Calhaj Takalar Gabung Calhaj Pangkep pada Kloter 19 Embarkasi Makassar

MANASIK HAJI. Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad, unsur Forkopimda, dan sejumlah undangan foto bersama calon haji pada pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Takalar, di Masjid Agung Takalar, Rabu, 17 April 2024. (Fot: Humas Pemkab Takalar)

 

-----

Senin, 22 April 2024

 

Calhaj Takalar Gabung Calhaj Pangkep pada Kloter 19 Embarkasi Makassar

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Jamaah calon haji (Calhaj) Kabupaten Takalar akan bergabung dengan Calhaj Kabupaten Pangkep pada Kloter 19 Embarkasi Makassar. Mereka akan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada 23 Mei 2024, dan berangkat ke Arab Saudi pada 24 Mei 2024.

“Kuota jamaah haji Takalar Tahun 2024 sebanyak 272 orang, dengan rincian 192 perempuan dan 80 laki-laki,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Takalar, Solihin SKom MA, pada pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Takalar, di Masjid Agung Takalar, Rabu, 17 April 2024.

Pembukaan Bimbingan Manasik Haji dihadiri Pj Bupati Takalar, Setiawan Aswad, Kakanwil Kemenag Sulsel, H Muhammad Tonang, Petugas Haji Daerah Takalar sekaligus Kajari Soppeng, H Salahuddin, Ketua DPRD Takalar, Sekda Takalar.

Juga hadir Kapolres Takalar, Kajari Takalar, Dandim 1426/Takalar, Ketua Pengadilan Negeri Takalar, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Baznas Takalar, Ketua IPHI Takalar, serta Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Takalar, Pimcab Bank Mandiri Takalar, dan Pimcab Bank BSI Takalar.

Kepala Kemenag Takalar, Solihin, melaporkan, ada beberapa rangkaian manasik haji yang diikuti para Calhaj Takalar antara lain Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan dua kali, serta Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan sebanyak delapan kali dimulai tanggal 18 April hingga 28 April 2024.

“Para jamaah calon haji, apabila ada yang tidak dipahami dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji, hendaknya tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji, sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji. Karena semakin banyak pemahaman, pengetahuan, dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah haji, akan mempermudah mencapai haji yang mabrur,” tutur Solihin.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad pada kesempatan yang sama mengatakan, pemerintah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan ibadah haji, berupaya semaksimal mungkin agar jamaah calon haji mendapatkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan yang diperlukan oleh jemaah yang akan menunaikan ibadah haji, termasuk bimbingan manasik haji.

“Dalam menjalankan ibadah haji dibutuhkan fisik dan mental yang kuat. Untuk itu, kepada seluruh jamaah calon haji agar senantiasa menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, serta meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridha Allah subhanahu wa ta’ala guna memenuhi panggilan-Nya,” kata Setiawan.

Ia menambahkan, para jamaah calon haji adalah orang-orang pilihan, karena tidak semua orang mendapat panggilan untuk melaksanakan rukun Islam ke-5 ini, sehingga patut disyukuri.

“Semoga para jamaah calon haji dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar dan mudah, sehingga kita dapat memperoleh haji yang mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan sehat dan selamat,” kata Setiawan. (Hasdar Sikki)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama