Festival Gapura Cinta Negeri Bagi Kegembiraan Menyongsong HUT Kemerdekaan


MAKASSAR (PEDOMAN KARYA -Setelah perhelatan Pemilu yang panjang, kini saatnya semua elemen kembali menyatukan semangat persatuan, persaudaraan dan gotong rotong sekaligus melestarikan tradisi perayaan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya dengan kegiatan menghias gapura.


Hal ini bisa menjadi momentum baik untuk menciptakan sebuah gerakan yang mengusung nilai cinta negeri, yaitu menciptakan kebanggaan terhadap budaya Indonesia, mempererat persaudaraan, menjaga nilai gotong royong antar warga dan menjaga persatuan Indonesia melalui karya seni.

Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia menggelar Festival Gapura dengan tema "Cinta Negeri". Periode pengiriman materi dari tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus. Kategori terbagi dua yaitu kategori masyarakat umum dan kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi.

Pemprov Sulsel juga turut serta untuk mempromosikan dan mengajak masyarakat Sulsel untuk berpartisipasi.

"Kami mengajak masyarakat Sulsel untuk mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri sebagai wujud kecintaan kita pada negeri tercinta Indonesia dan untuk memperingati HUT Indonesia ke-74," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, Devo Khaddafi, Senin (22/7).

Festival ini memperebutkan 15 piala dengan total hadiah Rp1 miliar. Ini terbagi atas 10 piagam dan piala untuk 10 pemenang kategori umum dan hadiah senilai Rp50 juta/pemenang. Tiga piala dan piagam untuk tiga pemenang gapura kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi. Satu piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah senilai Rp100 juta dan 1 Piala Presiden bergilir serta piagam untuk gapura terbaik dan hadiah uang tunai senilai Rp250 juta.

"Total hadiahnya Rp1 miliar," sebut Devo Khaddafi.

Adapun yang menjadi pengarah jelas Devo, yakni Menteri Sekretariat Negara, Menteri Dalam Negeri dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Ada beberapa persyaratan dan ketentuan peserta diantaranya lokasi penilaian gapura berada di wilayah Indonesia, penilaian berdasarkan relevasi tema, orisinalitas ide, nilai seni, estetika, kreativitas visual dan produksi,  semangat gotong royong dan kebersamaan.

Karya juga harus menyertakan logo HUT RI ke-74 yang dapat diunduh di website www.gapuracintanegeri.com. Selain itu terdapat unsur keindonesiaan terdiri dari bendera merah putih, lambang negara Garuda Pancasila dan motif kedaerahan Indonesia.

"Salah satunya dia harus ada proses pembuatan yang didokumentasikan, kemudian harus melibatkan banyak orang dan kegotong royongan, intinya yang mau diperlihatkan semangat kegotong rotongan dan ke Indonesianya," jelasnya.

50 finalis umum dan 10 finalis lembaga/instansi/perusahaan/organisasi gapura akan diseleksi kembali untuk mendapatkan 10 gapura pemenang kategori umum dan tiga gapura pemenang kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi pada tanggal 20 Agustus 2019.

Para perwakilan pemenang akan diundang untuk ke Jakarta bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan akomodasi akan ditanggung panitia.

"Semua pemenang akan diundang ke Istana dan diterima Pak Jokowi," pungkasnya.(WANI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama