Warga Parangtambung Makassar Tetap Gelar Shalat Id di Tengah Pandemi Covid-19


SHALAT ID. Warga Parangtambung, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, berbondong-bondong menuju Masjid Haqqul Yakin, Ahad, 24 Mei 2020, guna melaksanakah shalat Idul Fitri 1441 H. (Foto: Hasnia)






--------
Senin, 25 Mei 2020


Warga Parangtambung Makassar Tetap Gelar Shalat Id di Tengah Pandemi Covid-19



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Di tengah wabah global atau pandemi virus corona atau Covid-19 dan adanya imbauan dari ulama agar umat Islam melaksanakan shalat id di rumah masing-masing bersama keluarga, warga Parangtambung, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, tetap melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H, di sekitar Masjid Haqqul Yakin, Ahad, 24 Mei 2020.

Jumlah warga yang mengikuti shalat id bahkan jauh melebihi kapasitas masjid sehingga sebagian besar dari mereka pun terpaksa menggelar sajadah di jalanan sekitar masjid.

Pelaksanaan shalat id ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi jamaah Masjid Haqqul Yakin, tapi ternyata jumlah jamaah jauh melebihi kapasitas masjid.

Meskipun demikian, pelaksana shalat id tetap mengimbau para jamaah agar mengikuti protokol kesehatan, antara lain memakai masker, membawa sajadah sendiri dari rumah, dan tidak bersalaman sebelum atau sesudah shalat.

Bagi warga yang tidak membawa masker atau lupa mengenakan masker dari rumah, akan diberikan masker pada saat tiba di tempat pelaksanaan shalat. Kemudian, saat ingin masuk di area tempat pelaksanaan salat idul fitri, warga diberikan semprotan hand zanitizer pada tangannya.

Warga pun melaksanakan salat idul fitri dengan suasana yang berbeda, tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, aura kebahagiaan warga tetap terpancarkan untuk melaksanakan salat idul fitri di sekitar Masjid Haqqul Yakin.

Laporan: Hasnia
(Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Unismuh Makassar)
Editor: Asnawin Aminuddin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama