Di Antaranya


Makna kata di antaranya yaitu menunjukkan beberapa di antara sekian banyak, misalnya: Dari 11 pemain Timnas PSSI yang jadi starter pada Pra Piala Dunia, dua di antaranya adalah pemain PSM Makassar”. Kalau memang hanya dua orang yang akan disebutkan, maka tentu tidak cocok menggunakan kata, .. di antaranya..



---------

PEDOMAN KARYA
Senin, 20 April 2020


BAHASA JURNALISTIK


Di Antaranya



Cukup sering kita membaca berita yang di dalam kalimatnya terdapat kata .. di antaranya.. (DI dan ANTARANYA harus dipisah, karena kata ANTARANYA menunjukkan tempat).

Makna kata di antaranya yaitu menunjukkan beberapa di antara sekian banyak, misalnya: Dari 11 pemain Timnas PSSI yang jadi starter pada Pra Piala Dunia, dua di antaranya adalah pemain PSM Makassar.

Kalau memang hanya dua orang yang akan disebutkan, maka tentu tidak cocok menggunakan kata, .. di antaranya..

Salah satu alinea berita yang dimuat sebuah koran harian terbitan Makassar, edisi Rabu, 14 Agustus 2019, tertulis seperti ini, Hari ini ada dua kepala sekolah kita copot, diantaranya Kepsek SMA 1 dan SMA 5 Makassar, ujar Irman, Selasa (13/8).

Kata yang cocok adalah yaitu, bukan di antaranya. (Sekali lagi, DI harus terpisah dengan ANTARANYA)

Mungkin ini memang ucapan langsung Irman Yasin Limpo selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, tapi reporter atau redaktur seharusnya mengoreksi atau mengubah kata yang salah, yakni kata .. di antaranya.. menjadi yaitu.”

Kalau kata yang salah itu tidak diubah, maka sebagian orang (pembaca berita) mungkin akan menganggapnya benar dan tidak ada masalah.

Mohon maaf ini hanya curhat seorang pembaca dan penikmat berita, he..he..he.. (asnawin)

-------
Baca juga:

Menulis Judul Berita 

Setelah Sebelumnya 

Mukena 
 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama