SD Inpres Kelapa Tiga I Makassar Kembangkan Program LINCAH

SD Inpres Kelapa Tiga 1 Makassar tengah berproses mengembangkan program inovasi dengan nama LINCAH, yang merupakan akronim dari Literasi Anak Cerdas Berakhlak.
 


------

Senin, 06 Maret 2023

 

 

SD Inpres Kelapa Tiga I Makassar Kembangkan Program LINCAH

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Amati, Tiru, Modifikasi atau disingkat ATM, merupakan salah satu cara kita mengembangkan program inovasi. Biasanya, orang menyebutnya replikasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), replikasi berarti proses, cara meniru atau penduplikatan.

Replikasi program inilah yang dilakukan SD Inpres Kelapa Tiga I Makassar terhadap program inovasi Amal Ceria yang dikembangkan SD Inpres Banta-Bantaeng I.

Kepala SD Inpres Kelapa Tiga I, Hj Nahidha Mallapiang SPd MPd, kepada wartawan di Makassar, Senin, 06 Maret 2023, mengakui bahwa ia ingin memajukan sekolahnya seperti yang dilakukan SD Inpres Banta-Bantaeng I.

Nahidha Mallapiang terinspirasi pada program yang dilakukan Hj Baena SPd MPd di SD Inpres Banta-Bantaeng I setelah dia menghadiri kegiatan launching Sekolah Ramah Anak (SRA), 01 April 2022.

Launching Sekolah Ramah Anak (SRA) dilakukan saat perayaan Hari Kebudayaan Kota Makassar. Ketika itu, hadir antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Achie Soleman, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, serta pegiat literasi dan SRA, Rusdin Tompo.

Baena juga menyampaikan bahwa Kepala SD Inpres Kelapa Tiga 1, Nahidha Mallapiang, melihat langsung kemajuan inovasi Amal Ceria SD Inpres Banta-Bantaeng 1 dan telah melakukan penandatanganan di atas materai perjanjian replikasi dan mengadaptasi inovasi Amal Ceria. Kini, SD Inpres Kelapa Tiga 1 tengah berproses untuk mengembangkan program inovasi dengan nama LINCAH, yang merupakan akronim dari Literasi Anak Cerdas Berakhlak.

Program inovasi LINCAH sudah dimatangkan konsepnya untuk dibuatkan rancang bangun. Diskusi dilakukan oleh Kepala SD Inpres Kelapa Tiga 1, Nahidha Mallapiang, Kepala Perpustakaan Cerdas SD Inpres Kelapa Tiga 1, Lilis Gusnaningsih, pegiat literasi yang juga penulis buku Rusdin Tompo.

Dengan penandatanganan yang dilakukan itu, sebagai bukti penguatan inovasi Amal Ceria. Pengalaman berbagi inovasi ini disampaikan melalui pustakawan maupun kepala sekolah. Disampaikan bahwa salah satu kegiatan inovasi adalah bekerjasama dengan peggiat literasi.

Baena melanjutkan, replikasi dibolehkan tetapi dengan cara yang berbeda dan tidak melakukan plagiat. Replikasi bukan hanya dapat dilakukan oleh sesama SD, tapi juga oleh TK, SMP, SMA, atau lembaga lain. Sebagai informasi, program inovasi Amal Ceria, masuk TOP 50 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Sulawesi Selatan.

Kepala DP3A Kota Makassar, Achie Soleman, mengapresiasi program inovasi Amal Ceria dari SD Inpres Banta-Bantaeng I. Dengan lugas, dia menyebut program Amal Ceria mantap dan keren.

“Program Amal Ceria mantap dan keren. Itu karena inovasi tersebut mengutamakan orangtua, khususnya mama, terlebih dahulu, yang akan melakukan pendampingan dan pembimbingan dalam pembelajaran dan pengembangan kreativitas anak-anaknya,” kata Achie. (rt)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama