Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » Pengurus Padepokan Kosgoro 57 Ziarah ke Makam Syekh Yusuf, Pangeran Diponegoro, dan Sultan Hasanuddin


Pedoman Karya 9:30 PM 0

HAUL PANGERAN DIPONEGORO. Pengurus dan Anggota Padepokan Kosgoro 57 mengadakan acara Haul ke-166 Pangeran Diponegoro, peringatan Hari Pahlawan, dan HUT ke-64 Kosgoro, di Makassar, Rabu malam, 10 November 2021. (ist)






----------- 

Rabu, 10 November 2021

 

 

Pengurus Padepokan Kosgoro 57 Ziarah ke Makam Syekh Yusuf, Pangeran Diponegoro, dan Sultan Hasanuddin

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Memperingati Hari Jadi ke-64 Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), Pimpinan Pusat Pandepokan Kosgoro 57 mengadakan serangkaian kegiatan ziarah kubur ke makam para pahlawan nasional yang dikebumikan di Makassar dan Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu, 10 November 2021.

Kegiatan ini juga bertepatan pada peringatan Hari Pahlawan Nasional. Makam pahlawan yang dikunjungi oleh jajaran pengurus Pimpinan Pusat Padepokan Kosgoro 57, yaitu Makam Syekh Yusuf di perbatasan Makassar dan Gowa, Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin di Gowa, dan ziarah ke makam para raja Kerajaan Gowa, di Katangka, Gowa.

Setelah itu, shalat berjama’ah di Masjid Katangka yang merupakan masjid tertua di Makassar, kemudian malam harinya lanjut ziarah ke makam Pangeran Diponegoro

Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat (PP) Padepokan Kosgoro 57 Ridwan Hisjam mengatakan, ziarah di makam para pahlawan ini tentunya untuk mengingatkan kembali khazanah keilmuan tentang jasa-jasa mereka dalam ikut serta membangun bangsa ini

“Ziarah ini mengingatkan kembali kepada kita tentang semangat kebangsaan yang dimiliki oleh para pahlawan kita di masa lampau. Mereka berani mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk agama dan bangsa. Ini yang harus selalu kita contoh sebagai generasi penerusnya,” ujar Ridwan, saat ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro.

Seusai ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro, dilanjutkan dengan haul dan doa bersama yang merupakan puncak rangkaian acara Haul ke-166 Pangeran Diponegoro, peringatan Hari Pahlawan, dan HUT ke-64 Kosgoro, Rabu malam, 10 November 2021.

Acara Haul dilakukan dengan tatap muka terbatas dan zoom meeting yang diikuti peserta mancanegara dipimpin oleh KH Mansyur Julotundo Mojokerto, dan dihadiri dengan mewakili Dewan Guru Jenderal Muchdi Pr, sekaligus memberikan sekapur sirih terhadap keberlangsungan dan kemajuan bangsa dan negara ke depan bahwa NKRI adalah harga mati

Ridwan Hisjam berharap melalui wasilah para orang-orang shaleh, Indonesia bisa kembali bangkit dari pandemi Covid-19, masyarakatnya sehat, kehidupan bisa kembali normal, dan ekonomi pulih kembali.

“Selain ikhtiar lahir, kita juga perlu upaya batin menjadikan Indonesia bangkit dan terbebas dari pandemi. Melalui doa dan wasilah dari para ulama dan orang-orang saleh, kita berharap Allah SWT selalu memberikan pertolongan dan perlindungan terhadap bangsa ini,” kata Ridwan yang juga Anggota Komisi VII DPR RI.

Anggota dari Dapil Malang Raya ini menuturkan di masa yang sulit ini, memang perlu memiliki semangat dan jiwa kepahlawanan, dengan membantu sesama yang lain, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan karena terdampak pandemi. Butuh gotong royong dan kerja bersama.

“Kita bisa melewati krisis dan resesi ini apalagi semua pihak mampu meniru sikap dan prilaku dari pahlawan kita, yaitu berani berkorban, menolong terhadap sesama. Dan mampu menyimpan ego masing-masing. Itulah yang harus kita teladani, sehingga kita mampu melewati krisis ini,” lanjut Ridwan.

Pimpinan Pusat Padepokan Kosgoro 57 dalam peringatkan HUT Kosgoro ke-64, juga turut serta melakukan aksi sosial dengan membagi-bagikan 1000 masker dan handzanitezer kepada masyarakat yang sedang mengendarai sepeda motor, di dekat makam Syekh Yusuf. (sr)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply