SDN Borong Makassar Juara Umum Festival & Lomba Seni Siswa Nasional

JUARA UMUM. Murid-murid SD Negeri Borong keluar sebagai juara umum Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kota Makassar Tahun 2024. (ist)

 

------

Sabtu, 27 April 2024

 

SDN Borong Makassar Juara Umum Festival & Lomba Seni Siswa Nasional

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Murid-murid SD Negeri Borong mencatat prestasi membanggakan dalam kompetisi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kota Makassar Tahun 2024.

Dalam ajang yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar selama dua hari (24-25 April 2024) di Hotel Maxone, Makassar, murid-murid Sekolah Dasar di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala itu mendominasi lomba dengan keluar sebagai juara umum.

Murid-murid SDN Borong yang meraih juara yaitu Asma Nadia Juara I Lomba Gambar Bercerita, Muhammad Nabil Zafran Juara II Lomba Kriya, Nabila Aafia Zahra Azwar dan Asy Syafa Juara I Lomba Pantomim, dan Andi Aisyah Ramadhani Juara Favorit Lomba Menyanyi Solo.

“Alhamdulillah, selamat buat seluruh juara yang telah mengukir sejarah,” kata Kepala SDN Borong, Dra Hj Hendriati Sabir MPd.

Ia memberi ucapan selamat begitu mendapat kabar tentang capaian prestasi yang diraih murid-muridnya. Kabar itu disampaikan Mulyati Husain, Ketua Bunda Pustaka SD Negeri Borong, seusai lomba.

Mulyati Husain, yang akrab disapa Bunda Eki, menyampaikan bahwa semua kategori lomba yang diikuti dalam ajang FLS2N dimenangkan SD Negeri Borong.

Bunda Icha, pengurus Bunda Pustaka yang anaknya ikut dalam FLS2N, membuat reportase dengan menulis bahwa FLS2N dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, pada hari pertama.

Sebelum pembukaan, anak-anak peserta lomba mengikuti technical meeting yang disampaikan masing-masing juri untuk setiap lomba.

Para siswa, guru pembimbing, pelatih maupun orang tua yang turut hadir mendengarkan petunjuk teknis yang disampaikan oleh para juri. Juri-juri yang sangat berkompeten tersebut terdiri dari, Dr Andi Baetal Mukaddas (Juri Pantomim dan Kriya), Nurul Inayah Anis Kamah, M.Sn (Juri Tari dan Pantomim), Dr Andi Jamilah SSn MPd (Juri Tari), dan Abdi Basit (Juri Tari). Juri lainnya, yakni Faisal SPd MPd dan Dr Irpan Arifin (Juri Gambar Bercerita), serta Dr Andi Ihsan SSn MPd dan Suryati Ar Ridwan SH (Juri Menyanyi Solo).

Pada hari kedua, anak-anak mengikuti perlombaan yang ditempatkan di ruangannya masing- masing. Lomba berlangsung dari pukul 08.00-13.00 wita kemudian ishoma. Setelah itu penilaian, sekaligus pembacaan pemenang dari setiap lomba.

Perwakilan SD Negeri Borong berhasil memboyong juara pada semua jenis lomba, kecuali tari kreasi karena tahun ini SDN Borong tidak mengikutkan peserta tari.

“Sebagai orang tua, saya merasa sangat bangga dan terharu karena Icha bisa juara walaupun cuma Juara Favorit,” ungkap Bunda Icha.

Anaknya, Andi Aisyah Ramadhani, mampu menyisihkan puluhan peserta Lomba Menyanyi Solo, yang diakui hebat-hebat. Mereka semua memiliki suara yang bagus, bahkan ada yang punya jam terbang tinggi.

Suryati Ar Ridwan, yang disapa Kak Aty, Juri Lomba Menyanyi Solo, memuji Icha yang dinilainya berbakat. Kak Aty merupakan salah satu vokalis Jad n Sugy, yang pernah ikut ajang X Factor. Icha disebut memiliki artikulasi yang jelas dan power yang baik. Hanya saja, terlihat kalau jarang mengikuti lomba menyanyi, yang tampak pada caranya berekspresi.

“Icha mendapat apresiasi karena dia sama sekali tidak canggung saat tampil,” tambah Bunda Icha.

Icha, pada FLS2N tahun ini dilatih oleh Bu Rina, sedangkan tim pantomim dilatih oleh Pak Saparuddin Numa. Untuk lomba kriya dilatih oleh Bu Uni dan lomba gambar bercerita dilatih oleh Ihsan, anak Ketua Bunda Pustaka. Kolaborasi dari guru, pustakawan, dan orangtua siswa sangat berperan dalam keberhasilan murid-murid SD Negeri Borong kali ini.

Sementara itu, Mulia Sari, ibunda dari Nabila Aafia Zahra Azwar, juga sangat senang dan terharu melihat anaknya mampu meraih Juara 1. Padahal, persiapannya sangat mendadak, hanya dua hari. Namun, anaknya sudah punya dasar karena pernah ikut pada tahun lalu, sehingga tinggal dimantapkan saja.

Alyn Herlina, ibunda dari Asma Nadia, mengatakan ini merupakan tahun kedua anaknya mengikuti FLS2N. Meski terkesan waktunya mepet tapi tidak mengurangi semangat mereka sebagai orangtua untuk menemani anak-anaknya mengikuti lomba. Hal itu dilakukan demi nama baik sekolah.

“Berkat dukungan dari ibu Kepala Sekolah dan guru-guru, serta orangtua seperjuangan, anak-anak SD Negeri Borong mendominasi FLS2N tahun ini,” ujar Bunda Nadia.

Bunda Icha memuji peran Mulyati Husain, Ketua Bunda Pustaka, yang anak-anaknya biasa mengikuti berbagai macam lomba. Menurut Bunda Icha, sahabatnya itu selalu menyemangati mereka sebagai orangtua untuk tidak menyerah mendampingi dan memotivasi anak-anak mereka dalam mengembangkan bakat dan potensinya. (rt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama