Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Raih Akreditasi A, Prodi Kedokteran dan Profesi Dokter Unismuh Makassar Gelar Syukuran


Pedoman Karya 8:48 AM 0

AKREDITASI A. Dekan FKIK Unismuh, Prof Suryani As'ad, memberikan kata sambutan pada acara Tasyakuran Akreditasi A Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter, FKIK Unismuh Makassar, di Aula Fakuktas Kedokteran Unismuh, Jl. Sultan Alauddin, Jumat, 22 April 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)
 




-----

Sabtu, 23 April 2022

 

 

Sabtu, 23 April 2022

 

 

Raih Akreditasi A, Prodi Kedokteran dan Profesi Dokter Unismuh Makassar Gelar Syukuran

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter, Fakuktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah  (Unismuh) Makassar menggelar acara syukuran atas keberhasilan meraih Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), di Aula Fakuktas Kedokteran Unismuh, Jl. Sultan Alauddin, Jumat, 22 April 2022.

Syukuran yang digelar tidak seperti biasanya yang hanya acara makan dan minum, tetapi dengan cara mengadakan kajian ilmiah dan buka puasa bersama. Kajian ilmiah menampilkan Guru Besar Unhas, Prof Andi Husni Tanra, yang merupakan dokter ahli anestesiologi lulusan Jepang.

Prof Husni Tanra juga tercatat sebagai dokter Indonesia pertama yang menempuh pendidikan dan meraih gelar PhD dalam bidang kedokteran di Jepang.

Hadir dalam acara Tasyakuran dan buka puasa bersama tersebut, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Wakil Rektor I Dr Abdul Rakhim Nanda, Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir, Direktur Ma' had Al Birr KH Lukman Abdul Samad Lc, Dekan FKIK Prof Suryani As'ad, serta para wakil dekan, ketua Prodi, dosen, karyawan, dan para ketua lembaga kemahasiswaan dan alumni FKIK Unismuh.

Prof Husni Tanra dalam kajian ilmiahnya menjelaskan manfaat puasa untuk kesehatan manusia. Dikatakan, orang berpuasa seperti yang dilakukan di bulan Ramadhan ini, tidak akan mudah terkena sakit. Bahkan orang yang rajin puasa seperti puasa Senin-Kamis, tidak mudah terkena kanker karena orang puasa dapat meningkat imunitas tubuhnya.

“Puasa dapat memicu autofagi. Autafagi merupakan mekanisme pembersih diri yang terjadi ketika tubuh berpuasa seperti di bulan Ramadhan ini,” kata Husni.

Dia mengatakan, ada triliunan sel yang menyusun tubuh manusia, dan seiring waktu, molekul-molekul sisa yang terbentuk dari metabolisme sel dapat menumpuk di dalam sel  dan menyebabkan kerusakan sel.

“Sel yang sudah rusak tidak lagi dibutuhkan dan perlu dibuang. Mekanisme autofagi merupakan cara tubuh untuk membersihkan diri dari sel-sel yang sudah tua dan rusak, sehingga dapat membentuk sel- sel baru yang lebih sehat,” kata Husni.

Ia kemudian mengutip hasil penelitian Andrea Wider, seorang ahli gizi dari Amerika Serikat yang meneliti manfaat puasa Ramadhan yang durasi waktunya selama satu bulan. Hasil penelitiannya, sepuluh hari pertama puasa dapat memperbaharui 10 persen sel-sel tubuh.

Sepuluh hari kedua, puasa dapat memperbaharui 66 persen sel-sel tubuh, dan selanjutnya sepuluh hari ketiga, puasa dapat memperbaharui 100 persen sel-sel tubuh.

“Orang berpuasa selama sebulan Ramadhan, kekebalan tubuhnya meningkat sepuluh kali lipat,” kata Husni Tanra.

Dekan FKIK Unismuh, Prof Suryani As'ad, dalam sambutannya mengatakan, makanan yang dianjurkan sesuai ajaran agama Islam, antara lain makanan yang mengandung lemak, protein cukup, karbohidrat dikurangi, serta banyak makan buah.

“Juga disarankan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti kurma,” kata Suryani.

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan rasa syukur dan ucapan selamat atas raihan Akreditasi A Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter FKIK Unismuh.

“Apa yang dicapai ini bukanlah yang terakhir, melainkan baru berada pada titik awal untuk lebih maju lagi. Kemajuan yang ingin dicita-citakan itu tentu bergerak dari nilai yang dicapai saat ini, sehingga sudah bisa berpikir melahirkan studi spesialis,” kata Ambo Asse.

Begitu pula Prodi Keperawatan dan Prodi Kebidanan, lanjutnya, sudah bisa ditingkatkan menjadi S1 dan Program Profesi.

“Capaian ini tentu berkat komitmen yang kuat serta keikhlasan yang mendalam,” kata Ambo Asse. (has)

 

 .


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply