iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Ratnawati Umar Pimpin IKA Unibos Makassar


Pedoman Karya 10:45 PM 0


KETUA IKA Unibos Makassar, Ratnawati Umar (kanan) berjabat-tangan dengan Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, seusai pelantikan IKA Unibos periode 2017-2022, di Balai Sidang Unibos Makassar, Senin, 21 Januari 2018. (ist)







-----
Selasa, 23 Januari 2018


Ratnawati Umar Pimpin IKA Unibos Makassar


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Ratnawati Umar, Manajer Marketing pada salah satu pusat perbelanjaan di Makassar, resmi memimpin Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, setelah kepengurusan IKA Unibos periode 2017-2022 dilantik, di Balai Sidang Unibos, Senin, 22 Januari 2018.
Pengurus IKA Unibos periode 2017-2022 dilantik oleh Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, dan disaksikan Founder Bosowa HM Aksa Mahmud. Tema yang diusung pada pelantikan tersebut yaitu “Kokohkan Rasa Persaudaraan dalam Menjalin Kerjasama Membangun Jati Diri Alumni yang Lebih Baik.”
Ratnawati adalah salah seorang mahasiswa angkatan pertama (1986) Unibos yang dulu bernama Universitas 45 Makassar (di bawah naungan Yayasan Andi Sose), dan terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 1986.
Saleh Pallu mengharapkan pengurus IKA Unibos agar membangun komunikasi dan jaringan yang luas, tidak hanya dalam lingkup Unibos, melainkan juga lingkup eksternal, karena alumni memiliki pengaruh yang besar dalam kemajuan sebuah universitas.
“Target 2018 ini, Unibos dapat lebih ditingkatkan akreditasinya, dan dalam pencapaian ini tentunya kami membutuhkan peran para alumni, karena alumni berpengaruh sebesar 24 persen dalam penilaian sebuah reakreditasi. Komunikasi antar-alumni dan informasi tentang alumni dapat dilakukan dengan membuat website alumni. Kedepannya, alumni juga sebaiknya berupaya berperan dalam berbagai bidang hingga nanti kelak ada yang menjadi tokoh nasional,” kata Saleh.
Founder Bosowa, HM Aksa Mahmud juga memberikan semangat kepada para alumni untuk membangun almamater.
“Alumni itu ibarat urat nadi yang juga menjadi salah satu penentu kemajuan perguruan tinggi. Komunikasi yang dibangun juga bukan hanya kepada para pimpinan, melainkan juga dengan seluruh civitas akademika Unibos, seperti dosen, mahasiswa, dan staf. Kalau universitas ini berkembang, tentunya alumni pun bangga menyebutkan bahwa Unibos itu almamaternya. Ini tugas para alumni untuk membantu pengembangan Unibos,” tandas Aksa.

Program Sosial dan Bisnis

Ratnawati Umar yang diberi kesempatan memberikan sambutan sebagai Ketua IKA Unibos, mengatakan, dalam masa jabatannya, ia dan pengurus lainnya akan menjalankan beberapa program pengembangan untuk alumni dan untuk almamater Unibos.
“Kami mencanangkan dari seluruh program ini tetap merangkul alumni dan juga seluruh civitas akademika Unibos. Program tersebut juga terdiri dari 10 persen program yang bersifat sosial, dan 20 persen di antaranya bersifat bisnis. Dalam artian, bisnis ini membentuk program kewirausahaan. Bagaimana pun juga program kami tetap mengacu pada perwujudan visi misi Universitas Bosowa,” kata perempuan kelahiran Makassar, 3 September 1967.
Menjawab tantangan Rektor Unibos, Ratnawati menuturkan bahwa untuk memiliki pangkalan database alumni dan media informasi bagi alumni, kepengurusan IKA Unibos di bawah pimpinannya akan membuat website alumni yang terintegrasi dengan website Universitas Bosowa sesuai dengan arahan Rektor dan Founder Bosowa.
“Kami akan terus mengupayakan informasi tentang alumni dapat terangkum dengan baik, dan alumni pun mendapatkan informasi yang diinginkan dengan penggunaan media yang lebih fleksibel. Kami pun akan membentuk kepengurusan yang bertanggungjawab pada setiap wilayah provinsi untuk memudahkan komunikasi dan program alumni dapat menyebar di seluruh Indonesia,” tutur Ratnawati.

Kepengurusan

Dalam kepengurusan IKA Unibos periode 2017-2022, Hj Ratnawati Umar, didampingi Ketua Harian Muhammad Arifin Tualle (ditambah tujuh wakil ketua), Sekretaris Jenderal Jufriadi (ditambah tujuh wakil sekretaris), Bendahara Umum Andi Nurhayati Ishak (didampingi tujuh wakil bendahara).
Selanjutnya, Ketua Bidang Organisasi, Administrasi, Keanggotaan, dan Kebijakan Strategis Abdul Halim, Ketua Bidang Media Informasi dan Komunikasi Mustawa Nur, Koordinator Sosial, Kerohanian, dan Kesejahteraan Alumni Andi Rante, Ketua Bidang Integrasi, Pengembangan Profesi, dan Non-profesi Muhammad Nasir, Koordinator Bidang Bantuan Hukum Syamsuwardi, serta Kordinator Bidang Perwakilan Wilayah (Komisariat) Haerul Soekarno. (ima)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply