Rumah Adat Toraja dan Batak Ada Kemiripan


RUMAH ADAT. Dekan Fakultas Teknik, Dr Hamsina membuka Studi Pengenalan dan Pengkajian Arsitektur (STUPPA) dengan tema: “Eksplorasi Filosofi, Struktur, serta Estetika Arsitektur Tongkonan dan Budaya Toraja”, di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Kampus Unibos Makassar, Kamis, 20 April 2017. (ist)




-------
Rabu, 26 April 2017


Rumah Adat Toraja dan Batak Ada Kemiripan


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Ada kemiripan antara artsitektur rumah adat Toraja dengan arsitektur rumah adat Batak, misalnya dari segi warna dan filosofi ke-Tuhan-an. Kemiripan tersebut menarik dikaji dan ditarik benang merahnya.
Sehubungan dengan itulah, mahasiswa Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar didorong melakukan kajian dan terjun langsung ke lapangan.
“Saya berharap mahasiswa jangan hanya melakukan pengkajian terhadap arsitektur adat, tetapi juga bisa melakukan pengkajian terhadap arsitektur modern,” kata Ketua Prodi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Unibos, Samsuddin Mustafa ST MT.
Hal tersebut diungkapkan Samsuddin pada kegiatan Studi Pengenalan dan Pengkajian Arsitektur (STUPPA) dengan tema: “Eksplorasi Filosofi, Struktur, serta Estetika Arsitektur  Tongkonan dan Budaya Toraja”, di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Kampus Unibos Makassar, Kamis, 20 April 2017, yang dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke Toraja Utara.
Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr Hamsina ST MSi, diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Teknik Arsitektur angkatan 2016/2017, sebagai upaya untuk memberikan pengenalan arsitektur secara mendalam kepada mahasiswa sejak dini.
Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur (Hima Arsitektur) Unibos, Akbar Fadillah, mengatakan, kegiatan tersebut mereka adakan untuk mengkaji rumah adat yang ada di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Toraja Utara, mengingat daerah tersebut merupakan salah satu destinasi wisata di Sulsel.
“Kita ingin mengeksplor dari segi estetika, filosofi, dan struktur Rumah Adat Tongkonan yang ada di Toraja Utara,” kata Akbar.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Hima Arsitektur Unibos Makassar juga menggelar seminar kebudayaan dan seminar bambu di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, dengan menghadirkan Dr Kalatiku Paembonan MSi (Bupati Toraja Utara) dan Sudarman Abdullah ST MT (dosen Unibos Makassar) sebagai pembicara. (ima)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama