Unismuh Makassar Gelar Pendampingan Jafung Menuju Guru Besar

MENUJU GURU BESAR. Unismuh Makassar menggelar Sosialisasi Pendampingan Jabatan Fungsional dan Publikasi Ilmiah Menuju Guru Besar, Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Outcome Based Education (OBE), Decision Support System (DSS), serta ISO 9001, di Kampus Unismuh Makassar, Rabu dan Kamis, 5-6 Oktober 2022. (Foto: Herul / PEDOMAN KARYA)


 


----

Kamis, 06 Oktober 2022

 

 

Unismuh Makassar Gelar Pendampingan Jafung Menuju Guru Besar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Sosialisasi Pendampingan Jabatan Fungsional dan Publikasi Ilmiah Menuju Guru Besar, Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Outcome Based Education (OBE), Decision Support System (DSS), serta ISO 9001.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 5-6 Oktober 2022, di Gedung Balai Sidang Muktamar, dibuka oleh Rektor Unismuh Prof Ambo Asse.

Ambo Asse mengatakan, Pendampingan Jabatan Fungsional dan Publikasi Ilmiah Menuju Guru Besar dilakukan dalam upaya membantu para dosen agar dapat mencapai pangkat akademik atau jabatan fungsional guru besar atau profesor.

“Saya berharap di periode ini terdapat 20 orang dosen Unismuh yang mencapai guru besarnya,” ujar Ambo Asse.

Kurikulum Outcome Based Education (OBE), ia menjelaskan Kurikulum OBE bertujuan memperbaiki sistem pembelajaran di Unismuh Makassar.

“Insya Allah pada semester ini sudah bisa tuntas dan diberlakukan pada semester genap yang akan datang,” kata Ambo.

Ketiga tentang Decision Support System (DSS), ia menerangkan bahwa DSS dibangun menyatu dengan semua sistem yang ada di Unismuh sehingga menjadi pusat data kampus.

Sistem ini, katanya, memberi kemudahan dalam memperoleh data maupun menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Semua data yang ada di sistem ini terupdate dan termodifikasi menjadi sistem yang berlaku di Unismuh Makassar,” kata Ambo.

Terakhir, tentang Akreditasi Internasional ISO 9001, ia menegaskan bahwa Akreditasi Internasional ISO 9001 akan dimulai pada tingkat universitas.

Akreditasi Internasional pertama dilakukan di Komite Etik Fakultas Kedokteran dan sudah akan divisitasi oleh tim asesor internasional pada 12 Oktober 2022.

Setelah itu, menyusul akreditasi ASIIN untuk dua program studi, yakni Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter. ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman.

“Kita berharap pada usaha-usaha yang selama ini dilakukan dalam rangka Unismuh bisa mencapai akreditasi unggul,” kata Ambo Asse.

Pemateri pada Sosialisasi ISO 9001 yaitu Pengurus Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dr Nuryakin, bersama Winny Setyonugroho PhD dari Lembaga Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (her)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama