Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


Wartawan kadang-kadang lupa bahwa berita yang dibuat itu sejatinya untuk disajikan kepada pembaca, bukan dipersembahkan kepada “Yang Mulia Raja.”



Bukan badik yang ada di pinggang
Bukan badik yang ada di tangan
Badik ada di jiwa
Bersarung hati, bersenandung nurani


Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syeithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (QS Al-Maidah / 5: 90)


PermataBank meluncurkan produk PermataTabungan  iB Haji yang dapat dibuka dengan mudah melalui PermataMobile X. Calon nasabah dapat dengan mudah membuka rekening Syariah, salah satunya PermataTabungan iB Haji, dengan aman, terutama di tengah pandemi Covid-19, tanpa harus datang ke cabang.


“Tata’, cepatki’ kodong. Liatki’ di belakangta’, panjangnamo antrian. Di belakang orang sudah mulai tidak sabar. Natungguiki’. Apakah kita cari’? tanya seorang tamu yang berdiri di belakang kakek itu sambil mencolek bahu si kakek,” kata Daeng Tompo’. (int)


TIDAK BENAR. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugrah Y Rundupadang, membantah kabar mengenai 30 orang positif corona yang beberapa waktu lalu mudik ke kampung masing-masing, kini disebut berhasil masuk kembali Toraja Utara melalui perbatasan Buntu Buaya. (ist)


Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (Al Mâidah/5: 87)


BERBAHAYA. Ajiep Padindang (tengah) duduk berdampingan dengan AM Iqbal Parewangi (paling kiri) dan Bahar Ngitung, sebagai sesama Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan periode 2014-2019. (Foto diambil dari akun Facebook Ajiep Padindang)


KLARIFIKASI. Asisten I Bidang Pemerintahan Samuel Samperompon (paling kiri), Juru Bicara Tim Gugus Covid-19 Toraja Utara, Anugerah Yayah Rundupadang (tengah), dan Kadis Kesehatan Toraja Utara Elisabet Zakaria, memberikan klarifikasi pada acara konferensi pers, di Kantor Bupati Toraja Utara, Kamis, 28 Mei 2020. (ist)


UBI GORENG. Ajiep Padindang menyantap ubi jalar goreng lengkap dengan sambel tomat dan terasi, serta segelas kopi campur jahe sachet, di kediaman pribadinya di Makassar, Kamis pagi, 28 Mei 2020. (Dokumentasi pribadi)

CELENGAN KARDUS. Dua jamaah perempuan tampak membawa celengan kardus yang diperuntukkan bagi jamaah yang akan berinfak pada pelaksanaan shalat ied, di Masjid Nurul Takwa, Dusun Kokowa, Desa Bontobiraeng Utara, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Ahad, 24 Mei 2020. (Foto: Rahayu Umrayani)


Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengambil jadi auliyâ’, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi Kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman. (Al Maidah/5: 57)


PEBENTOR. Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 berinisial CN, yang sehari-hari bekerja sebagai pabentor alias tukang bentor di Toraja Utara, meninggal dunia Selasa malam, 26 Mei 2020, di RSUD Padjonga Dg. Ngalle Takalar, dan kemudian dimakamkan dengan prosedur Covid-19 di Pemakaman Khusus Jalan Poros Macanda, Kelurahan Romangpolong, Somba Opu, Gowa, Rabu dini hari, 27 Mei 2020. 


“Bisa-bisana itu pemerintah bicara new normal. Bukan cuma masih bertambah kasus positif corona, tapi keadaan juga masih jauh dari normal. Aktivitas perkantoran belum normal, kampus dan sekolah masih libur, tarif listrik tiba-tiba naik, dan iuran BPJS naik,” sebut Daeng Tompo’.


Wahai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu ada yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mu’min, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikannya kepada siap yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS Al Maidah/5: 54)


HALAL BIHALAL. Rektor UNM Prof Husain Syam memberikan sambutan pada acara halal bihalal via aplikasi zoom di internet yang “dihadiri” para wakil rektor, Ketua Senat Sulaiman Samad, Direktur Program Pascasarjana Prof Hamsu Abdul Gani, Kepala L2Dikti Wilayah IX Sulawesi Prof Jasruddin, serta puluhan sivitas akademika lainnya.dihadiri , Selasa, 26 Mei 2020.(ist)


“Tidak enak memang, apalagi ternyata adatongji warga yang melaksanakan shalat ied di masjid dan bahkan ada yang melaksanakan shalat ied di lapangan, sementara kita shalat ied di rumah masing-masing,” timpal Daeng Tompo’. (Foto: Asriadi Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


BANTUAN AMCF. Dua KK di Kabupaten Gowa telah menerima bantuan rumah layak huni dari AMCF, pada Selasa, 19 Mei 2020, sedangkan dua KK di Makassar dan empat KK di Sinjai akan segera mendapatkan bantuan yang sama. (ist)


SHALAT ID. Warga Parangtambung, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, berbondong-bondong menuju Masjid Haqqul Yakin, Ahad, 24 Mei 2020, guna melaksanakah shalat Idul Fitri 1441 H. (Foto: Hasnia)


TERASA LAIN. Suasana lebaran tahun 2020 ini terasa agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya masyarakat dapat melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan bergabung dengan warga lainnya dari beberapa kampung berbeda, kini mereka hanya shalat berjamaah di masjid. (Foto: St Jasmani)


SHALAT IED. Warga Desa Barua, Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng, melaksanakan shalat ied, di Masjid Al-Muhajir Barua, Ahad, 24 Mei 2020. Pelaksanaan shalat ied diikuti terbatas oleh warga setempat. (Foto: Evi Sulfiani)

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasara menjadi auliya’, sebahagian mereka adalah auliya’ bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (QS Al-Maidah/5: 51)