Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita


Andi Muhammad Ihsan terpilih kembali sebagai Anggota DPD RI (periode 2014-2019) dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan, setelah meraih suara terbanyak pada Pemilu 2019, dengan raihan 566.972 suara. 


“Waktu malam pertama sampai malam ketujuh, jamaah mesjidta' penuh sampai shaf paling belakang, malam ke delapan mulaimi maju, tadi ini tinggal tiga shaf," kata Daeng Nappa'. (Foto: Asnawin Aminuddin /PEDOMA KARYA)


DANA HIBAH PENELITIAN. Umar Muhammad (berdiri di depan paling kanan) menerima Dana Hibah Penelitian Dosen Pemula Kemenristek-Dikti dari Direktur Politeknik Bosowa, Djusdil Akrim, di Kampus Polibos Makassar, Kamis, 16 Mei 2019. (ist)

“Wahai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)-mu, dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (Al-Anfal/8: 29)


Al-qur’an menunjukkan kondisi realistis bahwa ternyata orang yang bertaqwa pun tidaklah sebersih kain putih tanpa noda. Dia juga, pada suatu kondisi, bisa jatuh ke dalam perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri (sudah tahu salah masih melakukan).


Jika marah yang memuncak yang dapat ditahan masih berpotensi menyimpan luka di hati, maka memaafkan inilah puncak dari muttaqien yang muhsinien ini, yakni dapat memaafkan manusia yang bersalah kepadanya tanpa meninggalkan goresan luka di hati, bahkan mampu membalas kejahatan orang dengan kebaikan.


SAFARI RAMADHAN. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, tampil berbicara di mimbar dalam Safari Ramadhannya yang dirangkaikan shalat tarawih, di Masjid Agung Pangkep, Kamis malam, 16 Mei 2019. (ist)


KALIGRAFI AL-QUR'AN. Murid SD Negeri Borong belajar menulis kaligrafi Al-qur’an Tulis, di sekolahnya, Kamis, 16 Mei 2019. (Foto: Rusdin Tompo)


KETUA FORKI SULSEL. Nurdin Abdullah (kanan) yang kini menjabat Gubernur Sulsel di-SK-kan sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sulawesi Selatan periode 2019-2023, menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang juga mantan Gubernur Sulsel.


Allah berfirman yang artinya, “(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya, dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (Ali Imran/3 : 17).


Pengakuan atas kesalahan (terutama di hadapan Allah) itu baik bagi jiwa, itu menyehatkan jiwa, dan oleh karenanya jangan membiasakan diri mempertahankan kesalahan dan mencari-cari dalil untuk membenarkannya, karena itu akan berakibat penyakit bagi jiwa.


“Dalam diskusi muncul pertanyaan, pilih mana, bergabung dengan para ulama dan tokoh-tokoh idealis untuk berjihad, atau bergabung dengan orang-orang komunis dan orang-orang jahat?” papar Daeng Nappa'. (int)


“Kami mengundang seluruh kader dan alumni IMM IKIP - UNM untuk memberikan kami saran, mengevaluasi kinerja kami selama  satu periode ini, dan tentunya harapan kami semoga dengan ini akan lahir gagasan baru untuk kemajuan IMM, terkhusus IMM UNM itu sendiri,” kata Sekum Pikom IMM Fakultas Teknik-MIPA, Hardianti.


AKP Religia Faradikta dilantik sebagai Kasat Lantas Polres Pinrang, di Halaman Apel Mapolres Pinrang, Jalan Bintang No. 3, Maccorawalie, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Senin, 13 Mei 2019. (Foto: Humas Polres Pinrang)


Andi Nurlaela (isteri Sahban) foto bersama Hernita (anak pertama Sahban dan Andi Nurlaela) di depan sebuah hotel. Inzet: Sahban Liba.


Orang-orang bertaqwa juga harus beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al-qur’an yakni kitab Taurat, Injil, dan Zabur, serta suhuf-suhuf yang diturunkan langsung oleh Allah kepada para Rasul sebelum Muhammad SAW.


Ustadz Nasrun membawakan ceramah tarwih di Masjid Baitul Mu’min Kompleks Perumahan Berlian Indah Pallangga, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Senin, 13 Mei 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


“Tidak wajarmi kurasa ini jumlahna petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pemilu 2019) yang meninggal dunia, karena lebihmi 400 orang,” kata Daeng Nappa’ kepada Daeng Tompo’ saat jalan-jalan pagi seusai shalat subuh berjamaah di masjid. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


TEMBUS PAGI. Perhitungan suara hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif di TPS 41 Kompleks Berlian Indah Pallangga, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Rabu, 17 Mei 2019, berlangsung hingga Kamis pagi, 18 April 2019. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)


Sifat-sifat utama orang-orang bertaqwa tersebut, yaitu pertama, beriman kepada yang ghaib, kedua, melaksanakan shalat secara kontinyu dan sempurna, serta ketiga menafkahkan sebagian rezki yang dianugrahkan Allah kepada mereka. 


Dalam meniti kehidupan jangan salah pilih jalan, terlalu banyak lorong-lorong kesesatan, hindarilah jalan kesesatan (sabilal gayyi) yang mencerai-beraikan itu. Kenalilah jalan-jalan keselamatan (subulus salam) yang dijamin dapat mengantarkan ke jalan lurus.