KPPU Makassar: Persaingan Usaha Tidak Sehat Masih Sering Ditemukan


PERSAINGAN USAHA. Kepala Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana, dan dosen Fakultas Hukum Unhas, Dr Winner Sitorus, tampil sebagai pembicara pada acara Sosialisasi Persaingan Usaha, di Ruang Promosi Doktor Prof. Andi Zainal Abidin Farid, Lt. 3 Gedung FH Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu, 11 Desember 2019. (ist)




------

Kamis, 12 Desember 2019


KPPU Makassar: Persaingan Usaha Tidak Sehat Masih Sering Ditemukan


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Praktek-praktek persaingan usaha tidak sehat masih sering ditemukan. Persaingan usaha dewasa ini cenderung tidak sehat, karena ada pengusaha yang melakukan praktik perdagangan yang sifatnya memonopoli konsumen dan pasar.

Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana SE MH, saat tampil sebagai salah seorang pembicara pada acara Sosialisasi Persaingan Usaha dengan tema “Peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Hukum Persaingan Usaha di Indonesia”, di Ruang Promosi Doktor Prof. Andi Zainal Abidin Farid, Lt. 3 Gedung FH Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu, 11 Desember 2019.

Hilman kemudian menjelaskan secara historis terbentuknya Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), serta peran dan tanggung-jawabnya di tengah masyarakat.

“KPPU hadir untuk menjaga persaingan usaha, bagaimana agar pelaku usaha bisa berdagang dengan sehat sehingga menghasilkan efisiensi ekonomi nasional,” jelas Hilman.

KPPU, katanya, merupakan lembaga independen yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999, tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dimana pertanggungjawabannya langsung kepada presiden.

Sosialisasi Persaingan Usaha tersebut, kata Wakil Dekan II Bidang Perencanaan dan Keuangan Fakultas Hukum Unhas, Dr Syamsuddin Muchtar SH MH, terlaksana atas kerjasama Fakultas Hukum Unhas dengan Kanwil VI KPPU Makassar.

Syamsuddin mengatakan, perlu dilakukan sosialisasi kepada mahasiswa guna memperkenalkan dan mendekatkan KPPU, serta memberikan gambaran mengenai persaingan usaha di Indonesia.

Narasumber pada kegiatan sosialisasi ini yaitu Kepala Kanwil VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana, dan dosen Fakultas Hukum Unhas, Dr Winner Sitorus SH MH LLM. Sosialisasi diikuti kurang lebih 100 peserta dari kalangan mahasiswa Fakultas Hukum Unhas. (kia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama