Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Unismuh Makassar Siap Berikan Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan


Pedoman Karya 7:00 PM 0

VERIFIKASI. Sub Koordinator Evaluasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbud-Ristek, Suharto tengah), didampingi Ketua LP2AI Unismuh Nasrun (paling kanan) dan Sekretaris LP2AI Ishaq Madeamin, saat verifikasi di Unismuh Makassar, Selasa, 12 April 2022, (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar) 

 




-----

Kamis, 14 April 2022

 

 

Unismuh Makassar Siap Berikan Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar siap memberikan pendampingan kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan dijadikan sebagai SMK Pusat Keunggulan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) RI.

Proposal menjadi pendamping telah diajukan ke Kemdikbud-Ristek dan tim dari Kemdikbud-Ristek sudah melakukan verifikasi terhadap proposal yang diajukan Unismuh Makassar untuk Program SMK Pusat Keunggulan tersebut.

“Unismuh Makassar membentuk dua tim yang diusulkan, terdiri atas satu tim universitas dan satu tim untuk fakultas,” tutur Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Unismuh Makassar, Dr Nasrun, kepada wartawan di Makassar, Kamis, 14 April 2022.

Tim tersebut akan memberikan pendampingan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja, pendampingan kepala sekolah dalam menyusun perencanaan, pengelolaan dan pengembangan SMK, serta pendampingan penggunaan teknologi bagi kepala sekolah dan guru.

“Belum ada SMK yang ditunjuk untuk kami berikan pendampingan, tapi tim tim verifikasi dari Kemdikbud-Ristek sudah datang ke Unismuh,” jelas Nasrun.

Tim verifikasi yang datang ke Unismuh Makassar, Selasa, 12 April 2022, yaitu Sub Koordinator Evaluasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbud-Ristek, Suharto SE MM.

Sebelum melakukan verifikasi, Suharto terlebih dahulu diterima oleh Rektor Unismuh, Prof Ambo Asse di ruang kerjanya, didampingi Wakil Rektor 1, Dr Abdul Rakhim Nanda, serta Wakil Rektor IV Drs KH Mawardi Pewamgi MPdI, Ketua LP2AI Unismuh, Dr Nasrun, dan Sekretaris LP2AI Ishaq Madeamin SPd MPd.

Suharto mengatakan, di beberapa provinsi di Indonesia, sejumlah SMK memerlukan bantuan pendampingan dalam meningkatkan kompetensi lulusannya di dunia kerja.

“Unismuh sebagai perguruan tinggi yang memiliki kompetensi dalam pendampingan tersebut, diharapkan bisa membantu. Banyak SMK yang ada di Maluku dan Papua butuh pendampingan, termasuk beberapa SMK di Sulsel,” tutur Suharto.

 

SMK Pusat Keunggulan

 

Nasrun menjelaskan, Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria, dan Unismuh Makassar salah satu perguruan tinggi yang mengajukan proposal untuk menjadi pendamping.

Nasrun mengatakan, SMK Pusat Keunggulan bertujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

“Jadi diharapkan melalui Program SMK-PK ini, SMK yang akan diberikan pendampingan menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya,” kata Nasrun. (win)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply