Kisah Nabi Sulaiman Didatangi Malaikat Maut


 


PEDOMAN KARYA

Senin, 08 Februari 2021


KALAM



Kisah Nabi Sulaiman Didatangi Malaikat Maut



Dalam sebuah kisah diceritakan, suatu hari, malaikat maut, Izrail, datang menemui Nabi Sulaiman bin Daud. 

Tiba-tiba Malaikat Izrail menajamkan pandangan dan mengarahkannya kepada seorang laki-laki yang duduk bersama beberapa tamu Nabi Sulaiman. Namun tak lama kemudian Malaikat Izrail pergi. 

Laki-laki itu bertanya, "Wahai Nabi Allah! Siapa dia?" 

"Dia adalah malaikat maut," jawab Nabi Sulaiman.

Laki-laki itu kembali berkata, "Wahai nabi Allah! Tadi aku melihat dia selalu melirik kepadaku. Aku menjadi sangat takut. Jangan-jangan dia hendak mencabut nyawaku. Selamatkanlah aku."

"Bagaimana caranya agar aku bisa menyelamatkanmu?" tanya Nabi Sulaiman. 

"Anda suruh saja angin untuk membawaku ke Negeri Hindi. Mungkin saja dengan begitu dia akan kehilangan jejakku. Dan tidak akan bisa menemukanku," jawab laki-laki itu.

Nabi Sulaiman kemudian memerintahkan angin untuk membawanya sampai ke ujung Negeri Hindi dalam waktu sekejap saja. Saat itu juga angin segera melaksanakan sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi Sulaiman.  

Sesampainya laki-laki itu di sana, malaikat maut kemudian mencabut nyawanya. Setelah itu malaikat maut itu kembali menghadap Nabi Sulaiman. 

Nabi Sulaiman bertanya, "Kenapa tadi Anda melirik kepada laki-laki itu dengan tatapan yang tajam?"

Malaikat maut menjawab, "Aku merasa sangat heran. Aku diperintahkan untuk mencabut nyawanya di Negeri Hindi, tapi keberadaannya saat itu sangat jauh dari negeri itu."

Meskipun heran, Malaikat Maut tetap melaksanakan tugas dari Allah dan pergi ke Negeri Hindi. Tiba di Negeri Hindi, tiba-tiba laki-laki itu juga sudah sampai di Negeri Hindi yang dibawa oleh angin.

"Aku pun mencabut nyawanya di Negeri Hindi sesuai perintah Allah," tutur Malaikat Izrail.


------

Kisah ini diceritakan dalam kitab al-Majallis as-Saniyyah karya Syekh Ahmad bin Syekh Hijazi Al Fusyni

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama