Program Iptek Terpadu Multidisiplin di Jeneponto


REKTOR Unhas, Prof Dwia aries Tina Palubuhu (kedua dari kanan) bersama Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar (paling kanan), Wakil Bupati Jeneponto, Musyadi Mustamu (ketiga dari kiri), serta beberapa pejabat lainnya, menghadiri acara peluncuran Program Iptek Terpadu Multidisiplin di Jeneponto, Rabu, 2 September 2015. (ist)



--------



Program Iptek Terpadu Multidisiplin di Jeneponto


Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menerapkan Program Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) Terpadu sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat, di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kabupatem Jeneponto menjadi prioritas untuk pengembangan Iptek dengan 21 kegiatan di antaranya, Peningkatan Kualitas Pengemasan Markisa, Penyuluhan Hukum, Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Kewirausahaan, serta Pembinaan Birokrasi, dan Administrasi Keuangan.

Peluncuran Program Iptek Terpadu Multidisiplin yang masih merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 Unhas tersebut, dilaksanakan di Gedung Kallabirang Rumah Jabatan Bupati Jeneponto, Rabu, 2 September 2015.


Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Palubuhu, mengatakan, Unhas memilih Kabupaten Jeneponto sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dengan Program Iptek Terpadu Multidisiplin, karena Unhas melihat beberapa hal, antara lain adanya karakteristik wilayah berdasarkan potensi sumber daya alam dan sosial budaya masyarakat.

"Civitas akademik Unhas akan melakukan studi dari berbagai disiplin ilmu untuk mendorong peningkatan potensi pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di Jeneponto," ungkapnya.

Dia mengatakan, Jeneponto memiliki potensi andalan yang harus dikembangkan seperti Jagung Kuning, Rumput Laut, garam, dan potensi peternakan lainnya.

"Jika dikembangkan dengan beberapa potensi lainnya, maka daerah ini akan dapat lebih maju dibandingkan daerah lainnya," tutur Dwia, seraya menambahkan, rangkaian kegiatan tersebut akan menjadi awal kerjasama dalam pengembangan potensi daerah dengan melakukan pendampingan.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, mengungkapkan, Jeneponto membutuhkan perbaikan kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, sehingga program pengabdian masyarakat citivitas akademik Unhas di Jeneponto diharapkan dapat membawa daerah ini lebih "gammara" (ganteng, indah, cantik, red) serta mendorong pembangunan di Jeneponto agar dapat bersaing dengan daerah lain.

"Saya meyakini, jika disentuh oleh orang cerdas, maka daerah ini akan lebih maju. Saya berharap kepada Ibu Rektor agar derah ini dapat dijadikan laboratorium atau pilot project (proyek percontohan, red)," katanya.


Acara peluncuran program tersebut turut dihadiri Wakil Rektor I Unhas Dr Ir Junaedi MSc, Wakil Rektor II Prof Dr Muhammad Ali SE MS, Wakil Rektor IV Prof Dr Budu PhD SpM(M), Dekan FKM Prof Dr drg Andi Zulkifli MKes, Dekan Fisipol Prof Dr Andi Alimuddin MSi, Wakil Bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu, Ketua DPRD Muhammad Kasmin Makkamula MS, Plt Sekretaris Daerah Muhammad Sarif, serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Jeneponto. (win)

------
Sumber:
http://jenepontokab.go.id/index.php/218-rektor-unhas-laounching-program-iptek-terpadu-multidisiplin-di-kabupaten-jeneponto
http://unhas.ac.id/lppm/index.php?option=com_content&view=article&id=291:pengabdian-masyarakat-ipteks-terpadu-multidisiplin-di-jeneponto-&catid=3:newsflash

prolima_communication

Lahir dan besar di Bulukumba, kota berjuluk Butta Panrita Lopi, saya kemudian melanjutkan kuliah di Makassar dan hingga kini menetap di Makassar. Sejak SD memang senang membaca dan menulis, lalu kemudian terdampar di dunia wartawan. Melalui blog ini, saya ingin lebih banyak dan lebih bebas berbagi untuk kebaikan dan kemaslahatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama