Apa dan Siapakah Itu Wartawan?


"Nabilang, wartawan itu orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik," jawab Daeng Nappa'. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


-----

PEDOMAN KARYA

Ahad, 31 Januari 2021


Obrolan Daeng Tompo' dan Daeng Nappa':



Apa dan Siapakah Itu Wartawan?



"Tadi siang saya diajak seorang teman wartawan ke sebuah hotel untuk ngopi, ternyata di sana ada konferensi pemilihan ketua pengurus sebuah organisasi wartawan," tutur Daeng Nappa' kepada Daeng Tompo' saat jalan bersama keluar dari masjid seusai shalat isya berjamaah.

"Jadi apa-apaimi itu kita obrolkan?" tanya Daeng Tompo'.

"Saya tanya, apa dan siapakah itu wartawan?" ungkap Daeng Tompo'.

"Jadi apa nabilang temanta'?" tanya Daeng Tompo'.

"Nabilang, wartawan itu orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik," jawab Daeng Nappa'.

"Apa itu kegiatan jurnalistik?" tanya Daeng Tompo'.

"Saya juga tanya begitu, dia bilang, kegiatan jurnalistik itu kegiatan mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi melalui media massa," tutur Daeng Nappa'.

"Oh, artinya wartawan itu orang yang secara rutin menulis berita," kata Daeng Tompo'.

"Begitulah kira-kira," kata Daeng Nappa' sambil tersenyum

"Bagaimana kalau dia tidak pernah bikin berita? Bagaimana kalau dia tidak pernah meliput berita di lapangan? Bagaimana kalau ada orang yang mengaku wartawan, punya kartu pers dari perusahaan pers, punya kartu tanda anggota dari organisasi profesi wartawan, tapi kita tidak pernah atau jarang baca karya-karya jurnalistiknya?" tanya Daeng Tompo'.

""Deh, banyakna itu pertanyaanta'. Nantipi kukasi' ketemuki' sama temanku', tanya'maki' langsung sama dia nanti," kata Daeng Nappa' masih sambil tersenyum. (asnawin)

-----

Ahad, 31 Januari 2021

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama