Dosen FKIP Unismuh Didorong Urus Pangkat Akademik Hingga Jadi Profesor

BIMTEK. Suasana Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional Dosen Asisten Ahli menuju Lektor, di Mini Hall FKIP Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Selasa, 8 Juni 2021. Inzet: Dekan FKIP Erwin Akib PhD.


 




--------

Selasa, 08 Juni 2021

 

 

Dosen FKIP Unismuh Didorong Urus Pangkat Akademik Hingga Jadi Profesor

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar didorong mengurus pangkat akademik atau jabatan fungsional dari asisten ahli ke lektor, dan dari lektor hingga guru besar alias profesor.

“Target kami, dalam periode kepemimpinan saya, tidak ada lagi dosen FKIP (Unismuh Makassar) yang asisten ahli. Minimal semuanya berpangkat lektor. Yang sudah lektor, kita dorong agar segera mengurus lektor kepala, dan seterusnya hingga jadi profesor atau guru besar,” tandas Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib PhD.

Penegasan tersebut ia kemukakan saat memberikan sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional Dosen Asisten Ahli menuju Lektor, di Mini Hall FKIP Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Selasa, 8 Juni 2021.

“Pengembangan SDM Unggul menjadi prioritas utama di FKIP Unismuh. Apalah arti sarana dan prasarana yang bagus kalau tidak diimbangi dengan SDM dosen yang berkualitas,” kata Erwin yang alumni Program Doktoral (S3) Universitas Teknologi Malaysia.

Bimtek yang digelar selama dua hari itu dirancang dengan memadukan format pengajuan usulan kenaikan pangkat dengan aplikasi pengunggahan dokumen langsung ke aplikasi SIPINTER yang telah disiapkan Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI) Wilayah IX.

Dewasa ini, jumlah dosen FKIP Unismuh yang telah memiliki jabatan fungsional asisten ahli sebanyak 132 orang, dan Lektor 57 orang, sedangkan jumlah Lektor Kepala 14 orang, dan Guru Besar dua orang.

 

FKIP Berdaya Saing Tinggi

 

Pada periode kepemimpinan kedua sebagai Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib mengusung visi “FKIP Berkemajuan dan Berdaya Saing Tinggi melalui Penguatan Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang Berbasis Kemanusiaan.”

Guna mencapai visi tersebut, Erwin menargetkan predikat unggul pada beberapa aspek, antara lain SDM dosen, prestasi mahasiswa, dan akreditasi program studi.

“Semoga langkah kecil ini, dapat memberikan sumbangsih menuju Unismuh sebagai Kampus Unggul Tahun 2024,” kata Erwin.

FKIP Unismuh saat ini membina 11 Program Studi S1, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Biologi.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Selain itu, juga ada Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bahasa Inggris dan PPG Bahasa Indonesia. (zak)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama