Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Atlet Kempo Gowa Raih Medali Emas Rektor Unhas Cup 2022


Pedoman Karya 3:10 PM 0

Atlet kempo (kenshi) dari Dojo Gowa, foto bersama pada Turnamen Rektor Unhas Cup XIV Tahun 2022, di GOR Unhas Tamalanrea, Makassar, 1-3 Juli 2022. (ist)
 






----

Selasa, 05 Juli 2022

 

Citizen Reporter:

 

 

Atlet Kempo Gowa Raih Medali Emas Rektor Unhas Cup 2022

 

 

Laporan: Takdir Naba

(Pemerhati Olahraga Kempo Indonesia tinggal di Panciro Gowa )

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Atlet kempo (kenshi) dari Dojo Gowa, Najmi Ratna Lestari, berhasil meraih medali emas pada Turnamen Rektor Unhas Cup XIV Tahun 2022, di GOR Unhas Tamalanrea, Makassar, 1-3 Juli 2022.

Najmi Ratna Lestari meraih medali emas dari kategori rundori 60 kg putri. Najmi Ratna Lestari juga meraih medali perak dari kategori embu berpasangan putri. Pada nomor ini, Najmi berpasangan dengan Tari.

Kenshi Dojo Gowa lainnya, Annisa Najmiyatul Jannah yang berpasangan dengan Nurul, merebut medali perak kategori embu berpasangan putri, sedangkan Muhammad Nadhif Nafis meraih medali perunggu dari kategori rundori 55 kg. 

“Target kami hanya masuk delapan besar, tapi ternyata kami bisa dapat satu medali emas, satu perak dan satu perunggu dan ini merupakan pencapaian yang luar biasa,” kata pelatih Dojo Gowa, Suparmin Poniman, kepada penulis di kediamannya di Gowa, Senin, 04 Juli 2022.

Dojo Gowa pada turnamen ini menurunkan sebanyak 12 kenshi mengikuti berbagai kelas rundori putra dan putri, serta embu berpasangan dan beregu putri.

“Mereka adalah kenshi-kenshi terbaik di Gowa saat ini yang kami latih secara rutin,” kata Suparmin, serara menambahkan bahwa kenshi yang ia turunkan pada Turnamen Rektor Unhas Cup adalah para kenshi yang akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porporov) Sulsel di Sinjai – Bulukumba, Oktober 2022.

Tentang target pada Porprov Sulsel di Sinjai dan Bulukumba, ia mengatakan Perkemi Gowa menargetkan masuk tiga besar pada cabang olahraga kempo.

“Kami berterima-kasih kepada Bupati Gowa, Bapak Adnan Purichta Ichsan, yang memberikan dukungan penuh kepada kami untuk bertanding pada Turnamen Rektor Unhas Cup, sehingga kami bisa meraih beberapa medali dan mengharumkan nama Kabupaten Gowa,” kata Suparmin.

 

Butuh Perhatian

 

Menyinggung fasilitas dan biaya untuk latihan dan pertandingan, Suparmin mengatakan, selama ini mereka berlatih di dojo yang sebenarnya sangat tidak kondusif, dan mereka kadang-kadang tidak berlatih jika cuaca kurang memungkinkan, terutama saat hujan.

“Kami berharap Pemerintah Gowa, dalam hal ini KONI Gowa, membantu kami memberikan fasilitas latihan yang layak, misalnya di GOR milik Pemda yang bisa digunakan beberapa cabor untuk latihan,” ungkap Suparmin.

Dia mengatakan, para atlet memiliki semangat yang sangat besar dan itulah yang membuat mereka tidak terpengaruh dengan fasilitas dan biaya yang minim untuk meraih prestasi demi mengharumkan nama baik Kabupaten Gowa.

“Mereka sudah memberikan yang terbaik dan sudah berupaya berjuang secara maksimal. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh orangtua kenshi yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami dalam mendidik anak-anaknya menjadi atlet kempo yang andal,” tutur Suparmin.


Turnamen Nasional

 

Turnamen Rektor Unhas Cup XIV Tahun 2022 yang dilaksanakan Persaudaraan Bela diri Kempo Indonesia (Perkemi) Universitas Hasanuddin (Unhas) diikuti 28 kontingen dengan total kenshi sebanyak 318 orang.

Acara pembukaan dihadiri Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, Ketua Perkemi Indonesia, Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji, dan Pendiri Kempo Indonesia, Sensai Indra Kartasasmita.

Kontingen yang hadir berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, termasuk dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, yakni Gowa, Makassar, Maros, Jeneponto, Barru, Bulukumba, Pangkep, Sidrap, dan dari Sulawesi Barat.

Juga perwakilan Buton Utara, Buton Selatan, Perkemi Kota Bitung, Kutai Kertanegara, Gelora Patra Balikpapan, Kutai Timur, Samarinda, dan Kabupaten Sorong Papua.

Perwakilan kampus yaitu tuan rumah Unhas Makassar, Universitas Tadulako (Untad) Palu, Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply