Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Rektor Unsri Palembang Anggap Rektor Unibos Makassar Sebagai Guru


Pedoman Karya 6:55 AM 0

KERJASAMA. Rektor Unsri Palembang Prof Anis Saggaff (kelima dari kiri) dan Rektor Unibos Makassar Prof Muhammad Saleh Pallu (kelima dari kanan) foto bersama unsur pimpinan kedua perguruan tinggi, di Ruang Rapat I KPA Unsri Bukit Besar, Palembang, Kamis, 20 Januari 2022. (ist)





-----

Sabtu, 22 Januari 2022

 

 

Rektor Unsri Palembang Anggap Rektor Unibos Makassar Sebagai Guru

 

 

PALEMBANG, (PEDOMAN KARYA). Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Prof Anis Saggaff, menganggap Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Prof Muhammad Saleh Pallu, sebagai gurunya.

“Kita semua berbangga hati atas kehadiran kunjungan daripada guru saya. Beliau mungkin tidak merasa, padahal tulisan beliau begitu banyaknya, khususnya bidang infrastruktur dan juga orang yang berjasa atas penilaian akreditasi kita yang pertama, kedatangan beliau ini adalah keluarga kita,” ungkap Anis Saggaff, saat menerima kunjungan Rektor Unibos dan rombongan, di Ruang Rapat I KPA Unsri Bukit Besar, Palembang, Kamis, 20 Januari 2022.

Anis dan para pimpinan Unsri menyambut gembira kedatangan Rektor Unibos dan rombongan dari Makassar dalam rangka penandatanganan perjanjian kerjasama antara kedua kampus.

Dalam pertemuan itu disepakati kerjasama beberapa bidang tridharma antara lain pertukaran mahasiswa melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tidak hanya masalah kuliah tetapi juga penulisan skripsi, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan penelitian mahasiswa, khususnya mengenai riset elektrikal.

Selain itu, bagi dosen disiapkan kerjasama bidang penulisan hasil penelitian yang akan diterbitkan di jurnal ilmiah Unsri. Hingga kini, Unsri memiliki tiga jurnal kualifikasi quartil, yakni bidang pendidikan, hukum, dan MIPA, serta puluhan jurnal Sinta 3 berbagai bidang.

“Semua yang disampaikan Rektor Unibos, saya siap lakukan kerjasama,” ungkap Anis dalam pertemuan yang dihadiri Ketua Satuan Pengawas Internal, Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala Lembaga, Direktur dan Wakil Direktur Program Pascasarjana, Dekan Fakultas, Direktur Badan Pengelola Usaha, dan Kepala UPT di lingkungan Universitas Sriwijaya.

Secara rinci ruang lingkup kesepakatan kerja sama antara Unsri Palembang dengan Unibos Makassar, yaitu dalam bidang: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; pengembangan kompetensi sumber daya manusia; pelaksanaan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Juga pertukaran dosen dan karyawan; perbantuan pengembangan perguruan tinggi; lokakarya, pelatihan, seminar, pameran dan kegiatan ilmiah lainnya; konsultasi dan pembuatan kajian/analisis; penggunaan fasilitas yang dimiliki para pihak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di lingkungan pemilik fasilitas; dan kegiatan lain yang disetujui secara tertulis oleh para pihak.

 

Undang Balik Rektor Unsri ke Makassar 

 

Mendapat sambutan yang sangat baik dan penuh suasana kekeluargaan seperti itu, Rektor Unibos Makassar, Muhammad Saleh Pallu, pun menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unsri dan para pimpinan Unsri yang hadir.

“Saya sebagai Rektor Universitas Bosowa menyampaikan rasa terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada bapak Rektor Unsri yang telah memberi kepercayaan kepada Universitas Bosowa, karena kami tahu, Unsri adalah universitas yang terbaik, tentunya kehormatan bagi kami universitas swasta, dan ini adalah momentum baik sekali untuk kerjasama, karena ini juga arahan dari Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasuki suatu konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,” ujar Rektor Universitas Bosowa.

Dia menjelaskannya bahwa ada kebijakan di Universitas Bosowa yaitu perjanjian kerjasama atau MoU yang telah ditandatangani, bukan hanya tanda tangan saja tapi perlu ada tindak lanjut output dan outcame, dan merupakan tuntutan dari akreditasi.

“Dan ini juga salah satu kebijakan yayasan bahwa kalau kita mengundang partner kita untuk datang ke Makasar, apakah dalam bentuk seminar, narasumber dan sebagainya, penelitian bersama itu harus ada kerjasama yang kita harus lakukan. Kami melihat yang paling bagus di Sumatera adalah Universitas Sriwijaya Palembang, dan itu disetujui oleh pihak yayasan dan itu bagus sekali apalagi rektornya ini satu profesi dari teknik sipil,” tutur Saleh.

Dirinya berharap agar nantinya dapat melakukan kerjasama MoA dan seluruh dekan dapat melakukan kerjasama antar-fakultas.

“Kami merasa bangga dan berterimah kasih sekali lagi bapak rektor dan seluruh jajaran atas fasilitas yang diberikan kepada kami, semoga ini dapat berlanjut. Kami juga secara pribadi dan secara institusi mengundang bapak rektor ke Universitas Bosowa, dan tentunya saya mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dalam kunjungan kami,” kata Saleh Pallu.

Rektor Unibos dalam kunjungan itu datang bersama Wakil Rektor I Ir Baharuddin PhD, Wakil Rektor II Dr Mas'ud Muhammadiah MSi, Wakil Rektor III Dr Abdul Haris Hamid SH MH, Sekretaris Universitas Dr Hadijah Mahyuddin MSi, serta Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Dr Zulkifli Maulana MSi. (ima)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply