Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Program S3 Pendidikan Unismuh Makassar Tawarkan Beberapa Keunggulan


Pedoman Karya 2:53 AM 0

PROGRAM DOKTOR. Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Makassar, Prof Irwan Akib (paling kiri), memaparkan “Kurikulum, Tata Kelola Unit Penyelenggara Program Studi, serta Sarana dan Prasarana” pada Rapat Evaluasi Lapangan Pembukaan Prodi S3 Pendidikan Unismuh Makassar, yang digelar tim dari Kemdikbudristek secara virtual melalui aplikasi zoom, Selasa, 22 Maret 2022. (ist)

 



-----

Selasa, 22 Maret 2022

 

 

Program S3 Pendidikan Unismuh Makassar Tawarkan Beberapa Keunggulan

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Program Doktoral (S3) Pendidikan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menawarkan beberapa keunggulan, terutama dari aspek sikap dan keterampilan khusus.

Pada aspek sikap, keunggulan yang ditawarkan yakni mahasiswa dan alumni mempunyai ketulusan, komitmen untuk mengembangkan sikap, nilai, dan karakter Islami dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia untuk berbuat bagi kemaslahatan umat.

“Dari segi keterampilan khusus, Program S3 Pendidikan Unismuh akan mengembangkan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan komunikatif yang berkarakter Islami seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21,” kata Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Makassar, Prof Irwan Akib.

Hal itu ia kemukakan saat memaparkan “Kurikulum, Tata Kelola Unit Penyelenggara Program Studi, serta Sarana dan Prasarana” pada Rapat Evaluasi Lapangan Pembukaan Prodi S3 Pendidikan Unismuh Makassar, yang digelar tim dari Kemdikbudristek secara virtual melalui aplikasi zoom, Selasa, 22 Maret 2022.

Irwan Akib yang mantan Rektor Unismuh Makassar mengatakan, dibandingkan dengan indeks pendidikan negara ASEAN lainnya, pendidikan di Indonesia masih berada posisi lima terendah.

“Belum lagi data dari World Population Review, Indonesia masih berada pasa posisi 54 dari 78 negara yang masuk dalam pemeringkatan tingkat Pendidikan dunia,” ungkap Irwan.

Ia menambahkan dari sekitar 131 juta angkatan kerja, 50% di antaranya masih tamatan SD, 37% Pendidikan Sekolah Menengah yang didominasi SMP, dan hanya sekitar 13% lulusan perguruan tinggi.

“Pada titik inilah, Unismuh mengambil peran, salah satunya dengan mendorong lahirnya S3 Pendidikan, apalagi Unismuh saat ini telah memiliki beberapa prodi Magister Pendidikan, yaitu S2 Pendidikan Dasar, S2 Pendidkan Bahasa Indonesia, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S2 Pendikan Sosiologi,” jelas Irwan.

Keunggulan yang diajukan dalam S2 Pendidikan Unismuh, tambahnya, yakni adanya kajian agama dalam pendidikan, peranan sosial budaya dalam pendidikan, dan Pendidikan STEAM (Sains Teknik Agama dan Matematika). (hs)


-----

Baca juga:

Unismuh Makassar Akan Buka Program S3 Pendidikan

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply