Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Guru SD Kristen Methodist Makassar Juara Lomba Baca Puisi HUT PGRI


Pedoman Karya 7:05 AM 0

JUARA. Neli Kala' Tasik (kanan) menerima piala dari Sekretaris BKP PGRI Sulawesi Selatan, Dra Hj Hendriati Sabir MPd, pada Lomba Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-76 PGRI yang diadakan BKP PGRI Sulawesi Selatan bekerjasama Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar, di SD Negeri Borong, Makassar, Sabtu, 21 November 2021. (Foto: Rusdin Tompo)



---- 

Ahad, 21 November 2021

 

 

Guru SD Kristen Methodist Makassar Juara Lomba Baca Puisi HUT PGRI

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Neli Kala' Tasik, Guru SD Kristen Methodist Makassar, keluar sebagai Juara I Lomba Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-76 PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang diadakan BKP PGRI Sulawesi Selatan bekerjasama Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar, di SD Negeri Borong, Makassar, Sabtu, 21 November 2021.

Neli membacakan puisi karyanya berjudul “Bangkit Guruku”. Juara II, Reizky Wahyuni (Guru TK Aisyiyah), dan Juara III, Hamina (Guru SD Pangkep).

Juara Harapan I, II, dan III, berturut-turut Nursidah (Guru SD Akar Panrita Mamminasata), Eka Nur Muthmainna (Guru SD Inpres Pampang 2 Makassar), dan Rosmiati (Guru SD Negeri Borong Makassar).

Selain lomba cipta dan baca puisi, juga diadakan Lomba Paduan Suara lagu “Mars PGRI”, dan hasilnya, Juara I dari SMP Negeri 23 Makassar, Juara II dari Gugus 2 Kecamatan Manggala, dan Juara III pewakilan dari IGABA Kelompok 5 Makassar (TK Aisyiyah).

Juara Harapan I dari Gugus 3 Ranting 3 Kecamatan Manggala, Juara Harapan II dari Gugus 1 Ranting 1 Kecamatan Manggala, sedangkan peserta dari SMP Negeri 8 Makassar ditetapkan sebagai Juara Harapan III.

Ketua Panitia, Eli Elliyani SPd, menjelaskan, Lomba Cipta dan Baca Puisi serta Lomba Paduan Suara yang diadakan di SD Negeri Borong atas kerjasama BKP PGRI Sulawesi Selatan dengan Bunda Pustaka SD Negeri Borong, diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-76 PGRI.

“Lomba tahun ini mengusung tema Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Maju,” sebut Eli, seraya menambahkan bahwa peserta lomba berasal dari Makassar, Maros, Pangkep, dan Enrekang.

Pada Lomba Cipta dan Baca Puisi, katanya, 10 peserta yang karyanya dinilai terbaik diundang tampil pada babak final, sedangkan lomba paduan suara dengan lagu wajib “Mars PGRI”, langsung tampil di panggung yang dihelat di SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Makassar.

 

Bangga kepada Guru

 

Ketua Badan Khusus Perempuan (BKP) PGRI Sulawesi Selatan, Dra Hj Muhadirah Alie MPd, dalam sambutannya pada acara pembukaan mengaku bangga kepada guru-guru peserta lomba atas kecintaannya kepada profesi guru.

“Saya bangga kepada guru-guru, peserta lomba, karena menunjukkan minat dan kecintaan terhadap profesi guru dan organisasi PGRI,” kata Muhadirah.

Ia yakin, guru-guru, terutama guru perempuan, mampu berkontribusi bagi profesi, dunia pendidikan, serta bangsa dan negara. Jika mereka mau bergerak maju, memanfaatkan potensi dirinya. Tinggal bagaimana guru-guru diberikan peluang dan ruang agar bisa mengekspresikan potensi dirinya tersebut.

“Saya percaya, guru-guru kita bisa juga bersaing dengan dearah lain,” kata Muhadirah.

Pelaksanaan lomba mendapat sambutan yang positif dari peserta dan penonton. Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris BKP PGRI Sulawesi Selatan, Dra Hj Hendriati Sabir MPd, Ketua Biro Pemberdayaan Perempuan PGRI Sulawesi Selatan, Dra Hj Rosdiana Amir MPd, serta sejumlah kepala sekolah dan guru.

Dewan Juri dalam lomba yang berlangsung sehari ini terdiri dari Yosia Timbonga (pengurus PGRI Sulawesi Selatan), Dr Asis Nojeng (akademisi dan seniman), serta Rusdin Tompo (penggiat literasi dan penulis buku).

“Aspek penilaian lomba baca puisi mencakup interpretasi, vokal, ekspresi, dan penampilan. Untuk lomba paduan suara, yang dinilai mencakup suara, pembawaan lagu, tekni dan juga penampilan,” jelas Rusdin kepada wartawan.

Selain lomba, BKP PGRI Sulawesi Selatan dalam memperingati HUT PGRI ke-76 dan HGN 2021, juga akan melakukan ziarah dan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Panaikang, dan bersilaturahmi ke sesepuh perempuan PGRI.

Selain itu, juga diagendakan akan mengadakan audiensi ke Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. (rt)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply