Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Peristiwa Bersejarah pada 25 Agustus


Pedoman Karya 8:44 PM 0

SEJARAH 25 AGUSTUS. Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada 25 Agustus, antara lain Uruguay mengumumkan kemerdekaannya, pesawat ruang angkasa Voyager 2 berhasil mencapai planet Neptunus, pada 25 Agustus 1989, dan hari lahirnya aktor Sean Connery (25 Agustus 1930), salah satu pemeran James Bond 007.


 


-------

PEDOMAN KARYA

Rabu, 25 Agustus 2021

 

 

Peristiwa Bersejarah pada 25 Agustus

 

 

-- Perang Amerika – Inggris, Perang Polandia – Uni Soviet

-- Uruguay Merdeka dari Penjajahan Spanyol

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)

 

Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada 25 Agustus, hari ke-237 dalam kalender Gregorian, dan hari ke-238 dalam tahun kabisat.

Peristiwa bersejarah itu antara lain Perang Amerika-Inggris. Pasukan Inggris membumi-hanguskan Kota Washington DC, pada 25 Agustus 1814.

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 25 Agustus 1912, Partai Nasionalis China (Kuomintang) didirikan oleh Sung Chiao-jen dan Dr Sun Yat-sen di Guangdong, China.

Pada 25 1920 – Perang antara Polandia dan Uni Soviet di Warsawa berakhir dengan kekalahan pihak Uni Soviet.

Pesawat ruang angkasa Voyager 2 berhasil mencapai planet Neptunus, pada 25 Agustus 1989. Planet Neptunus adalah planet terakhir yang dicapai sebelum akhirnya keluar dari tata surya.

Ada beberapa tokoh , aktor, dan aktris yang lahir pada 25 Agustus, antara lain Jacques Grent, seorang uskup kelahiran Belanda, 25 Agustus 1889, dan meninggal dunia di Paseban, Senen, Jakarta Pusat, 11 Agustus 1983, dalam usia 93 tahun.

Mgr. Jacobus Grent, M.S.C. adalah uskup yang pernah berkarya di Keuskupan Amboina sejak terpilih sebagai Vikaris Apostolik pada 10 Juli 1947 hingga mengundurkan diri sebagai Uskup Amboina pada 15 Januari 1965.

Aktor Sean Connery lahir pada 25 Agustus 1930. Elvis Costello, musikus, penyanyi dan pengarang lagu, lahir pada 25 Agustus 1954.

Sementara Neil Armstrong, astronaut Amerika Serikat, meninggal dunia pada 25 Agustus 2012, dalam usia 82 tahun.

 

Uruguay Merdeka

 

Uruguay lebih banyak dikenal karena sepakbolanya. Uruguay tercatat sebagai negara pertama yang menjuarai Piala Dunia Sepakbola Pria FIFA, yakni tahun 1930 di Montevideo, Uruguay (Uruguay mengalahkan Argentina di final dengan skor 4-2).

Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada 1950 di Brasil, Uruguay kembali memenangi Piala Dunia, dengan format setengah kompetisi pada babak final.

Ada empat timnas yang berlaga pada babak final, yaitu Uruguay, Brasil, Swedia, dan Spanyol. Keempat tim ini saling bertanding satu sama lain.

Hasilnya, Uruguay menempati peringkat pertama dengan dua kali menang dan satu kali seri. Brasil di tempat kedua dengan dua kali memang dan satu kali kalah.

Peringkat ketiga ditempati Swedia dengan satu kali menang dan dua kali kalah, sedangkan Spanyol peringkat keempat dengan satu kali seri dan dua kali kalah.

Uruguay (bahasa Spanyol: República Oriental del Uruguay, Republik Oriental Uruguay) adalah sebuah negara kecil di Amerika Latin setelah Suriname. Uruguay memiliki luas wilayah sekitar 176.000 kilometer persegi (68.000 sq mi).

Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Río de la Plata (River Plate) di barat daya, dengan Argentina di tepi seberang keduanya, dan Samudra Atlantik Selatan di tenggara.

Sebagian besar penduduk Uruguay adalah keturunan Eropa. Negara ini adalah yang kedua terkecil di Amerika Selatan, tetapi Uruguay adalah salah satu negara yang ekonomi dan politiknya paling stabil.

Colonia del Sacramento, salah satu permukiman tertua Eropa di Uruguay, didirikan oleh Portugis pada tahun 1680. Montevideo didirikan oleh orang Spanyol di awal abad 18 sebagai benteng militer.

Uruguay melepaskan diri dari Spanyol pada 18 Mei 1811, setelah perjuangan tiga arah antara klaim dari Spanyol, Argentina, dan Brasil. Ini adalah demokrasi konstitusional, presiden memenuhi peran kedua kepala negara dan kepala pemerintahan.

Rakyat Uruguay berhasil mendapatkan kemerdekaannya setelah bertarung sengit dengan para penjajah Spanyol dalam pertempuran yang dijuluki Las Piedras.

Wilayah Uruguay sejatinya ditemukan oleh pelaut Spanyol, Juan Diaz de Solis, yang kerap kali melakukan ekspedisi ke berbagai penjuru dunia.

Sejak saat itu, wilayah tersebut diklaim dan dijajah oleh bangsa Spanyol. Perjuangan rakyat Uruguay untuk meraih kemerdekaan mulai terjadi pada 1811. Dengan keberanian dari Kapten Jose Gervasio Artigas, yang akhirnya menjadi pahlawan nasional Uruguay, rakyat Uruguay untuk pertama kalinya berhasil memukul mundur bangsa Spanyol.

Kemenangan pertama pasukan yang dipimpin Kapten Artigas pada 18 Mei 1811 itu akhirnya membuat seluruh rakyat Uruguay bersemangat dan meluncurkan gelombang serangan dahsyat pada bangsa Spanyol di seluruh wilayah.

Meski pada akhirnya pahlawan nasional Uruguay, Kapten Artigas meninggal dunia pada tahun 1816, perjuangan rakyat Uruguay tidak sirna sampai di situ. Berkat bantuan dari Argentina, Uruguay akhirnya benar-benar mengusir bangsa Spanyol dan memperoleh kemerdekaannya pada 25 Agustus 1825.

Sebagaimana hari kemerdekaan di negara lain, Hari Kemerdekaan Uruguay juga menjadi Hari Libur Nasional bagi seluruh elemen masyarakat. Pada hari itu, seluruh rakyat Uruguay di berbagai kota berlomba-lomba membuat acara semeriah mungkin untuk berkontribusi dalam perayaan hari kemerdekaan.

 

-------

Sumber referensi:

 

25 Agustus

--- https://id.wikipedia.org/wiki/25_Agustus

Uruguay

--- https://id.wikipedia.org/wiki/Uruguay

25 Agustus 1825, Uruguay Resmi Merdeka

---- https://news.okezone.com/read/2015/08/24/18/1201850/25-agustus-1825-uruguay-resmi-merdeka

Daftar final Piala Dunia FIFA

---- https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_final_Piala_Dunia_FIFA#cite_note-14

Piala Dunia FIFA 1930

---- https://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Dunia_FIFA_1930

Piala Dunia FIFA 1950

---- https://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Dunia_FIFA_1950

Jacobus Grent

--- https://id.wikipedia.org/wiki/Jacobus_Grent

 


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply