Pasukan Muslim Kalahkan Musuh di Perang Hunain

PERANG HUNAIN. Tidak berapa lama, setelah Rasulullah ﷺ melemparkan pasir ke muka tentara musuh, tampaklah kekalahan mereka, dari pihak Thaqif tujuh puluh (70) orang tentara terbunuh. Dengan demikian, kaum muslimin memenangkan peperangan dan memperoleh harta rampasan dan peralatan senjata musuh, termasuk kaum wanitanya menjadi tawanan. (Foto tangkapan layar: Asnawin Aminuddin) 
 



-----

PEDOMAN KARYA

Senin, 09 Januari 2023

 

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (151):

 

 

Pasukan Muslim Kalahkan Musuh di Perang Hunain

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

 

Bergerak Meninggalkan Mekah Menuju Hunain

 

Tanggal enam (6) bulan Syawal tahun ke delapan (8) Hijriah, bertepatan dengan hari Sabtu, Rasulullah ﷺ dan pasukan muslim pun bergerak keluar dari Mekah. Hari itu genap sembilan belas hari Rasulullah memasuki dan berada di Mekah.

Rasulullah bergerak dengan kekuatan sebanyak 12.000 tentara Islam, sepuluh ribu adalah mereka yang berangkat bersama Rasulullah ketika pembukaan Mekah, selebihnya adalah penduduk Mekah, kebanyakan mereka masih baru menganut agama Islam.

Rasulullah ﷺ telah meminjamkan seratus pasang baju besi dengan kelengkapannya. Sebagai pemegang kendali tanggung jawab Mekah, Rasulullah menunjuk Utab bin Usaiyed sebagai amirnya.

Menjelang petang seorang prajurit berkuda telah datang menemui Rasulullah dan berkata: “Saya telah naik ke bukit itu dan bukit ini, dan saya telah melihat qabilah Hawazin, yang telah bergerak keluar dengan seisi rumah mereka, wanita-wanitanya, unta-unta dan harta-hartanya.”

Rasulullah ﷺ tersenyum mendengar laporan itu sambil berkata: “Itu adalah harta rampasan untuk kaum muslimin besok.”

Insya Allah, di malam itu secara sukarela Anas bin Abi Mirthad Ghanuwi telah menawarkan dirinya untuk mengawal Rasulullah ﷺ.

Dalam perjalanan mereka ke “Hunain”, tentara Islam melihat pohon besar menghijau yang dikenal dengan sebutan “Zat Anwat”. Sudah menjadi adat orang Arab menggantungkan peralatan senjata mereka di situ.

Maka kata seorang tentara kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, buatkan untuk kita Zat Anwat, seperti mereka juga mempunyai Zat Anwat.”

Jawab Rasulullah ﷺ:

“Allahu Akbar, Maha Besar Allah, mengapa kamu berkata begitu. Demi Allah yang nyawa Muhammad di tangan-Nya, kata-katamu itu serupa dengan kata-kata kaum Musa di masa lalu. Jadikanlah untuk kami Tuhan, sebagaimana mereka mempunyai Tuhan dan Musa berkata: Sesungguhnya kamu ini kaum yang jahil, sebetulnya inilah tasyabuh, dan sebenarnya kamu akan mengikuti jalan-jalan orang yang musyrik jahiliyah terdahulu.”

Ada juga di antara mereka yang berkata congkak, setelah melihat jumlah tentara yang banyak: “Di hari ini kita tidak bisa dikalahkan lagi.”

Kata-kata ini tidak disukai oleh Rasulullah ﷺ.

 

Tentara Islam Diserang

 

Tibalah tentara Islam di Hunain pada malam Selasa sepuluh hari terakhir bulan Syawal. Malik bin Auf telah sampai di Hunain terlebih dahulu. Dia telah menyusun taktik tentaranya di lembah Hunain, dengan meletakkan kelompok penyerang di sepanjang jalan dan pintu masuk, bahkan di seluruh lereng-lereng bukit Hunain dan lorong-lorongnya, dia memberi petunjuk agar mereka memanah tentara Islam apabila mereka muncul di situ.

Di penghujung malam Rasulullah ﷺ menyusun strategi tentaranya, Rasulullah membagi tentaranya menjadi pasukan-pasukan dan unit-unit, di awal subuh mereka berjalan menuju ke lembah Hunain.

Ketika tentara Islam turun ke lembah, tiba-tiba mereka dihujani anak panah oleh tentara Malik yang telah lama menunggu di situ, serentak unit-unit tentara musuh menyerbu mereka, tentara Islam pun kalang-kabut mundur ke belakang lari tunggang langgang.

Abu Sufyan berkata; “Kekalahan mereka ini tidak akan berhenti, kecuali mereka mundur hingga pesisir Laut Laut Merah.”

Dalam keadaan kelam, Kabul Jibillah atau Kildah bin Junaid berteriak: “Hari ini sihir Muhammad sudah tidak mempan lagi.”

Rasulullah ﷺ mengelak ke sebelah kanan sambil berteriak: “Wahai kalian semua, ayo ke sini, aku adalah Rasulullah ﷺ, aku Muhammad Ibni Abdullah.”

Yang tetap bersama Rasulullah dalam keadaan kritis ini hanya beberapa orang dari kaum Muhajirin dan keluarga Rasulullah. Dalam situasi yang sangat ktitis ini muncullah keberanian Rasulullah ﷺ yang tidak ada bandingnya.

Rasulullah tampil ke depan kaum kafirin dengan menyambuk keledainya sambil berteriak: “Aku adalah nabi yang benar, tidak berdusta, Akulah putera Abdul Muttalib.”

Abu Sufyan bin Harith kemudian memegang tali keledainya dan Abbas pun dengan kendaraannya, keduanya membantu Rasulullah ﷺ agar keledai tetap terkendali. Kemudian Rasulullah ﷺ turun dari keledai dengan tangan memohon kepada Allah  سبحانه وتعالى sambil berdoa:

“Ya Allah, ya Tuhanku, turunkanlah pertolongan-Mu.”

 

Tentara Islam Maju Kembali Meneruskan Peperangan

 

Rasulullah ﷺ meminta pamannya, Abbas, yang memiliki suara lantang untuk berteriak kepada semua para sahabat dan tentara Islam yang mundur.

Kata Abbas: “Mana dia para sahabat setia?”

Demi Allah, ketika mereka mendengar teriakan itu, mereka balik ke depan bagaikan kembalinya seekor lembu yang marah.

Jawab mereka semua: “Ya Rasulullah, ya Rasulullah”

Ada juga orang yang mencoba balik menuju Rasulullah dengan untanya, namun untanya sudah tidak berdaya karena sesak, maka ditinggalkan saja tunggangan itu, dengan mengambil pedang, dan perisai, kemudian melesat menuju ke arah teriakan suara.”

Setelah terkumpul seratus orang, kemudian mulailah mereka maju untuk menghadapi perlawanan musuh dan terjun dalam peperangan dengan semangat bergelora.

Kemudian terdengar teriakan membahana khusus ditujukan kepada golongan Anshar, lebih khusus lagi kepada golongan Bani Harith bin Khazraj, dengan demikian kelompok-kelompok Islam mulai tampil ke medan pertempuran lagi, sampai situasi medan pertempuran pulih kembali.

Kini kedua-dua belah pihak saling menyerang pihak lawannya.

Rasulullah melihat ke arah medan pertempuran, nampak begitu sengit dan dasyat, masing-masing pihak ingin segera memenangkan pertempuran.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Kini peperangan memuncak.”

Kemudian Rasulullah mengambil segenggam pasir dan melemparkannya ke arah musuh sambil bersabda: “Buta mata kalian.”

Dengan izin Allah سبحانه وتعالى, setiap mata tentara musuh terkena lontaran pasir Rasulullah sehingga membuat mereka kalang kabut dan mundur.

 

Kekuatan Musuh Terpecah

 

Tidak berapa lama, setelah Rasulullah ﷺ melemparkan pasir ke muka tentara musuh, tampaklah kekalahan mereka, dari pihak Thaqif tujuh puluh (70) orang tentara terbunuh. Dengan demikian, kaum muslimin memenangkan peperangan dan memperoleh harta rampasan dan peralatan senjata musuh, termasuk kaum wanitanya menjadi tawanan.

Firman Allah  سبحانه وتعالى menyebutkan:

 

لَقَدْ نَصَرَكُمُ اللّٰهُ فِيْ مَوَاطِنَ كَثِيْرَةٍۙ وَّيَوْمَ حُنَيْنٍۙ اِذْ اَعْجَبَتْكُمْ كَثْرَتُكُمْ فَلَمْ تُغْنِ عَنْكُمْ شَيْـًٔا وَّضَاقَتْ عَلَيْكُمُ الْاَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ ثُمَّ وَلَّيْتُمْ مُّدْبِرِيْنَۚ

Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu di waktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlah(mu), maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikit pun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari kebelakang dengan bercerai-berai. (At-Taubah 9:25)

 

ثُمَّ اَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَنْزَلَ جُنُوْدًا لَّمْ تَرَوْهَا وَعَذَّبَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ وَذٰلِكَ جَزَاۤءُ الْكٰفِرِيْنَ

Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Allah menurunkan bala tentara yang kamu tiada melihatnya, dan Allah menimpakan bencana kepada orang-orang yang kafir, dan demikianlah pembalasan kepada orang-orang yang kafir. (At-Taubah 9:26). (bersambung)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama