Rumah Abu Ayyub, Rumah Pertama Yang Ditempati Rasulullah di Yatsrib

Kaum Muslimin mengikuti unta Rasulullah, Al Qushwa, yang berjalan perlahan-lahan. Di suatu tempat milik dua orang anak yatim, unta Rasulullah itu berhenti dan merebahkan perutnya ke pasir. Rasulullah mengajak Al Qushwa berjalan lagi. Namun, tidak lama kemudian, ia kembali ke tempat semula dan merebahkan perutnya lagi ke pasir.

“Inilah tempat kediamanku, insya Allah,” demikian sabda Rasulullah.



------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 31 Desember 2021

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (66):

 

 

Rumah Abu Ayyub, Rumah Pertama Yang Ditempati Rasulullah di Yatsrib

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

Tempat Rasulullah Menginap

 

Semua keluarga di Yatsrib berebut menawarkan diri menjadi tuan rumah kepada Rasulullah. Semuanya ingin agar Rasulullah bersedia tinggal di lingkungan mereka. Rasulullah mengetahui bahwa jika ia menentukan pilihan, keluarga yang tidak terpilih akan malu dan kecewa. Karena itu, beliau memasrahkan pilihan itu kepada Allah. Dengan halus, beliau berkata kepada semua kepala keluarga,

“Biarkanlah untaku ini berjalan karena ia diperintah oleh Allah dan akan berhenti di tempat yang Allah kehendaki,” kata Rasulullah.

Kaum Muslimin mengikuti unta Rasulullah, Al Qushwa, yang berjalan perlahan-lahan. Di suatu tempat milik dua orang anak yatim, unta Rasulullah itu berhenti dan merebahkan perutnya ke pasir. Rasulullah mengajak Al Qushwa berjalan lagi. Namun, tidak lama kemudian, ia kembali ke tempat semula dan merebahkan perutnya lagi ke pasir.

“Inilah tempat kediamanku, insya Allah,” demikian sabda Rasulullah.

Kemudian, beliau berdoa empat kali, “Ya Allah, semoga Engkau menempatkan aku di tempat kediaman yang diberkahi dan Engkaulah sebaik-baik yang memberi tempat kediaman.”

Rasulullah membeli tanah dari kedua anak yatim tersebut. Rasulullah turun dan bertanya, “Di mana rumah saudaraku yang paling dekat dari sini?”

Dengan penuh gembira, Abu Ayyub segera menjawab, “Saya, ya Rasulullah! Itu rumah saya!”

Rasulullah tersenyum dan berkata, “Baiklah Abu Ayyub, jika Anda berkenan, aku akan tinggal di rumah Anda untuk sementara waktu. Silahkan sediakan tempat untukku.”

Abu Ayyub tergopoh-gopoh memasuki rumahnya karena begitu gembira. Disiapkannya tempat untuk Rasulullah serapi mumgkin. Kemudian, ia kembali menghadap Rasulullah dan berkata,

“Ya Rasulullah, sungguh saya sudah menyediakan tempat beristirahat bagi Tuan. Dengan berkah Allah, silahkan berdiri dan masuk ke dalam,” kata Abu Ayyub.

 

Gentong Pecah

 

Rasulullah tinggal di rumah Abu Ayyub. Abu Ayyub ingin Rasulullah tinggal di lantai atas, tetapi Rasul menolak.

Suatu ketika gentong Abu Ayyub pecah dan airnya tumpah. Abu Ayyub dan istrinya segera menggunakan selimut satu-satunya untuk menyerap air agar tidak menetes ke tempat tinggal Rasulullah. Setelah itu, Abu Ayyub mendesak Rasulullah agar tinggal di atas. Akhirnya Rasulullah pun bersedia tinggal di atas.

 

Mendirikan Masjid

 

Tujuh bulan lamanya, Rasulullah dan keluarganya tinggal di rumah Abu Ayyub. Selama itu, Abu Ayyub, Sa'ad bin Ubadah, As'ad bin Zurarah, dan yang lainnya mengirim makanan untuk keluarga Rasulullah secukup-cukupnya.

Setiap pagi dan petang, Ummu Ayyub memasak makanan dan tidak mereka makan sebelum terlebih dahulu mereka sajikan kepada Rasulullah dan keluarganya. Demikianlah budi Abu Ayyub dan keluarganya kepada Rasulullah.

Rasulullah tinggal di rumah Abu Ayyub sampai beliau mendirikan masjid dan rumah sendiri. Ketika akan mendirikan masjid, Rasulullah mengumpulkan Bani Najjar yang menjadi pemilik tanah ditempat itu.

“Wahai Bani Najjar,” demikian sabda Rasulullah, “Hendaklah kalian tawarkan harga kebun-kebun ini kepadaku karena aku akan membelinya.”

“Ya Rasulullah, kami tidak akan menghargai kebun-kebun itu karena mengharap ridha Allah saja,” jawab mereka.

Namun, Rasulullah tetap meminta mereka memberikan harga walaupun rendah. Akhirnya, Abu Bakar membayar harganya sebesar sepuluh dinar.

Setelah itu, bersama para sahabat, Rasulullah membenahi tanah itu, membersihkan pohon, dan membongkar serta memindahkan kuburan yang sudah rusak. Setelah itu barulah mendirikan masjid.

Rasulullah meletakkan batu pertama, lalu beliau meminta Abu Bakar meletakkan batu selanjutnya, kemudian beliau menyuruh Umar bin Khattab, setelah itu Utsman bin Affan, dan terakhir Ali bin Abu Thalib.

Beliau bersabda, “Mereka itulah khalifah-khalifah setelah aku.”

Setelah itu, semua orang bekerja keras dengan gembira dan penuh semangat. Sambil bekerja, Rasulullah bersyair, “Ya Allah sesungguhnya pahala itu pahala akhirat, maka kasihilah sahabat-sahabat Anshar dan Muhajirin.”

Para sahabat menjawab syair Rasulullah, “Jika kami duduk termenung, padahal Nabi bekerja, yang demikian itu sungguh perbuatan yang tidak pantas.”

Batu diangkat, diletakkan, disusun, dan disisipkan sampai akhirnya masjid pun selesai. Pagarnya dari batu dan tanah, tiangnya dari batang-batang kurma, atapnya pelepah kurma. Kiblatnya menghadap ke Baitul Maqdis. Ketika itu, Ka'bah belum menjadi kiblat.

Di sisi masjid, didirikan dua buah kamar untuk tempat tinggal Rasulullah dan keluarganya. Sungguh, sebuah masjid sederhana yang penuh berkah.

 

Warna Masjid

 

Umar bin Khattab pernah berkata tentang bagaimana sebuah masjid dibangun. Kata beliau, “Lindungilah orang-orang dari tampias hujan. Janganlah kalian mewarnai (dinding masjid) dengan warna merah atau kuning sehingga dapat menimbulkan fitnah.” (bersambung)


-----

Kisah sebelumnya:

Tiba di Yatsrib, Rasulullah Disambut Penuh Suka Cita

Singgah di Quba, Rasulullah Membangun Masjid Pertama dalam Islam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama