Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » UMKM Baru di Takalar Akan Diwisuda Setelah Berhasil Menjalankan Usahanya


Pedoman Karya 10:00 PM 0

AKSELERASI UMKM. Pemkab Takalar bekerjasama Institut Teknologi Pertanian (ITP) dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengadakan kegiatan Akselerasi UMKM, di Aula Rumah Makan D'luna, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Takalar, Ahad, 13 Februari 2022. (ist)





------ 

Rabu, 16 Februari 2022

 

 

UMKM Baru di Takalar Akan Diwisuda Setelah Berhasil Menjalankan Usahanya

 

 

TAKALAR, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kabupaten Takalar akan memberikan bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai berhasil dengan harapan bisa mencetak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) baru dan menjadi wadah untuk bisa meningkatkan bisnis atau usaha yang dijalani.

“Dan bagi UMKM yang berhasil menjalankan usahanya akan diwisuda setelah menjalankan usahanya selama empat bulan,” kata Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

Hal itu ia kemukakan saat memberikan sambutan pada kegiatan Akselerasi UMKM, yang digagas oleh Pemkab Takalar bekerjasama Institut Teknologi Pertanian (ITP) dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), di Aula Rumah Makan D'luna, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Takalar, Ahad, 13 Februari 2022.

Dalam memajukan UMKM, kata Syamsari, kita harus pintar-pintar memanfaatkan peluang bisnis dan memulainya dengan keinginan dan jiwa usaha kreativitas memajukan usaha.

“Dengan pengolahan yang bagus, kita dapat menciptakan pasar baru dan setelah kita memproduksi suatu produk, pemasaran menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha kita,” kata Syamsari.

Mantan Anggota DPRD Sulsel menyampaikan dalam membuat sebuah usaha dibutuhkan ide dan inovasi yang matang.

“Kita dorong di era ini untuk mempunyai pengetahuan yang cukup, sehingga mampu mengolah satu jenis bahan baku makanan menjadi beberapa menu makanan yang memiliki nilai jual tinggi,” para Syamsari.

Ketua Panitia Akselerasi UMKM, Budi Prasetya, menjelaskan, kegiatan yang mereka laksanakan merupakan pelatihan kelas ketiga. Sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Pinrang, dan kemudian di Kota Makassar.

“Tujuannya, UMKM dapat mendongkrak negara kita agar bisa menjadi penopang di masa pandemi saat ini. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari para pelaku usaha di Kabupaten Takalar,” kata Budi.

 

Tiga MoU

 

Akselerasi UMKM dirangkaikan dengan Penandatangan MoU antara ITP dengan Lunar Academy tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan skill, sosial kemanusiaan dan pengabdian kepada masyarakat serta melakukan promosi untuk mendorong pengembangan ITP.

Juga penandatanganan MoU antara Pemkab Takalar dengan ICMI tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pendampingan dan Bimtek UMKM, serta mendorong pengembangan ITP.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Takalar dengan ITP terkait penyusunan naskah akademik Draf Ranperda UMKM dan pendampingan pelatihan UMKM di Kabupaten Takalar. (Hasdar Sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply