Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Suhardi Patawari (2): Mengajar, Memimpin HPI Sulsel, dan Melakukan Kampanye Sadar Wisata


Pedoman Karya 7:04 AM 0

Suhardi Patawari (kiri) tak pernah berhenti mencari ilmu, menambah wawasan, serta berbagi ilmu dan pengalaman dalam bidang kepariwisataan. (Foto akun Facebook Suhardi)

 






-----------

PEDOMAN KARYA

Selasa, 24 Agustus 2021

 

 

Suhardi Patawari (2): Mengajar, Memimpin HPI Sulsel, dan Melakukan Kampanye Sadar Wisata

 


Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)

 

Sejak aktif menjadi pramuwisata, Suhardi Patawari sudah mentraning lapangan beberapa calon pramuwisata lainnya dan memberikan informasi kepada masyarakat pengelola destinasi wisata tentang pelayanan, etika, serta hal yang menarik bagi wisatawan.

Suhardi juga menjadi koordinator pramuwisata berbahasa Jerman dalam menghandel kapal pesiar yang berlabuh di Kota Makassar, Kota Parepare, dan Kota Palopo Sulawesi Selatan, seperti Kapal Holland, MS.Euro, dan Costa Allegra.

Ketika aktif menjadi pramuwisata, ia juga diminta mengajar sebagai dosen luar biasa pada Program Diploma Tiga (D3) Bahasa dan Pariwisata, Fakultas Sastra, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar sejak tahun 1998 hingga 2005.

“Saat itu pula saya selalu melakukan pengabdian kepada masyarakat. Tenaga yang bisa mengajar pariwisata saat itu sangat terbatas dengan referensi bahan ajar juga sangat terbatas. Sebagai pengajar, saya memadukan pengalaman lapangan dengan buku-buku yang ada, Alumni program D3 Bahasa dan Pariwisata Unhas sekarang banyak bekerja di industri pariwisata,” tutur Suhardi,

Pria yang senang bermain bulutangkis ini juga aktif mengajar sebagai dosen di Lembaga Pendidikan Pariwisata ASN Dinas Pariwisata di beberapa kabupaten dan kota.

Dan selama menjadi dosen luar biasa, ia sudah banyak membantu peningkatan kualitas SDM pariwisata, pembimbing skripsi / karya tulis mahasiswa, tim pembuatan kurikulum, koordinator praktek kerja apangan (PKL), serta sekretaris tim studi ke obyek dan atraksi wisata di Toraja.

Pada tahun 2009, Suhardi Patawari terpilih sebagai Ketua DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Sulawesi Selatan, dan jabatan itu ia emban selama sepuluh tahun (dua periode).

“Organisasi HPI ini menghimpun dan membina profesi pramuwisata untuk memberikan pelayanan prima bagi wisatawan. Sebagai Ketua DPD HPI, saya selalu berkoordinasi dengan pramuwisata untuk meningkatkan kinerjanya dengan melakukan diskusi sejarah dan budaya Sulawesi Selatan, refreshing guide, studi banding ke beberapa kabupaten dan kota, termasuk ke beberapa propinsi antara lain ke Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali,” sebut Suhardi.

Sebagai Ketua HPI Sulsel, ia juga memfasilitasi pramuwisata untuk melakukan identifikasi obyek wisata baru dan minat khusus seperti tracking mencari tarsius ke Tompobulu Kabupaten Pangkep, serta Parang Tembok Kabupaten Maros.

 

Sertifikasi Profesi Pariwisata

 

Aktivitasnya sebagai pengajar tidak pernah berhenti. Setelah tidak lagi mengajar di Unhas, Suhardi Patawari menjadi dosen tamu di Poltekpar Makassar.

Ia juga menjadi juri Tour Guide Contest yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Politeknik Negeri Makassar.

Keahlian dan pengalamannya dalam bidang pariwisata juga membuat Suhardi mendapat kepercayaan sebagai Sekretaris Dewan Pendiri Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Anging Mammiri dan Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Anging Mammiri di Komisi Manajemen Mutu sejak tahun 2012.

Sebagai Asesor Kompetensi Pariwisata di Lembaga Sertifikasi Profesi LSP) Anging Mammiri, Suhardi aktif melakukan tugas mengasesmen profesi pramuwisata, Tour Leader, Sales dan Marketing Biro Perjalanan Wisata, Pengemudi Pariwisata, serta Tour Manager Biro Perjalanan Wisata untuk memastikan dan meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan.

 

Mendirikan Perusahaan

 

Pada tahun 2006, Suhardi mendirikan perusahaan dengan nama CV. Sihaj Jaya Mandiri, dan kemudian mengganti nama perusahaannya menjadi CV. Hardi Jaya Mandiri pada tahun 2012.

“Perusahaan kami bergerak di bidang biro perjalanan wisata yang memperkenalkan potensi dan memasarkan paket wisata Sulawesi Selatan,” jelas Suhardi.

Tahun 2016, ia mendirikan PT. Hardi Unggul Persada yang bergerak di bidang transportasi pariwisata dan paket wisata untuk kemudahan wisatawan berkunjung ke Sulawesi Selatan.

 

Sadar Wisata

 

Sebagai Ketua DPD HPI Sulsel, Suhardi juga aktif melakukan kampanye sadar wisata kepada masyarakat di destinasi wisata dan memonitoring perkembangan Kelompok Sadar Wisata di beberapa daerah, seperti Pokdarwis Rombeng di Kabupaten Bantaeng, Gojeng di Kabupaten Sinjai, Citta di Kabupaten Soppeng, Salurante di Kabupaten Luwu Utara, serta Kabba di Kabupaten Pangkep.

Selain itu, ia juga aktif menjadi narasumber pada pelatihan pramuwisata, Tata Kelola Destinasi, Homestay, SDM Pariwisata, Branding dan Event Pariwisata di Celebes TV, Tata Krama Pengemudi Pariwisata, serta Kebijakan Pariwisata di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. (bersambung)


------

Artikel terkait:

Suhardi Patawari (4-habis): Menjadi Asesor Pariwisata dan Aktif Melakukan Promosi Desa Wisata di Sulsel

Suhardi Patawari (3): Mempromosikan Pariwisaya Sulsel, Bina Sopir Angkutan Pariwisata, dan Terpilih Pimpin GIPI Sulsel

Suhardi Patawari, Dari Pramuwisata Biasa Hingga Terima Satyalancana Kepariwisataan dari Presiden RI (1)

Dua Putra Terbaik Sulsel Terima Satyalancana Kepariwisataan 2021 dari Presiden RI

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply