Hujan Turun Jelang Pelaksanaan Shalat, Bupati dan Wabup Bulukumba Shalat Id di Masjid Agung

IDUL FITRI. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, membacakan sambutan pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriyah, di Masjid Agung Bulukumba, Senin, 02 Mei 2022. (ist)










-----

PEDOMAN KARYA

Selasa, 03 Mei 2022

 

 

Hujan Turun Jelang Pelaksanaan Shalat, Bupati dan Wabup Bulukumba Shalat Ied di Masjid Agung

 

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf, serta para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan ribuan jamaah lainnya sudah berada di halaman Kantor Bupati Bulukumba untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriyah, Senin, 02 Mei 2022, tetapi hujan turun menjelang pelaksanaan shalat.

Setelah berkonsultasi beberapa saat, akhirnya diputuskan jamaah dialihkan ke masjid-masjid terdekat.

Bupati, wakil bupati, dan unsur Forkopimda pindah shalat ke Masjid Agung Bulukumba.

Momentum ini adalah pertama kalinya kedua pemimpin Bulukumba ini shalat Id secara bersama-sama.

Tahun 2021 lalu, Andi Utta, sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf, shalat Id di Tanete, Kecamatan Bulukumpa, sedangkan Wabup Edy Manaf shalat Id di Desa Bialo, Kecamatan Gantarang.

Sebelum shalat Id, Bupati Muchtar Ali Yusuf menyampaikan sambutan di hadapan jamaah shalat Idul Fitri.

“Kita patut bersyukur bahwa seiring dengan pengendalian Covid-19 melalui protokol kesehatan dan vaksinasi, maka pada hari ini kita dapat melaksanakan shalat Hari Raya Idul Fitri secara normal sebagaimana tahun-tahun sebelum adanya Pandemi Covid-19,” kata Andi Utta.

Merayakan momentum kemenangan Hari Raya Idul Fitri, lanjutnya, adalah bentuk manifestasi keberhasilan diri setelah sebulan lamanya melaksanakan puasa Ramadan dan segala aktivitas ibadah di dalamnya.

“Lembaran baru hari ini kita mulai dalam suasana dan hati yang bersih dan suci, sehingga marilah kita bersama-sama memelihara kesucian itu dan melangkah menyongsong hari-hari mendatang dengan niat dan tekad untuk berbuat yang jauh lebih baik, lebih berkualitas dan lebih bermartabat,” tutur Andi Utta.

Dikatakan Hari Raya Idul Fitri ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, sehingga diharapkan momentum ini dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pendidikan secara umum, pentingnya mendidik diri sendiri dan pentingnya mendidik generasi muda dengan memberi teladan melalui budi pekerti yang baik.

“Contoh kecil misalnya, pada aspek pengelolaan lingkungan, diharapkan keterlibatan setiap individu masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya,” kata Andi Utta.

Dia mengatakan, kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa, tapi kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, baik di kota Bulukumba maupun di pelosok-pelosok desa.

Dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri ini, seluruh kepala pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disebar mewakili Pemerintah Daerah sekaligus membacakan sambutan seragam Bupati Bulukumba, antara lain Sekretaris Daerah Muhammad Ali Saleng mewakili Pemda di Masjid Islamic Center Dato Tiro. (dar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama