Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Prodi Pendidikan Profesi Guru FKIP Unismuh Makassar Raih Akreditasi A


Pedoman Karya 10:58 PM 0

AKREDITASI A. Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse (berdiri di belakang, keempat dari kiri) dan Dekan FKIP Erwin Akib (berdiri di belakang, ketiga dari kiri) foto bersama Tim Merah Putih FKIP Unismuh yang bekerja keras sehingga Prodi PPG Unismuh berhasil mencapai nilai Akreditasi A dari BAN-PT. (ist)





----- 

Rabu, 18 Agustus 2021

 

 

Prodi Pendidikan Profesi Guru FKIP Unismuh Makassar Raih Akreditasi A

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, meraih nilai Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

“Alhamdulillah, Prodi PPG FKIP Unismuh Makassar sudah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT,” kata Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD, kepada wartawan di Kampus Unismuh Makassar, Rabu, 18 Agustus 2021.

Keberhasilan mempeorleh nilai Akreditasi A dari BAN-PT, katanya, tidak lepas dari kerja keras Tim Merah Putih yang dibentuk FKIP Unismuh.

“Kami menyebutnya Tim Merah Putih, karena saat visitasi online beberapa waktu lalu, seragam tim itu berwarna merah-putih,” ungkap Erwin Akib sambil tersenyum.

PPG FKIP Unsimuh terdiri dari atas dua Prodi, yaitu Prodi Bahasa Inggris, dan prodi Bahasa Indonesia. FKIP Unismuh memberi kepercayaan kepada Dr Baharullah sebagai coordinator, dan Dr Sukmawati sebagai sekretaris.

“Kita berharap ke depan, PPG Unismuh bukan hanya dua prodi. Kami sudah mengusulkan tambahan Prodi yait Prodi Matematika, Prodi PGSD, dan Prodi Sosiologi. Semoga bisa segera terwujud, sehingga akan menambah jumlah prodi yang memang khusus untuk PPG di Unismuh,” kata Erwin yang merupakan alumni Program Doktoral Universitas Teknologi Malaysia (UTM).

Dalam penetapan peringkat akreditasi tersebut, kata Erwin, terdapat beberapa faktor yang mampu menunjang Prodi PPG FKIP Unismuh meraih akreditasi A.

Faktor penunjang itu antara lain, kinerja dan luaran yang basisnya terdiri atas komponen input, komponen output, komponen proses, dan komponen manajemen.

Erwin melanjutkan, luaran dari komponen output dapat dicontohkan seperti di bidang publikasi, riset, hak cipta, dan pengabdian.

“Komponen proses seperti kurikulum, penilaian, seleksi, dan tingkat kelulusan, sedangkan komponen manajemen, seperti tata kelola dan penjaminan mutu Prodi PPG,” ungkap Erwin.

Sebagai Dekan FKIP, Erwin pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pengusulan sehingga Prodi PPG Unismuh Makassar berhasil meraih nilai Akreditasi A.

 

Rektor Memberikan Apresiasi

 

Di tempat terpisah, Rektor Unismuh Makassar, Prof Ambo Asse memberikan apresiasi atas kerja dan kinerja Tim Merah Putih FKIP Unismuh sehingga Prodi PPG berhasil mendapatkan nilai Akreditasi A dari BAN-PT.

“Alhamdulillah. Kami ucapkan salut dan selamat kepada Dekan FKIP dan seluruh tim yang telah bekerja keras, sehingga capaian akreditasi A bisa terwujud. Capaian ini tentu akan memberikan kontribusi bagi pencapaian akreditasi unggul bagi institusi,” kata Ambo Asse.

Nakhoda Unismuh ini juga mendorong agar PPG FKIP segera membuka beberapa prodi lain, agar bisa meningkatkan sumbangsih Unismuh dalam mencetak guru profesional dari berbagai bidang studi.

“Sekali lagi selamat. Semoga prodi-prodi lain yang akan mengajukan akreditasi bisa menyusul prestasi ini,” kata Ambo Asse. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply