Anak Maestro Tari Andi Nurhani Sapada Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa UNM


BEASISWA. Andi Tenri Sau Sapada (keempat dari kiri) foto bersama Rektor UNM, Prof Husain Syam, dan lima mahasiswa Fakultas Seni dan Desain (FSD), Universitas Negeri Makassar., di Kampus UNM Makassar, Senin, 24 Agustus 2020. (ist)





------

Selasa, 25 Agustus 2020


Anak Maestro Tari Andi Nurhani Sapada Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa UNM



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Andi Tenri Sau Sapada, anak dari maestro tari tradisional Sulawesi Selatan, almarhuma Andi Nurhani Sapada, memberikan bantuan beasiswa kepada lima mahasiswi di Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar.

Beasiswa itu diberikan langsung Andi Tenri Sau Sapada disaksikan Rektor UNM Prof Husain Syam, di Kampus UNM Makassar, Senin, 24 Agustus 2020.

“Pemberian bantuan (beasiswa) kepada mahasiswa ini sebagai bentuk penghargaan dari pihak keluarga kepada UNM, karena sampai saat ini karya dari Andi Nurhani Sapada masih sering ditampilkan oleh mahasiswa. Selain itu juga sebagai bentuk mengenang haul ke-10 tahun wafatnya Andi Nurhani Sapada,” kata Andi Tenri.

Andi Tenri menambahkan bahwa sejauh ini apa yang telah dikaryakan oleh ibunya masih menjadi mata kuliah yang diajarkan di UNM. Pemberian beasiswa kepada mahasiswa semester tujuh ini juga sebagai bentuk penyemangat agar mahasiswa berprestasi ini bisa lebih semangat menyelesaikan studinya.

“Sampai sekarang karya-karya dari almarhumah masih masuk dalam materi mata kuliah seni tari. Kami dari keluarga juga berharap pemerintah bisa memberikan Anugrah Mahaputra bidang kebudayaan kepada almarhumah,” kata Andi Tenri.

Rektor UNM Prof Husain Syam mengatakan, sosok Andi Nurhani Sapada merupakan perempuan dan tokoh yang peduli tentang seni di Sulsel, khususnya Makassar, pada tahun 60-an, yang sampai sekarang masih digunakan dalam pentas seni ataupun pada acara-acara adat perkawinan.

“Almarhumah sosok inspirator peduli terhadap seni budaya, khusunya budaya seni tari. Saya juga berterimakasih karena keluarga almarhumah memilih UNM untuk diberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa kami. Kami di UNM selalu terbuka bagi siapa saja yang peduli terhadap pendidikan,” tutur Husain.

Sekedar diketahui, Andi Siti Nurhayani Sapada adalah pencipta tari paduppa, tari pakkarena, tari bosara, dan sejumlah tari lainnya. (kiya)

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama