Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Opick Jadi Narasumber Workshop Magang Literasi Nasional di Jeneponto


Pedoman Karya 5:35 PM 0

MAGANG LITERASI. Sebanyak 20 peserta dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan mengikuti Workshop Magang Literasi Nasional, yang digelar secara virtual, Kamis, 19 Agustus 2021. (Foto tangkapan layar: Melati Syahrir)
 




-------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 30 Agustus 2021

 

 

Opick Jadi Narasumber Workshop Magang Literasi Nasional di Jeneponto

 

 

JENEPONTO, (PEDOMAN KARYA). Opick (Ketua Umum Forum Taman Baca Masyarakat / Pendiri Komunitas Ngejah Jawa Barat) menjadi salah satu narasumber Workshop Magang Literasi Nasional, yang digelar secara virtual, Kamis, 19 Agustus 2021.

Narasumber lainnya yaitu Mirfayani Mirsal (Rumah Dongeng Sinjai / Ketua Forum TBM Kabupaten Sinjai), Aidar SAg (Pendiri PKBM & TBM Al-Abrar), Irmawati Puan Mawar (Jurnalis Tempo 2003-2016, Penulis, Editor), dan Fatmawati SPd (Pendiri TBM Magfirah).

Workshop yang diikuti 20 pegiat literasi dari berbagai daerah di Sulsel itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Magang Pegiat Literasi Nasional, Program Kemendikbud-Ristek yang dipusatkan di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Ke-20 peserta workshop berasal dari Kota Makassar, Kabupaten Bone, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Takalar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Luwu timur.

Peserta dari Makassar sebanyak dua orang yaitu Melati Syahrir dan Dini Nurul Nazhifah, keduanya dari Komunitas Nyali (Penyala Literasi).

Kepala Kantor SKB Jeneponto, Hj Sridiana Marzuki, menjelaskan, Magang Pegiat Literasi Nasional tersebut merupakan Program Pengembangan Budaya Baca dari Direktorat Pendidikan Masyaraat dan Pendidikan Khusus, Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud-Ristek RI.

Kegiatan yang dilangsungkan 13 – 27 Agustus 2021, akan dilaksanakan salah satunya di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

“Magang Penggiat Literasi merupakan strategi untuk meningkatkan kemampuan diri para penggiat dan kemampuan lembaga Taman Bacaan Masyarakat,” kata Ketua Forum TBM Kabupaten Jeneponto, Muhammad Yanis Junain.

Ia berharap para peserta Magang Penggiat Literasi akan menjadi motor penggerak gerakan literasi di daerahnya masing-masing, setelah pulang dari kegiatan di Jeneponto,  sehingga mereka dapat membangun komunikasi dan bersinergi di kalangan para penggiat literasi, serta mendorong percepatan gerakan literasi masyarakat.

Melati Syahrir dari Komunitas Nyali (Penyala Literasi) Makassar, mengatakan, meskipun workshopnya dilakukan secara daring, namun antusias dan semangat yang menyala dari para penyala literasi ini sangat baik dan menambah imun positif yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini bagaikan amunisi baru dalam membantu percepatan iklim budaya literasi yang menjadi cita-cita bersama para penggiat literasi di berbagai daerah dan pelosok negeri,” kata Melati. (mel)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply