Lima Mahasiswa Asal Thailand Laksanakan PPL di UNM


PERTUKARAN MAHASISWA. Rektor UNM Prof Husain Syam (keempat dari kiri) foto bersama Ketua UPT PPL UNM Widya Karmila Sari Acmad (ketiga dari kanan), serta lima mahasiswa asal Thailand, di Ruang Kerja Rektor UNM, Menara Pinisi Kampus UNM, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin, 13 Agustus 2018. (ist)




--------
Selasa, 14 Agustus 2018

Lima Mahasiswa Asal Thailand Laksanakan PPL di UNM

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Lima mahasiwa asal Thailand melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama satu bulan di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM).
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang mereka lakukan itu merupakan bagian dari Program Pre-service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) Batch 6th, atau program pertukaran mahasiswa jurusan kependidikan untuk melakukan praktik mengajar di negara-negara ASEAN.

Kelima mahasiswa asal Thailand tersebut iterima secara resmi oleh Rektor UNM, Prof Husain Syam, di Ruang Kerja Rektor UNM, Menara Pinisi Kampus UNM, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin, 13 Agustus 2018.

Ketua UPT PPL UNM Widya Karmila Sari Acmad yang mendampingi kelima mahasiswa asal Thailand saat diterima Rektor UNM, mengatakan, mahasiswa asal Thailand akan berada di UNM selama satu bulan dan melakukan berbagai kegiatan PPL, yakni kampus orientasi, culture orientasi, taecing preparation, dan evalutiom end reflection teaching.

“Ini adalah pertukaran mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan. Mereka ada namanya kampus orientasi, culture orientasi, taecing preparation, dan evalutiom end reflection teaching," jelas Widya Karmila.

Rektor UNM Prof Husain Syam, menyambut baik kehadiran kelima mahasiswa tersebut, dan berharap bisa belajar banyak dan berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa yang ada di UNM.
"Kegiatan ini merupakan hal yang baik, karena para mahasiswa dari mancanegara bisa belajar dan merasakan atmosfer akademik yang ada di UNM. Senin, mahasiswa kita yang berangkat ke luar negeri, juga bisa merasakan atmosfer akademik di sana, sehingga mereka melihat bagaimana kultur akademik utamanya sistem pendidikan yang terbangun," tutur Husain.

Dari laporan Ketua UPT PPL Widya Karmila Sari Acmad, sebanyak tujuh mahasiswa UNM, juga sedang melaksanakan PPL pada beberapa perguruan tinggi di Thailand.

Ke-7 mahasiswa itu, ialah Dyah Maulinda dari Fakultas MIPA, Yola Ivonny Hariyanto, Siti Hardiyanti Triana, Nurkhalisha, Widyarti Az-Zahra, Eka Saputri Idrus, dan Anisa Nuryana Pratiwi, semuanya dari Fakultas MIPA.

"Ketujuh mahasiswa UNM yang tengah melakukan PPL selama sebulan di Thailand, akan kembali pada awal September mendatang," kata Widya.

Widya menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan berharap para mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman akademik dalam mengenal sistem pendidikan dan kebudayaan negara lain.

"Yang pertama kita menyambut Masyarakat Ekonomi Asean, ketika ruang ekonomi itu sangat terbuka kepada siapa saja untuk bisa bekerja dimana saja. Jadi membuka peluang kepada anak-anak, dan tentu pengalaman mereka kemudian dijadikan portofolio untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri. Manfaat lain yaitu mereka mengenal budaya dan sistem pendidikan yang ada di negara lainnya," tambah Widya. (met)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama