Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Damkar Takalar Tangani 68 Kebakaran, Termasuk di Gowa dan Jeneponto


Pedoman Karya 10:29 PM 0


SOSIALISASI. Dinas Satuan Polisi Pamong Praja & Pemadam Kebakaran Kabupaten Takalar melaksanakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, yang diikuti 22 wartawan dari berbagai media massa, di Hotel Lynt, Jl Bau Mangga, Makassar, Ahad, 29 November 2020. (ist)




-----------

Selasa, 01 Desember 2020

 

 

Damkar Takalar Tangani 68 Kebakaran, Termasuk di Gowa dan Jeneponto

 

 

-         Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Dinas Satuan Polisi Pamong Praja & Pemadam Kebakaran Kabupaten Takalar, menangani 68 kebakaran sepanjang Januari hingga November 2020.

“Itu termasuk bantuan penanganan kebakaran di Gowa dan Jeneponto. Khusus di Jeneponto, kami mengirimkan dua unit mobil Damkar saat terjadi kebakaran di Pasar Karisa,” ungkap Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Takalar, Muhammad Said.

Hal itu ia kemukakan kepada Pedoman Karya, seusai membawakan materi pada acara Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, di Hotel Lynt, Jl Bau Mangga, Makassar, Ahad, 29 November 2020.

“Tahun lalu ada sekitar 130 kejadian kebakaran rumah dan lahan, tahun ini tercatat 68 kali,” sebut Muhammad Said.

Dia merinci jumlah anggota atau personil bidang Damkar yakni sebanyak 86 orang, terdiri atas 75 personil non-PNS, dan 12 personil berstatus PNS.

Peralatan yang dimiliki yakni tujuh (7) unit kendaraan, terdiri atas satu (1) unit mobil tangki berkapasitas 5000 liter air, tiga (3) unit mobil berkapasitas 3000 liter air, satu (1) unit mobil penembak, serta satu (1) unit mobil komando.

“Alhamdulillah, anggota kami selalu siap terjun ke lapangan bila terjadi kebakaran,” tegas Muhammad Said.

Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, di Hotel Lynt, Jl Bau Mangga, Makassar, dilangsungkan selama dua hari, yakni Sabtu dan Ahad, 28 dan 29 November 2020.

Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bupati Takalar Syamsari Kitta via zoom, dan dihadiri Kadis Satpol PP dan Damkar, Alwi Rahman, serta 22 wartawan dari berbagai media.

 

Penyuluhan dan Pelatihan

 

Syamsari dalam sambutannya mengingatkan Kasatpol PP dan Damkar bahwa di tengah keterbatasan peralatan Damkar, pihak Damkar bisa memanfaatkan mobil Puskesmas yang dipakai untuk mensosialisasikan secara berkeliling, juga sering-sering melakukan penyuluhan kepada masyarakat, termasuk di masjid-masjid.

“Damkar juga bisa bekerja sama dengan para Kepala Desa dan Lurah mengadakan pelatihan keterampilan mengatasi bencana kebakaran,” ujar Syamsari.

Mantan Anggota DPRD Sulsel dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu kemudian menceritakan bahwa dirinya pernah menghadiri undangan oleh Konsul Jepang, dan disampaikan bahwa di Jepang, anak-anak Sekolah Dasar (SD) sudah diajari cara-cara menangani bencana, terutama kebakaran.

“Kita berharap Damkar Takalar melakukan inovasi memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anak secara dini tentang cara menghadapi dan mengatasi bila terjadi kebakaran,” tutur Syamsari.


Peran Media Massa

 

Kasatpol PP dan Damkar Takalar, Alwi Rahman, mengatakan, dalam dua tahun terakhir tampak sekali lompatan kemajuan kinerja OPD yang dipimpinnya, terutama dari segi kedisiplinan personil Satpol PP dan Damkar.

“Lompatan capaian kemajuan kinerja ini juga bantuan dan kerjasama dengan TNI dan Polri,” kata Alwi.

Khusus kepada wartawan yang menjadi peserta sosialisasi, Alwi berharap bantuan dan kerjasamanya dalam mensosialisasikan berbagai macam informasi terkait pencegahan bahaya kebakaran, serta informasi penanggulangan kebakaran.

“Kami tentu saja berharap teman-teman wartawan dapat selalu bersama-sama dengan kami, membantu melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran, dan menyebarkan informasi mengenai penanggunalangan kebakaran yang dilakukan Dinas Satpol PP dan Damkar, khususnya bidang Damkar,” tutur Alwi Rahman. (Hasdar Sikki)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply