Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Desa Allakuang Sidrap Kini Punya Galeri Seni Batu Ukiran


Pedoman Karya 5:21 PM 0

GALERI SENI. Dosen Unibos Makassar, dosenUniversitas Muhammadiyah Sidrap, Sekretaris Desa Allakuang, dan Ketua Kelompok Perajin Batu Allakuang, foto bersama di Galeri Seni dan Ruang Pameran Batu Ukir, di Desa Allekuang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Juli 2021. (ist)


 


------

Sabtu, 17 Juli 2021


 

Desa Allakuang Sidrap Kini Punya Galeri Seni Batu Ukiran

 

Dibuat Bersama Oleh Dosen Unibos Makassar dan Pengrajin Batu

 

SIDRAP, (PEDOMAN KARYA). Desa Allakuang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, yang terkenal dengan ciri khasnya sebagai daerah penghasil batu ukir dan batu untuk kebutuhan rumah tangga, kini sudah mempunyai galeri seni dan ruang pameran batu ukiran.

Di galeri seni itu, para pengrajin batu ukir bekerja membuat berbagai macam batu ukir yang dilengkapi mesin bubut, dan masyarakat serta para wisatawan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan batu ukir.

Pendirian galeri seni dan ruang pameran batu ukir itu dilakukan para pengrajin bersama-sama dosen Universitas Bosowa (Unibos) Makassar dan dosen Universitas Muhammadiyah Sidrap, serta dibantu beberapa mahasiswa.

“Pembangunan galeri seni dan ruang pameran itu merupakan rangkaian kegiatan PPDM Desa Wisata Kerajinan Batu Bulu Berbasis Industri Kreatif Pemanfaatan Limbah Batu, yang bertujuan untuk dijadikan tempat bagi siswa/pelajar, masyarakat, wisatawan untuk melihat berbagai jenis hasil produksi batu Allaukang” tutur dosen Unibos Dr Zulkifli Makkawaru SH MH, kepada wartawan di Makassar, Jumat, 16 Juli 2021.

Zulkifli selaku penanggung jawab Program Pemberdayaan Desa Mitra (PPDM) mengatakan, galeri seni itu juga telah dilengkapi dengan peralatan berupan mesin bubut yang telah diberikan pada tahun sebelumnya, sehingga galeri itu sudah siap untuk menjadi sarana pameran dan pembelajaran bagi wisatawan.

“Di galeri ini, para wisatawan bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan produk, mulai dari pengambilan batu, pemotongan, pemahatan, hingga diproses menjadi produksi cobekan, lesung, dan sebagainya,” kata Zulkifli.

Dia menjelaskan, ujuan tujuan Program Pemberdayaan Desa Mitra (PPDM) yaitu untuk membantu mitra dan masyarakat sekitarnya dalam pengembangan pariwisata dan produksi kerajinan batu allakuang, serta dalam rangka meningkatkan perekonomian desa dan menarik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Masyarakat setempat, kata Zulkifli, menyambut antusias kehadiran galeri seni dan ruang pamer ini sebagai sarana belajar dan hiburan bagi masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung di Desa Allakuang, Kecamatan Maritengngae.

Galeri seni diserahkan langsung kepada Bapak Muhammad Basir selaku mitra kegiatan yakni Ketua Kelompok Perajin Batu Allakuang, dan disaksikan oleh Sekretaris Desa Allakuang Ibu Suarni Suparman, serta para Kepala Dusun se-Desa Allakuang. (asnawin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply