Nelayan dan Petambak Takalar Peroleh Bantuan Peralatan Bubu Kepiting, Jaring Insang, dan Handline

BANTUAN PERALATAN. Bupati Takalar, Syamsari Kitta, memberikan kata sambutan seusai memberikan bantuan peralatan kepada puluhan perwakilan kelompok nelayan, di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangara’bombang, Takalar, Kamis, 12 Agustus 2021. (ist)




-------

 


Nelayan dan Petambak Takalar Peroleh Bantuan Peralatan Bubu Kepiting, Jaring Insang, dan Handline

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Puluhan kelompok nelayan dan petambak di Kabupaten Takalar memperoleh bantuan peralatan bubu kepiting, jaring insang, alat pancing ulur hand line, jarring kepiting, dan jarring tambang.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Takalar, Syamsari Kitta, kepada perwakilan kelompok nelayan, di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangara’bombang, Takalar, Kamis, 12 Agustus 2021.

Bantuan bubu kepiting diberikan kepada lima kelompok, yakni Kelompok Karya Usaha Baru, Singara Mabaji, Pabbulo Sibatang, Kepiting Emas, dan Sumber Laut.

Bantuan Jaring Insang (gill net) diberikan kepada sebelas kelompok yakni Kelompok Amanah, Takdir Ilahi, Juku Kaneke, Punaga Bersinar, Kalimbungan, Pesisir Nusantara, Jaya Abadi, Sejahtera Abadi, Citra Bahari, Sahra Bahari, dan Minas Galumbaya.

Ada pula bantuan cool box untuk Kelompok Kerang Jaya, bantuan alat pancing ulur handline untuk Kelompok Aeng Towa, bantuan jaring kepiting untuk kelompok Kassi Lompo Jaya, Sikuyu Balasa, dan Labbotallua, serta bantuan jaring tembang diberikan kepada Kelompok Minasa Bone.

Selain bantuan tersebut, ada juga bantuan pancing rawai dasar, bantuan pancing rawai hanyut, bantuan paket perahu, bibit ikan bandeng, budidaya ikan lele, bibit udang, sarana sistem polykultur, bantuan budidaya ikan hias air tawar, dan bantuan bibit ikan gurame.

“Negara memberikan kita bantuan untuk menjadi motivasi agar lebih berkembang ke depannya. Tahun lalu bantuannya hanya sekitar satu miliar rupiah, tahun ini lebih banyak yaitu sekitar tiga miliar rupiah. Itu artinya lebih banyak yang bisa kita perhatikan, tapi pesan saya, yang diberi perhatian harus menjadi contoh untuk yang lain,” kata Syamsari.

Ia juga meminta warga untuk kompak bersama pemerintah meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup melalui berbagai usaha.

“Jadi kalau usaha perikanannya lancar, pertaniannya lancar, ditambah kawasan industrinya terbangun, insya Allah pertumbuhan ekonomi kita juga akan bagus,” kata Syamsari

Untuk diketahui, bantuan sarana dan prasarana untuk nelayan ini merupakan realisasi salah satu dari 22 Program Prioritas Pemkab Takalar di bawah pemerintahan Bupati Syamsari Kitta dan Wakil Bupati Haji De’de.

Bantuan sarana prasarana nelayan dan budidaya rumput laut ini telah bergulir sejak tahun 2018 hingga saat ini, sebagai wujud perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. (Hasdar Sikki)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama