Dua Guru Besar Jepang Beri Kuliah Umum Teknologi Informasi dan Komputer di UNM


Dua Guru Besar Jepang, Prof Shinji Sugawara dari Chiba Institute Technologi of Japan, dan Prof Kiyoshi Ueda dari Nihon University Japan, memberikan kuliah umum di Kampus Program Pascasarjana (PPs) UNM, Jl Bonto Langkasa, Makassar, Selasa, 07 Maret 2023.

 


------

Selasa, 07 Maret 2023

 

 

Dua Guru Besar dari Jepang Beri Kuliah Umum Teknologi Informasi dan Komputer di UNM

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Negeri Makassar (UNM), kedatangan dua guru besar dari Jepang sebagai dosen tamu untuk memberikan kuliah umum bidang teknologi informasi dan computer, di Kampus Program Pascasarjana (PPs) UNM, Jl Bonto Langkasa, Makassar, Selasa, 07 Maret 2023.

Kedua guru besar Jepang tersebut yaitu Prof Shinji Sugawara dari Chiba Institute Technologi of Japan, dan Prof Kiyoshi Ueda dari Nihon University Japan.

Kegiatan yang dikoordinir Prodi Teknik Informasi dan Komputer (PTIK) Fakultas Teknik UNM ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik yang diwakili Wakil Dekan IV Bidang Kerjasama, Faisal Syafar MTech Com PhD.

Kegiatan bertema “Emerging technology, challenges and potential impact in today's digital world” dan dengan moderator Prof Yasser Abdul Djawad, juga turut dihadiri Ketua Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan (PVKT)  PVKT PPs UNM, Prof Purnamawati, para dosen di lingkup PTIK UNM, hingga mahasiswa PPs UNM.

Prof Kiyoshi mengawali pemaparannya dengan memperkenakan Universitas Chiba Jepang. Kenudian dalam pembahasan inti, dia membahas tentang bagaimana pengembangan jaringan multi hop yang dapat digunakan saat terjadi bencana di suatu wilayah, seperti pada saat Jepang dilanda tsunami beberapa waktu lalu

“Dengan sistem yang dibangun tersebut, masyarakat tetap dapat berkomunikasi, meski seluruh sarana telekomunikasi tidak berfungsi. Artinya, sistem tetap memanfaatkan perangkat wiret dan diperuntukkan saat terjadi bencana besar,” ungkap Kiyoshi.

Prof Shinji memaparkan tentang advance deployment of share content replicas over hybrid peer to peer network using linier populary prediced. Dia menyampaikan sistem peer to peer dapat menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan efisiensi di bidang digital.

“Dalam sistem peer to peer ini, satu perangkat dengan lain dapat berbagi data dalam waktu yang bersamaan,” kata Shinji. (nal)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama