Puluhan Pelajar dan Mahasiswa se-Sulsel Ikuti Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an di Unismuh Makassar

DAURAH TAHFIZH. Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, KH Mawardi Pewangi (kelima dari kiri) foto bersama , Dekan FAI Unismuh Dr Amirah Mawardi (ketiga dari kanan), Kepala Pengelola Pesmadina Unismuh Makassar, Sitti Chaerani Djaya (kedua dari kanan), Kiai Pesmadina Unismuh Dr KH Abbas Baco Miro (keempat dari kanan), seusai pembukaan pembukaan Daurah dan Tadabur Al-Qur’an II secara daring dan luring, di Aula Mini Hall Pesmadina Unismuh, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, Selasa, 04 April 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)


-----

Rabu, 05 April 2022

 

 

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa se-Sulsel Ikuti Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an di Unismuh Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dua puluhan pelajar dan mahasiswa (termasuk mahasiswa program pascasarjana) dari berbagai daerah se-Sulawesi Selatan mengikuti Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an II, di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, 04-14 April 2022.

Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an diselenggarakan oleh Pesantren Mahasiswa KH Djalamuddin Amien (Pesmadina) Unismuh Makassar dan sudah diadakan dua tahun berturut-turut.

“Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an merupakan program yang diselenggarakan oleh Pesmadina Unismuh Makassar, dan tahun ini kita mentargetkan menghasilkan penghafal-penghafal, serta dapat lebih memahami Al-Qur’an selama periode Daurah dan Tadabbur minimal 10 juz,” jelas Kepala Pengelola Pesmadina Unismuh Makassar, Sitti Chaerani Djaya SSos MPd.

Hal itu ia sampaikan pada pembukaan Daurah dan Tadabur Al-Qur’an II secara daring da luring, di Aula Mini Hall Pesmadina Unismuh, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, Selasa, 04 April 2022.

“Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an II tahun ini mengambil tema Menyelamatkan Umat dengan Al-Qur’an,” tambah Chaerani.

Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an II dibuka secara resmi oleh Ketua Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (Aslama) Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia, Dr Irwan Baadila melalui aplikasi zoom, dan dihadiri secara luring oleh Rektor Unismuh diwakili Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewangi MPdI, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Dr Amirah Mawardi SAg MSi.

Juga hadir Kiai Pesmadina Unismuh, Dr KH Abbas Baco Miro Lc MA, Kabid III Al Islam Kemuhammadiyahan, Zainal Abidin, Ketua Panitia Nur Ichsan Amin SPd, para orang tua peserta, serta pembina dan pendamping Daurah Tahfizh dan Tadabhur Al-Qur’an II.

Ketua Umum Aslama PTMA se-Indonesia, Irwan Baadilah, mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an II yang diadakan Pesmadina Unismuh Makassar.

“Komitmen PTMA untuk pengembangan ASLAMA, diharapkan mendapat dukungan yang memadai dari pimpinan perguruan tinggi dalam kegiatan pembinaan di perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah,” kata Irwan.

Wakil Rektor IV Unismuh Mawardi Pewangi, dalam sambutannya mengatakan, Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an merupakan kegiatan rutin Pesmadina.

“Atas nama pimpinan universitas, kami menyampaikan terima kasih kepada pengelola atas perhatiannya yang sungguh-sungguh dalam melaksanakan Daurah Tahfizh dan Tadabbur Al-Qur’an ini. Mudah-mudahan ikhtiarnya melaksanakan kegiatan ini mendapat rahmat dari Allah SWT,” kata Mawardi.

Komitmen seorang muslim terhadap Al-Qur’an, katanya, yaitu wajib meyakini akan kebenaran Al-Qur’an sebagai petunjuk.

“Seorang muslim wajib mempelajari Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, dan menelaah Al-Qur’an, serta wajib mengamalkan Al-Qur’an dalam segala aspek kehidupan dan mendakwahkannya,” tandas Mawardi yang pernah dua periode menjabat Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar. (zak)


-----

Berita terkait:

KH Abbas Baco Miro: Sebaik-baik Pendidikan adalah Pendidikan Al-Qur’an

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama