Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


TOP 25 NASIONAL. Sekolah Dasar (SD) Negeri Kompleks Sambung Jawa Makassar selalu masuk top 25 nasional proyek Dokter Kecil Mahir Gizi (DKMG) yang diadakan oleh salah satu perusahaan susu nasional berkantor pusat di Jakarta. (Foto: Rusdin Tompo)


Persatuan Bulutangkis (PB) Prima menjuarai dua nomor yang dipertandingan pada kejuaraan bulutangkis TARGET Badminton Championship, di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, yang berakhir Jumat malam, 11 Mei 2018. (ist)


SEMARAK RAMADHAN. Pawai keliling kota dari seluruh Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan berbagai organisasi kemasyarakat wanita se-Kabupaten Takalar, mengawali rangkaian kegiatan Semarak Ramadhan atau Tarhin Ramadhan 1439 Hijriyah Tingkat Kabupaten Takalar, Sabtu, 12 Mei 2018. (ist)


“Ada orang bilang tidak tahu syariat Islam, padahal dia beragama Islam. Dia bilang suara kidung Ibu Indonesia lebih merdu dari alunan suara adzan,” tutur Daeng Nappa’.



“Kasianna itu, tapi merekatongji yang mau bunuh diri, karena natau’ji bilang minuman keras itu haram, dan miras oplosan itu berbahaya untuk kesehatan,” kata Daeng Tompo’.


“Ternyata banyakmi orang dipenjara gara-gara ujaran kebencian. Mereka dilapor berdasarkan Undang-undang ITE, Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik,” kata Daeng Nappa’.


‌"Lihatmaki sekarang. Adami anak umur 12 tahun yang dinikahkan, ada juga orang melahirkan di toilet, siang-siang lagi, dan dia sedang mengikuti tes penerimaan calon mahasiswa baru," ungkap Daeng Nappa'.



"Itumi nabilang Daeng Tutu. Nabilang, kasi'tongmaki kodong ini rakyatka, karena bukanki ini pegawai negeri, kau pejabatmako, ada gaji tetapnu, ada tunjangannu, ka nuambe'semuami itue," kata Daeng Tompo' menirukan ucapan Daeng Tutu.


"Gampanna itu kodong paslon (pasangan calon) walikota atau paslon bupati yang sudah ditetapkan sebagai peserta Pilkada, dicoret dan dibatalkan pencalonanna," kata Daeng Nappa' kepada Daeng Tompo' saat ngopi pagi di teras rumah Daeng Tompo '.


‌"Mahathir Muhammad tawwa terpilih lagi sebagai Perdana Menteri Malaysia, padahal umurna 92 tahunmi," kata Daeng Nappa'.


INSENTIF. Bupati Takalar H Syamsari Kitta menyerahkan insentif secara simbolis kepada imam desa, imam kelurahan, dan guru TKA/TPA se-Kabupaten Takalar, di Masjid Agung Takalar, Rabu, 09 Mei 2018. (ist)

PEMUSNAHAN. Sebanyak 34 kasus atau perkara penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Kabupaten Takalar sudah berkekuatan hokum tetap. Karena itulah, barang bukti narkoba yang ditangkap aparat keamanan dalam puluhan kasus tersebut dimusnahkan secara terbuka di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Takalar, Senin, 07 Mei 2018. (ist)


NOBEL AWARD. Mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (paling kanan), Ketua Kadin Sulsel Zulkarnain Arief (kedua dari kanan), dan delapan tokoh lainnya menerima penghargaan Nobel Award, pada acara Wisuda Sarjana XII dan Pascsarjana IV, di Hotel Grand Clarion Makassar, Rabu, 09 Mei 2018. (ist)

SEJARAH RRI MAKASSAR. Kepala LPP RRI Makassar, Maladi Amin (paling kanan) didampingi Kabid Programa Siaran LPP RRI Makassar, Arwinny Puspita (paling kiri) berbincang-bincang dengan Ketua Forum Komunikasi Pemerhati (FKP) RRI Makassar, Rusdin Tompo, di ruang kerja Kepsta RRI Makassar, Jumat, 04 Mei 2018. (ist)


BUDAYA BARAT. “Nah itumi budaya Barat-na. Liatmaki’ pakaianna. Perempuan berkulit putih pakai baju warna hitam tanpa lengan dan panjangnya hanya sampai di bagian paha, tapi tidak pakai celana panjang atau rok. Itu ‘kan budaya Barat, jadi bertentangan sekali kurasa dengan tema debat budaya dan kearifan lokal yang diusung,” tutur Daeng Nappa’. (Foto: Asnawin)


RAKER RRI. Ketua FKP RRI Makassar, Rusdin Tompo (paling kanan), saat menghadiri Rapat Kerja FKP RRI, di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta, 7-9 Mei 2018. (ist)


PEJABAT BARU. Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Rini Riyatika Djohari (keempat dari kiri) foto bersama para pejabat yang dilantik, di Kantor Perwakilan BKKBN Sulsel, Rabu, 09 Mei 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

Pengurus Pusat dan Pengurus Wilayah PAS foto bersama seusai rapat pembentukan panitia pelaksana "Kumpul Besar Hello Alumni Smakara 2019", di Restoran Kampung Popsa Makassar, Selasa, 08 Mei 2018. (ist)


“Ai, mundurma’ saya kalau jadika’ pimpinan tapi banyakmi orang tidak senang. Untuk apa jadi pimpinan, kalau orang-orang yang dipimpin sudah tidak percaya dan tidak senang sama kita’,” kata Daeng Nappa’ serius.


KENANGAN. Tahun 1992, saya sendirian ke Makassar untuk mengikuti Tes Sipenmaru (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Kali ini saya mengantar anak tertua saya dari Kolaka ke Kendari, masih satu daratan tanpa harus menyeberang laut, untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 


JUARA. Kontingen Kostrad berhasil merebut 10 medali emas, 4 perak, dan 11 perunggu, sekaligus keluar sebagai juara umum Open Tournamen Takwondo Universitas Bosowa Cup 2018 se-Indonesia Timur, yang berlangsung selama beberapa hari di Makassar dan ditutup pada Ahad, 06 Mei 2018. 



RANTASA’. Halaman belakang Terminal Regional Cappa Bungaya, di jalan poros provinsi Pallangga, Gowa, dibiarkan menjadi rawa-rawa dan oleh sebagian masrakat dijadikan tempat pembuangan sampah dan sisa reruntuhan bangunan. Foto-foto dalam artikel ini diabadikan pada Senin pagi, 07 Mei 2018. (Foto-foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)