah untuk disandang, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seorang ustadz untuk bisa disebut kiyai,” jelas Daeng Nappa’.
“Dan ustadz senior itu merasa belum memenuhi syarat untuk disebut kiyai?” tanya Daeng Tompo’. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

BANTU TUNANETRA. Fakultas Keperawatan Unhas Makassar menyerahan bantuan logistik dan media edukasi kepada seratusan tunanetra di Makassar melalui Program Bina Desa Fakultas Keperawatan Unhas yang berfokus pada masyarakat penyandang tunanetra. (ist)