Unismuh Makassar Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi

MUTU PERGURUAN TINGGI. Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abdul Rakhim Nanda (paling kiri) membuka secara resmi acara Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi serta Program Studi (PEMPT/PS), di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 24 April 2024. (Foto: Humas Unismuh Makassar)

 

-------

Jumat, 26 April 2024

 

Unismuh Makassar Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyelenggarakan sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi serta Program Studi (PEMPT/PS), di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 24 April 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh yang dipimpin Dr Burhanuddin, dan Sekretaris Dr Amrullah Mansida, merupakan bagian dari upaya Unismuh untuk menjalankan budaya mutu, khususnya setelah meraih Akreditasi Unggul beberapa bulan lalu.

Acara sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor I selaku Pelaksana Harian Rektor Unismuh Dr Abdul Rakhim Nanda, dan dihadiri pimpinan Badan dan Lembaga, serta pimpinan fakultas dan prodi se-Unismuh Makassar.

Narasumber dalam kegiatan ini, Prof Agus Setyo Muntohar, Anggota Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia.

Dalam pemaparannya, Prof. Agus menekankan pentingnya memiliki sistem akreditasi yang adaptif dan dinamis, yang memungkinkan perguruan tinggi untuk proaktif meningkatkan standar pendidikan dan kinerja institusional.

Ia juga menyoroti beberapa aspek kunci dari sistem pemantauan dan evaluasi mutu, termasuk penyesuaian proses akreditasi yang kini lebih fokus pada hasil pendidikan dan pengaruhnya terhadap komunitas serta industri.

Prof Agus juga menggarisbawahi pentingnya membangun budaya akademik yang unggul, mendorong semua elemen universitas untuk tidak hanya memenuhi standar minimal, tapi juga berusaha untuk unggul dalam segala aspek.

Selain itu, ia mendorong Unismuh membuat Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU). Sebagai kampus terakreditasi Unggul, Unismuh dapat membuat PSDKU, khususnya program studi yang telah terakreditasi unggul.

Acara ini diharapkan dapat memotivasi seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Makassar untuk terus berupaya dalam merealisasikan visi dan misi institusi dalam menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan zaman. (zak)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama