Amphi Theater Makassar Tahap I Diresmikan, Habiskan Dana Rp30 M

DIRESMIKAN. Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap I, Makassar, diresmikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kamis, 25 Februari 2021. Amphi theater ini memiliki lebar 50 meter. Tahap pertama diselesaikan sepanjang 250 meter dengan anggaran biaya Rp30 miliar lebih. (ist)


 

 

 

-----

Kamis, 25 Februari 2021

 

 

Amphi Theater Makassar Tahap I Diresmikan, Habiskan Dana Rp30 M

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap I, Makassar, diresmikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kamis, 25 Februari 2021.

Amphi theater ini memiliki lebar 50 meter. Tahap pertama diselesaikan sepanjang 250 meter dengan anggaran biaya Rp30 miliar lebih.

Fasilitas ini diharapkan menjadi ikon baru Kota Makassar, menjadi ruas jalan boulevard (utama) yang akan menghubungkan beberapa kabupaten kota dengan Makassar.

Jika rampung jalur jalan lebar Metro Tanjung Bunga ini akan dilengkapi jembatan, pedesterian, dan memberikan alternatif bagi dalam menikmati pemandangan. Ini diharapkan akan menjadi ikon baru Kota Makassar.

Nurdin Abdullah mengatakan, pengerjaan jalan ini penting untuk segera diselesaikan, karena berhubungan dengan kepentingan rakyat.

“Jadi ini kepentingan rakyat, kepentingan rakyat itu di atas segala-galanya. Jadi ini harus kita selesaikan. Kita berharap Tanjung Bunga menjadi landmark Kota Makassar, sehingga wajib harus selesai,” kata Nurdin.

Penyelesaian tahap awal termasuk banyaknya ditemukan lubang di jalan tersebut melalui perbaikan jalan.

“Jadi mungkin tahap awal dulu, karena sudah banyak lubang-lubang preservasi dulu kita lakukan, supaya tidak ada lagi masyarakat mengeluh,” kata Nurdin.

Jalan Metro Tanjung Bunga akan menjadi landmark Makassar, dengan panjang jalan 6 Km, lebar 50 meter akan dilengkapi dengan fasilitas jalur sepeda lebar 6,6 meter, jalur lambat 4,8 meter, jalur hijau 1 meter, jalan utama 9,6 meter, dan jalur hijau 2 meter. Jalan ini nanti diharapkan dapat mengakomodir intesintas transportasi tinggi.

Selanjutnya akan dilakukan pendekatan dengan para pemilik lahan. Demikian juga berkoordinasi dengan BPN Makassar dan Kanwil Pertanahan untuk bersama-sama menyelesaikan akses lahan yang masih tersisa.

“Insya Allah kita berharap tahun 2022 betul-betul sudah tuntas,” kata Nurdin.

Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin, dalam sambutannya menyatakan hadirnya Amphi Theater di Jl Metro Tanjung Bunga selain akan menjadi ikon, juga akan semakin menguatkan peran Makassar sebagai hub menghubungkan kawasan timur dan barat yang telah dimiliki dan menjadi modal sejak dulu.

“Dari sisi histori telah menjadi kota tujuan niaga bagi pedagang luar ini. Ini tidak lepas dari posisi strategis secara geografis Kota Makassar yang hampir berada di tengah-tengah gugusan kepulauan Indonesia, sehingga tentu memegang peran sebagai hub yang menghubungkan antara timur dan barat,” kata Rudy. (lom)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama